Breaking News

Kegiatan 3.7 Tulislah Sebuah Teks EKsposisi yang Berkaitan Dengan Isu Rendahnya Kesantunan Berbahasa

Questions and Answer Key Indonesian Class 8 Curriculum 2013 3.7 Revision 2017 Activity Write An exposition Text Associated With Low Politeness Language Issues Page 85 Chapter 3 (Text Exposition in Mass Media) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3.7 Tulislah Sebuah Teks EKsposisi yang Berkaitan Dengan Isu Rendahnya Kesantunan Berbahasa Halaman 85 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 3.7

  1. Tulislah sebuah teks eksposisi yang berkaitan dengan isu rendahnya kesantunan berbahasa dalam masyarakat. Adapun langkah-langkah pengembangannya sebagai berikut.
  2. Bacalah berbagai sumber, baik itu berupa surat kabar, internet, ataupun buku-buku yang menjelaskan masalah kesantunan berbahasa.
  3. Lakukan pula pengamatan terhadap kebiasaan berbahasa warga masyarakat di sekitarmu.
  4. Catatlah hal-hal penting, baik yang kamu dapatkan melalui membaca maupun kegiatan pengamatan itu.
  5. Susunlah catatan itu ke dalam kerangka yang berlaku di dalam teks eksposisi, yakni terdiri atas tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang.
  6. Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah teks eksposisi yang lengkap dengan memperhatikan pula kaidah-kaidah kebahasaannya.

Rendahnya kesantunan masyarakat

Tesis

Kesantunan merupakan tata cara berbicara dan sikap berbicara kepada orang lain. Kesantunan dianggap sangat penting karena berhubungan lansung dengan orang luar. Indonesia dikenal dengan negara yang santun, tetapi semakin lama masyarakat mulai kehilangan sikap kesantunan terutama kepada anak – anak dibawah umur yang mulai dianggap tidak lagi memiliki kesopanan .

Argumentasi

Rendahnya kesantunan masyarakat disebabkan oleh arus globalisasi terutama di bidang gagdet. Di era sekarang semua orang sudah mengenal gadget , di gadget inilah kita dapat mengakses segala sesuatu , dimulai dai konten video , game . Tetapi akses yang membawa negatif memberi perilaku bagi orang , seperti publik figure yang tidak menjaga omonganganya ditiru oleh anak – anak . Bahkan sikap salam , tata krama , budaya sopan sudah mulai hilang dikalangan masyarakat khususnya anak – anak.

Penegasan ulang

Jika hal ini terus dibiarkan, negeri kita akan kehilangan kesantunan dalam masyarakat seperti era dahulu , kita sebagai generasi mudah harus menananmkan sikap sopan santu , karena dari sikap itu orang menilai kita , bukan dari sisi kekayaan , kepintaran , atau fisik .

Teks eksposisi memuat 3 bagian, yaitu :

  • Tesis : Bagian pembuka yang memuat hal umum
  • Argumentasi : Bagian setelah tesis memuat fakta dan opini sang penulis
  • Penegasan ulang : Bagian yang mempertegas argumentasi disertai penutupan.

B. 1.Lakukanlah silang baca dengan seorang teman untuk saling memberikan tanggapan terhadap teks eksposisi yang telah kamu buat.

2. Gunakanlah format berikut.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3.7 Tulislah Sebuah Teks EKsposisi yang Berkaitan Dengan Isu Rendahnya Kesantunan Berbahasa Halaman 85 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3.7 Tulislah Sebuah Teks EKsposisi yang Berkaitan Dengan Isu Rendahnya Kesantunan Berbahasa Halaman 85 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!