Breaking News

Kegiatan 2.4 Mengetahui bentuk saling ketergantungan

Questions and Answers to Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revision 2016 Activities 2.4 Knowing forms of interdependence Pages 39-40 Chapter 2 (Interaction of Living Things with the Environment) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 2.4 Mengetahui bentuk saling ketergantungan Halaman 39-40 Bab 2 (Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Kita Lakukan

Kegiatan 2.4 Mengetahui bentuk saling ketergantungan

Setiap makhluk hidup memiliki kebutuhan yang berbeda dari makhluk hidup atau komponen ekosistem yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu, ada berbagai macam bentuk saling ketergantungan antarmakhluk hidup. Buatlah pertanyaan berdasarkan deskripsi tersebut.

Bahan atau alat yang dibutuhkan

  1. Alat tulis
  2. Kaca pembesar (bila perlu)

Lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Perhatikan dan amatilah ekosistem sawah, kolam ikan, lapangan rumput, atau ekosistem lain di sekitar sekolahmu.
  2. Dapatkah kamu menentukan bentuk saling ketergantungan antara komponen-komponen dalam ekosistem?
  3. Catat hasil pengamatanmu pada tabel berikut.
No. Makhluk Hidup 1 Makhluk Hidup 2 Bentuk saling ketergantungan
1. Kupu-kupu Lebah Simbiosis mutualisme
2. Bakteri Rhizobium leguminosarum Tanaman polong-polongan Simbiosis mutualisme
3. Manusia Bakteri Simbiosis mutualisme
4. Lalat Bunga raflesia Simbiosis mutualisme
5. Burung bangau Kuda Nil Simbiosis mutualisme
6. Anggrek Pohon Mangga Simbiosis komensialisme
7. Remora Ikan hiu Simbiosis komensialisme
8. Rayap Protozoa berflagella Simbiosis komensialisme
9. Udang Timun laut Simbiosis komensialisme
10. Katak Pepohonan Simbiosis komensialisme
11. Dinoflagellata Fitoplankton Simbiosis Amensalisme
12. Pohon Pinus Tumbuhan Lainnya Simbiosis Amensalisme
13. Brokoli Kembang Kol Simbiosis Amensalisme
14. Gulma Tanaman Padi Simbiosis Amensalisme
15. Tumbuhan Lamtoro Gandum atau kunir Simbiosis Amensalisme
16. Parasit Inangnya Simbiosis parasitisme
17. Nyamuk Manusia Simbiosis parasitisme
18. Sapi Cacing hati Simbiosis parasitisme
19. Lalat Buah Simbiosis parasitisme
20. Tikus  Manusia/petani Simbiosis parasitisme

Apa yang dapat kamu simpulkan?

1. Bentuk saling ketergantungan organisme-organisme yang kamu temukan adalah…

  • Simbiosis Mutualisme

Pengertian dari Simbiosis Mutualisme adalah suatu hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda, dan hubungan ini memberikan keuntungan pada kedua makhluk hidup tersebut (hubungan yang saling menguntungkan).

  • Simbiosis Parasitisme

Pengertian dari Simbiosis Parasitisme adalah suatu hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda, dan hubungan ini memberikan keuntungan pada salah satu makhluk hidup, dan merugikan makhluk hidup lainnya.

  • Simbiosis Komensalisme

Pengertian dari Simbiosis Komensalisme adalah suatu hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda, dan hubungan ini memberikan keuntungan pada salah satu makhluk hidup, dan makhluk hidup lainnya tidak mendapatkan kerugian ataupun keuntungan.

  • Simbiosis Netralisme

Pengertian dari Simbiosis Netralisme adalah suatu hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda, dan hubungan ini tidak memberikan keuntungan maupun kerugian pada kedua makhluk hidup tersebut.

  • Simbiosis Amensalisme

Pengertian dari Simbiosis Amensalisme adalah suatu hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda, dan hubungan ini memberikan kerugian pada salah satu makhluk hidup, dan makhluk hidup lainnya tidak mendapatkan kerugian ataupun keuntungan.

  • Simbiosis Kompetisi

Pengertian dari Simbiosis Kompetisi adalah suatu hubungan antara dua jenis makhluk hidup, dan hubungan ini dapat memberikan kerugian pada kedua makhluk hidup tersebut, dan biasanya hal ini terjadi pada perebutan makanan antar dua makhluk hidup dalam satu ekosistem.

2. Contoh bentuk saling ketergantungan adalah…

Contoh simbiosis mutualisme adalah :

  1. Serangga dengan bunga

Contoh hubungan antar makhluk hidup berikut yang membentuk simbiosis mutualisme adalah serangga dan bunga. Serangga mengambil nektar pada bunga sebagai makanannya. Nektar adalah cairan manis yang dihasilkan kelenjar madu di dalam bunga.

Saat mengambil nektar tersebut, serangga membantu memindahkan serbuk sari ke kepala putik bunga lain. Melekatnya serbuk sari ke kepala putik menyebabkan penyerbukan. Jadi, serangga membantu proses penyerbukan pada bunga.

  1. Cacing tanah dan tumbuhan

Tumbuhan sangat terbantu oleh adanya cacing tanah yang membuat lubang-lubang di dalam tanah. Air dan udara yang diperlukan tumbuhan menjadi lebih mudah meresap dan diserap akar.

Sebaliknya, cacing tanah mendapatkan makanan dari daun-daun kering berguguran yang kemudian membusuk.

  1. Burung jalak dan kerbau

Burung jalak sering terlihat berada di punggung kerbau. Sebenarnya jalak tersebut sedang mencari kutu yang ada di tubuh kerbau. Jalak mendapat keuntungan berupa kutu sebagai makanan. Sedangkan kerbau merasa nyaman karena tidak gatal.

Satu lagi keuntungan yang diperoleh oleh kerbau, yaitu adanya peringatan akan bahaya. Burung jalak akan segera terbang jika mengetahui adanya ancaman.

  1. Jamur dan ganggang

Simbiosis mutualisme juga terjadi antara jamur dengan ganggang yang membentuk lumut kerak. Ganggang mampu berfotosintesis untuk menyediakan makanan bagi ganggang tersebut. Sedangkan jamur menyediakan sarana untuk berfotosintesis, yaitu sebagai penyedia air dan karbondioksida.

Contoh simbiosis komensalisme adalah:

  1. Ikan remora dengan ikan hiu

Ikan-ikan remora bersimbiosis dengan ikan hiu. Ikan-ikan kecil tersebut selalu berenang berdekatan dengan tubuh ikan hiu. Ikan remora mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Selain itu, remora dapat bepergian kemanapun tanpa takut di mangsa oleh ikan besar lainnya.

  1. Anggrek dan paku-pakuan dengan pohon besar

Anggrek dan berbagai jenis paku-pakuan hidup menumpang pada tumbuhan lain. Anggrek dan paku-pakuan mendapatkan tempat hidup yang dapat terjangkau sinar matahari. Hal ini bisa membantu mereka berfotosintesis.

Tumbuhan yang ditumpangi tidak dirugikan karena anggrek dan paku-pakuan dapat melakukan fotosintesis sendiri untuk mendapatkan makanannya.

Contoh simbiosis parasitisme adalah

  1. Benalu dan pohon inangnya

Selain menumpang hidup, benalu juga mengambil makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Akibatnya, tumbuhan yang ditumpangi mengalami kerugian karena kehilangan zat-zat makanan dan pertumbuhannya terganggu.

  1. Tumbuhan tali putri yang menumpang pada tumbuhan lain

Tumbuhan tali putri tidak bisa membuat makanan sendiri. Tumbuhan ini menghisap zat-zat makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya sehingga menghambat pertumbuhan inangnya.

  1. Ulat daun dengan tanaman

Ulat daun yang memakan daun pada tanaman merupakan contoh simbiosis parasitisme. Ulat diuntungkan karena mendapatkan makanan berupa daun. Sedangkan tumbuhan dirugikan karena daunnya habis dimakan ulat sehingga proses fotosintesis tidak bisa dilakukan dengan maksimal.

  1. Kutu dengan kucing

Kutu pada tubuh kucing menghisap darah sebagai makanannya. Kucing dirugikan karena kutu menghisap darah dan gigitan dari kutu tersebut menyebabkan gatal-gatal pada tubuh kucing.

Contoh Simbiosis Netralisme:

Kambing dan Burung hantu

  • Kambing dan Burung hantu yang hidup bersamaan di satu ekosistem tidak akan memberikan keuntungan maupun kerugian pada masing- masing makhluk hidup.
  • Kambing mencari makan di siang hari tanpa mengganggu Burung hantu yang sedang tidur, begitu juga saat Burung hantu mencari makan di malam hari tidak akan mengganggu kambing yang sedang tidur.

Contoh Simbiosis Amensalisme:

Pohon Walnut dan Tumbuhan disekitarnya

  • Pohon Walnut akan merugikan bagi tumbuhan yang ada disekitarnya, karena Zat Alelopati yang dihasilkan Pohon Walnut menyebar dan menyebabkan Tumbuhan lain disekitarnya dirugikan karena tidak dapat hidup atau tumbuh.
  • Sedangkan Pohon Walnut tidak mendapatkan kerugian maupun keuntungan dari hal ini.

Contoh Kompetisi Interspesifik:

Perebutan makanan dipadang rumput antara Kambing dan Kerbau

Contoh Kompetisi Intraspesifik:

Perebutan makanan dipadang rumput antara Kambing dan Kambing

Presentasi

Presentasikan hasil pengamatanmu di depan kelas.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 2.4 Mengetahui bentuk saling ketergantungan Halaman 39-40 Bab 2 (Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 2.4 Mengetahui bentuk saling ketergantungan Halaman 39-40 Bab 2 (Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!