Breaking News

Kata Nomina Dan Frasa Nomina Dalam Teks Wayang

Questions and Answer Key Indonesian Grade 10 curriculum in 2013 Revised 2016 Sample Word Noun, noun phrase and verb phrase in the text Puppet 34-36 page Chapter 1 (Generating Reports Observations) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Contoh Kata Nomina, Frasa Nomina, dan Frasa Verba pada Teks Wayang Halaman 34-36 Bab 1 (Menyusun Laporan Hasil Observasi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 1

Menganalisis Kebahasaan Teks  Laporan Hasil Observasi

1. Kata serta Frasa Verba dan Nomina

Jenis kata dan kelompok kata (frasa) yang dominan digunakan dalam sebuah teks laporan hasil observasi adalah verba (kata kerja) dan nomina (kata benda). Untuk memahami hal tersebut, kamu harus mengetahui perbedaan antara kata dan frasa. Kata berbentuk morfem atau morfem bebas, yaitu satuan bahasa terkecil (dapat memiliki arti maupun tidak) yang bersifat bebas. Frasa merupakan gabungan beberapa unsur namun tidak melebihi batas fungsi. Artinya, sekalipun terdiri atas beberapa unsur namun hanya memiliki satu fungsi dalam sebuah kalimat. Selain itu, frasa merupakan kelompok kata yang nonpredikatif, atau tidak menduduki subjek dan predikat.

Tugas 1

Selanjutnya, lakukan analisis kebahasaan sebagaimana contoh di atas. Tulislah hasil analisis kamu dalam tabel seperti dalam contoh berikut! Kamu dapat menuliskannya pada buku kerjamu.

Paragraf ke : 2 untuk Teks Wayang

Kata Nomina Frasa Nomina
Wali Songo Para Wali Songo, penyebar agama islam di Jawa.
Wayang Sudah membagi wayang menjadi tiga
Wayang Kulit Wayang Kulit di timur
Wayang Wong Wayang Wong atau Wayang Orang di Jawa Tengah
Wayang Golek Wayang Golek atay Wayang Bonek di Jawa Barat
Bahan Wayang Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang.
Wayang Kulit Wayang Kulit terbuat dari kulit hewan ternak
Kulit Hewan Ternak Kulit hewan ternak, misalnya kulit sapi atau kambing
Wayang Wong Wayang wong berarti
Orang Wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang
Wayang Golek Wayang Golek adalah
Boneka Kayu Wayang yang menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh
Budaya Wayang Selanjutnya, untuk mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai
Seniman Seniman mengembangkan wayang
Bahan-bahan Dengan bahan-bahan lain, antara lain Wayang Suket atau Wayang Motekar

Selanjutnya, lanjutkan dengan mencari 10 kata dan frasa verba dalam teks laporan hasil observasi lainnya yang telah kamu baca. Tulislah hasilnya pada tabel di bawah ini!

Paragraf ke : 3 untuk Teks Wayang

Verba Frasa Verba
terdapat bisa
adalah tampil
memiliki dapat dimanfaatkan dalam
menggunakan bermanfaat sebagai
menggunakan digunakan sebagai
merupakan dapat kita lihat pada
memberikan masih tetap menjadi
disisipi diolah sedemikian rupa

2. Afiksasi

Dalam kegiatan berbahasa, kata yang digunakan dapat berupa kata dasar atau kata bentukan. Kata dasar adalah kata yang belum mendapat imbuhan, pemajemukan, atau pengulangan. Kata bentukan adalah kata yang telah mendapat imbuhan (afiksasi), pengulangan (reduplikasi), danpemajemukan ketika digunakan.

Kata yang mendapat proses pengimbuhan dapat berubah jenis. Misalnya, kata berjenis verba dapat berubah menjadi nomina jikamendapat imbuhan. Contoh, kata “minum” (verba) mendapat imbuhan “-an” menjadi “minuman” (nomina).

Suatu kata dasar dapat berubah menjadi verba jika mendapat imbuhan me(N)-, be(R)-, di-, bahkan terkadang ter- atau ke-an. Sementara itu, kata dasar yang sama dapat berubah menjadi nomina jika diberi imbuhan pe(N)-, pe(R)-, -an, atau terkadang ke-an.

Berikut adalah contoh afiksasi :

No. Kata Berimbuhan Jenis Imbuhan Kata Dasar
1. disebut verba di- sebut
2. menakutkan verba me(N)-kan takut
3. kemampuan nomina ke-an mampu
4. getaran nomina -an getar
5. menyusui verba me(N)-i gigit
6. berasal verba be(R)- susu
7. mengisap verba me(N)- asal
8. menggigit verba me(N)- isap
9. gigitan nomina -an gigit
10. penelitian nomina pe(N)-an teliti

Selanjutnya, lanjutkan dengan mencari 10 kata dan frasa verba dalam teks laporan hasil observasi lainnya yang telah kamu baca. Tulislah hasilnya pada tabel di bawah ini!

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Contoh Kata Nomina, Frasa Nomina, dan Frasa Verba pada Teks Wayang Halaman 34-36 Bab 1 (Menyusun Laporan Hasil Observasi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Contoh Kata Nomina, Frasa Nomina, dan Frasa Verba pada Teks Wayang Halaman 34-36 Bab 1 (Menyusun Laporan Hasil Observasi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!