Breaking News

Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan? Coba jelaskan.

Questions and Answer Key Natural Sciences Grade 7 curriculum in 2013 Revised 2016 Carbohydrates, fats, and proteins are a source of energy. What happens if we consume too much of these substances? What if there is a shortage? Please explain Page 214-215 Chapter 6 (Energy in Living Systems) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan? Coba jelaskan Halaman 214-215 Bab 6 (Energi dalam Sistem Kehidupan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

UJI KOMPETENSI

Jawablah soal-soal berikut dengan benar.

1. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan? Coba jelaskan.

Bahaya kekurangan lemak:

  • Merasa sering cepat lapar, karena lemak berfusngsi emnaahan rasa lapar.
  • Sering merasa kedinginan karena tipisnya lapisan lemak dibawah kulit.
  • Kekurangan berbagai vitamin karena lemak berfungsi melarutkan vitamin A, D. E. dan K.

Bahaya kelebihan lemak:

  • Obesitas (kelebihan berat badan)
  • Kerusakan pada pembuluh darah (penyebab stroke)
  • Meningkatkan resiko kanker
  • Sambelit (susah buang air besar)
  • Meningkatkan kadar kolesterol tubuh

Bahaya kekurangan karbohidrat:

  • Selalu merasa lapar
  • Lemas, dan kurang konsentrasi karena kekurangan asupan energi

Bahaya kelebihan karbohidrat:

  • Meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes
  • Menyebabkan sindrom metabolisme
  • Obesitas (kelebihan berat badan)
  • Meningkatkan resiko kanker
  • Sambelit (susah buang air besar)
  • Menyebabkan tekanan darah tinggi

Bahaya kekurangan protein:

  • Terkena penyakit busung lapar
  • Luka dan kerusakan jaringan tubuhb sulit disembuhkan
  • Pertumbuhan akan terganggu.

Bahaya kelebihan protein:

  • Kelebihan berat badan
  • Merusak ginjal
  • Kalsium pada tulang terkikis
  • Menyebabkan asam urat

Untuk memperoleh tubuh sehat dan kuat dibutuhkan asupan makanan yang sehat. Suatu makanan dikatakan sehat jika higienis, bergizi dan berkecukupan. Makanan yang bergizi berarti makanan tersebut mengandung semua zat yang diperlukan tubuh dalam jumlah seimbang dan sesuai kebutuhan. Makanan yag higienis berarti tidak mengandug kuman penyakit sehingga membahayakan kesehatan. Makanan berkecukupan berarti makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada usia atau kondisi tertentu.  

Zat-zat makanan yang diperlukan tubuh antara lain karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.Dalam kondisi-kondisi tertentu, seseorang dapat mengalami kekurangan zat makanan ataupun kelebihan zat makanan sehingga dapat memicu suatu penyakit.

Kondisi kurang gizi atau gizi buruk biasa disebut dengan malnutrisi. Kondisi gizi buruk sering  disebut masyarakat sebagi busung lapar. Penyebab umum gizi buruk adalah:

Masukan makanan yang kurang

Terjadi akibat masukan kalori atau karbohidrat, protein yang sedikit, pemberian makanan yang tidak sesuai dengan yang dianjurkan akibat ketidaktahuan orang tua.

  • Infeksi yang berat dan lama, misalnya gastroenteritis, bronkopneumonia, pielonefritis, sifilis kongenital.

Kelainan kongenital, misalnya penyakit jantung bawaan, penyakit hirschsprung, deformitas palatum, palatoschizis, hidrosefalus.

Pada keadaan pemberian ASI kurang akibat reflex menghisap yang kurang kuat.

  • Pemberian ASI yang terlalu lama tanpa pemberian makanan tambahan yang cukup.
  • Gangguan metabolik, misalnya renal asidosis, intoleransi laktosa, galaktosemia.
  • Tumor hipotalamus.
  • Urbanisasi mempengaruhi kebiasan penyapihan dini diikuti pemberian susu manis dan terlalu encer.

2. Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah).

Cahaya Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui (Tidak dapat diperbarui)
Listrik Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui (Dapat diperbarui)
Nuklir Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui (Tidak dapat diperbarui)
Air Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui (Dapat diperbarui)
Batu Bara Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui (Tidak dapat diperbarui)

3. Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan.

Kincir angin beroperasi dengan mengubah energi kinetik (energi gerak) di angin menjadi energi listrik.

Kincir angin bekerja dengan menggunakan baling-baling yang menggerakkan baling-baling ketika angin bertiup. Rotor ini terhubung ke poros utama, yang memutar generator untuk menciptakan listrik.  

Sebagian besar kincir angin terdiri dari tiga bilah baling-baling yang dipasang pada tiang penyangga yang terbuat dari baja. Baling-baling ini menangkap energi angin. Saat angin bertiup, gerakan baling-baling menyebabkan generator berputar.

Dengan kecepatan yang tinggi generator turbin bisa menghasilkan listrik dari induksi elektromagnetik.

Pembangkit listrik yang menggunakan kincir angin dan energi kinetik angin ini disebut Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Wilayah Indonesia dengan banyak angin kencang sangat mendukung perkembangan energi angin ini.

PLTB pertama di Indonesia adalah PLTB Sidrap  yang terletak di Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. PLTB Sidrap memiliki 30 Wind Turbin Generator (WTG) atau kincir angin, dengan kapasitas mencapai 75 MW.

Sumber energi alternatif seperti energi angin lebih ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan gas bakar berbahaya seperti karbon monoksida (gas beracun bagi manusia), karbon dioksida (gas rumah kaca penyebab pemanasan global) atau sulfur dan nitrogen oksiden (penyebab hujan asam).

Cara kincir angin bekerja sangat sederhana, yaitu :

  • Angin akan meniup bilah kincir angin sehingga bilah bergerak
  • Bilah kincir angin akan memutar poros didalam nacelle
  • Poros dihubungkan ke gearbox, di gearbox kecepatan perputaran poros ditingkatakan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox
  • Gearbox dihubungkan ke generator. generator merubah energi mekanik menjadi energi listrik
  • Dari generator energi listrik menuju transformer untuk menaikan tegangannya kemudian baru didistribusikan ke konsumen

4. Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan.

Energi fosil adalah energi yang dihasilkan dari sisa-sisa jasad mahluk hidup pada zaman purba yang telah mengalami reaksi kimia selama jutaan tahun yang lalu. Contoh energi fosil adalah batu bara, gas alam dan minyak bumi. Penggunaan energi fosil harus dibatasi karena pembakaran energi fosil menghasilkan zat sisa yang berbahaya bagi mahluk hidup seperti gas karbon dioksida, karbon monoksida, dan sulfat yang dapat menyebabkan pemanasan global, efek rumah kaca, dan menyebabkan banyak penyakit. Selain itu jumlah energi fosil terbatas dan tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu kita harus bijaksana dalam memanfaatkanya.

5. Olahraga teratur tetapi tidak berlebihan baik bagi kesehatan kita.

a. Apakah yang terjadi ketika otot sedang dilatih? Lingkari jawaban “Ya” atau “Tidak” pada setiap pernyataan di bawah ini.

Apakah hal di bawah ini terjadi ketika otot dilatih/bekerja? Ya/Tidak
Otot menerima peningkatan suplai darah Ya
Lemak terbentuk di otot Tidak

b. Mengapa kamu harus bernapas lebih dalam ketika sedang berolahraga daripada ketika sedang beristirahat? Coba jelaskan.

Manusia bernapas lebih dalam ketika berolahraga karena tubuh perlu pasokan oksigen berlebih untuk melakukan proses metabolisme yang lebih aktif lagi sehingga menghasilkan energi yang lebih banyak. Hal ini terjadi karena pada saat berolahraga tubuh membutuhkan pasokan energi yang lebih banyak dari biasanya.

c. Seseorang yang berolahraga sebelum mengonsumsi sejumlah makanan, akan merasa sangat keletihan. Mengapa hal itu terjadi? Jelaskan alasan jawabanmu.

Orang yang belum makan akan merasa keletihan pada saat berolahraga, hal ini dikarenakan orang yang belum makan memiliki sedikit sumber energi yang dapat diubah menjadi energi. Pada saat berolahraga, energi yang dibutuhkan tubuh menjadi semakin banyak, akibatnya tubuh akan menggunakan cadangan glukosa yang disimpan tubuh. Pemecahan glukosa oleh tubuh menimbulkan penumpukan asam laktat yang menimbulkan nyeri dan kelelahan.

6. Sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi.

  • Minyak bumi diolah menjadi avtur, bensol, kerosin, bensin, solar, dan minyak tanah.
  • Avtur digunakan sebagaibahan bakar pesawat terbang.
  • Bijih besi digunakan untuk bahan baku pembuatan mesin pabrik, kendaraan bermotor, jembatan, campuran pisau dan gunting, dan baja.
  • Batu bara menjadi bahan bakar kereta api, kapal laut, dan pembangkit listrik.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan? Coba jelaskan Halaman 214-215 Bab 6 (Energi dalam Sistem Kehidupan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Apa yang terjadi jika kita kelebihan mengomsumsi zat-zat tersebut? Bagaimana jika kekurangan? Coba jelaskan Halaman 214-215 Bab 6 (Energi dalam Sistem Kehidupan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!