Breaking News

Kegiatan 3.3 Bentuklah Kelompok Kemudian Tunjukkanlah Gagasan Umum Serta Gagasan Khusus

Indonesian Language Questions and Answer Keys Grade 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 3.3 Form a Group Then Show General Ideas and Specific Ideas Pages 70-71 Chapter 3 (Exposition Text in Mass Media) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3.3 Bentuklah Kelompok Kemudian Tunjukkanlah Gagasan Umum Serta Gagasan KhususHalaman 70-71 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Manajemen Pengelolaan Sampah

Sampah dipandang sebagai barang yang tidak berguna bisa dijadikan sumber pendapatan apabila dikelola dengan baik. Sampah merupakan sumber daya yang dapat diolah menjadi barang bernilai ekonomi. Apa yang telah dilakukan warga Pasar Ciputat, Tangerang, bisa dijadikan contoh. Warga setempat berhasil mengolah sampah dengan peralatan yang disediakan pihak swasta melalui perjanjian dengan pemerintah daerah.

Contoh lain yaitu kegiatan yang dilakukan warga Kaliabang, Kota Bekasi. Warga serta pengurus RW setempat melakukan pengolahan sampah lingkungan. Sampah dapur atau sampah rumah tangga diubah menjadi kompos dan pupuk cair. Sampah yang diolah adalah sampah basah langsung oleh warga. Langkah yang dilakukan dengan sosialisasi kepada warga agar memisahkan sampah basah dan kering. Hasil kompos yang diperoleh bisa mencukupi kebutuhan warga dan lingkungan sekitarnya. Di samping itu, hasil kompos dijual ke instansi pemerintah dan swasta di lingkungan setempat. Produksi kompos dari sampah lingkungan bisa memberi kegiatan bagi warga dan pemasukan yang positif. Termasuk juga produksi pupuk cair bisa dirasakan untuk menyuburkan tanah warga.

Berdasarkan contoh-contoh tersebut, pengolahan sampah memang tidak lepas dari keterlibatan warga masyarakat. Masyarakat harus diajari memilah sampah organik dan anorganik. Peranan pemerintah diperlukan di dalam masalah sosialisasi dan pembudayaannya. Bagaimana pun masih banyak warga yang belum tahu cara mengumpulkan dan mengolah sampah yang mereka hasilkan.

Dalam mengolah sampah diperlukan suatu teknologi. Biaya penyediaan teknologi pengolahan sampah tersebut tidak sebanding dengan keharusan pemerintah untuk menyiapkan dana ratusan miliar tiap tahunnya untuk perbaikan jalan gara-gara sampah. Apabila pemerintah berhasil menggandeng pihak swasta di dalam penyediaan teknologi pengolahan sampah, biaya dapat lebih ditekan. Peran swasta juga dapat dilibatkan di dalam penyaluran dan pembelian produk- produknya. Usaha tersebut tentunya akan lebih ringan lagi.

(Sumber: dokumentasi penulis)

Kegiatan 3.3

1. Bentuklah kelompok. Kemudian, tunjukkanlah gagasan umum serta gagasan khusus yang terdapat dalam teks di bawah ini. Rumuskanlah hasil diskusimu itu dalam tabel seperti di bawah ini.

Paragraf Ke- Gagasan Umum Gagasan Khusus
1 Sampah dipandang sebagai barang yang tidak berguna bisa dijadikan sumber pendapatan apabila dikelola dengan baik.
  • Sampah dapat diolah menjadi barang bernilai ekonomi
  • Tindakan warga Pasar Ciputat, Tangerang patut dijadikan contoh.
  • Warga setempat berhasil mengolah sampah dengan peralatan yang disediakan pihak swasta
2 Kegiatan yang dilakukan warga Kaliabang, Kota Bekasi.
  • Warga serta pengurus RW melakukan pengolahan sampah lingkungan. 
  • Sampah dapur atau sampah rumah tangga diubah menjadi kompos dan pupuk cair. 
  • Langkah yang dilakukan dengan sosialisasi kepada warga agar memisahkan sampah basah dan kering. 
  • Hasil kompos yang diperoleh bisa mencukupi kebutuhan warga dan lingkungan sekitarnya. Di samping itu, hasil kompos dijual ke instansi pemerintah dan swasta di lingkungan setempat. 
  • Produksi kompos dari sampah lingkungan bisa memberi kegiatan bagi warga dan pemasukan yang positif. Termasuk juga produksi pupuk cair bisa dirasakan untuk menyuburkan tanah warga.
3 Pengolahan sampah tidak lepas dari keterlibatan warga masyarakat.
  • Masyarakat diajari memilah sampah organik dan anorganik. 
  • Peranan pemerintah diperlukan di dalam masalah sosialisasi dan pembudayaannya. 
  • Banyak warga yang belum tahu cara mengumpulkan dan mengolah sampah yang mereka hasilkan. 
4 Dalam mengolah sampah diperlukan teknologi.
  • Biaya penyediaan teknologi pengolahan sampah tersebut tidak sebanding dengan keharusan pemerintah untuk perbaikan jalan gara-gara sampah. 
  • Apabila pemerintah berhasil menggandeng pihak swasta di dalam penyediaan teknologi pengolahan sampah, biaya dapat lebih ditekan. 
  • Peran swasta juga dapat dilibatkan di dalam penyaluran dan pembelian produk-produknya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3.3 Bentuklah Kelompok Kemudian Tunjukkanlah Gagasan Umum Serta Gagasan KhususHalaman 70-71 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3.3 Bentuklah Kelompok Kemudian Tunjukkanlah Gagasan Umum Serta Gagasan KhususHalaman 70-71 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Jika (a + b) : (a – b) = 1 : 5, maka (a^2 – b^2) : (a^2 + b^2) sama dengan

[Kunci Jawaban] Jika (a + b) : (a – b) = 1 : 5, maka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!