Breaking News

Karakteristik Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia pada Setiap Periodenya (1945-Sekarang)

Questions and Answer Keys for PPKN Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Independent Assignments 2.2 Conclusions regarding the characteristics of the implementation of democracy in Indonesia in each period Page 65 Chapter 2 (Systems and Dynamics of Pancasila Democracy) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 2.2 Kesimpulan mengenai karakteristik pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada setiap periodenya Halaman 65 Bab 2 (Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 2.2

Setelah kalian memahami materi di atas, coba kalian buat kesimpulan mengenai karakteristik pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada setiap periodenya. Tuliskan kesimpulan kalian dalam tabel di bawah ini.

No. Indikator Demokrasi Periode 1945-1949 Periode 1949-1959 Periode 1959-1965 Periode 1965-1998 Periode 1998-sekarang
1. Akuntabilitas Ir.Soekarno dengan penuh keyakinan memasukkan asa mufakat dalam berdemokrasi tentang pengusulan dasar-dasar negaraIndonesia. Akuntabilitas pemegang pemerintahan dan politik umum yang tinggi. Presiden Ir Soekarno adalah kepala negara yang bertanggung jawab pada tugas dan kewajibannya saat itu. Presiden Soeharto adalah tokoh yang berperan penting dalam orde baru dipandang rakyat sebagai sosok pemimpin yang mengeluarkan Indonesia dari keterpurukan, bahkan hampir tidak pernah terjadi. Banyak pemimpin yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya serta terlaksana mulai dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah.
2. Rotasi kekuasaan Presiden yang secara konstitusional ada kemungkinan untuk menjadi diktator. Setiap partai yang ada bebas memilih ketua dan segenap anggota pengurusnya masing-masing. Rotasi kekuasaan pada periode ini bersifat tertutup Pada saat periode ini, rotasi kekuasaan dilakukan secara terbuka.
3. Pola rekrutmen politik Terlaksana secara terbuka,karena kemungkinan terbentuknya sejumlah partai politik baru untuk masa-masa selanjutnya. Dengan peningkatan ekonomi dalam proses rekrutmen nya sangat tinggi baik pengurus ataupun pemimpin portalnya. Untuk pola rekrutmen pada periode ini telah ditentukan oleh presiden.
4. Pelaksanaan pemilihan umum Pemilu periode saat itu masih belum dapat dilaksanakan. Pemilu pada periode ini hanya terjadi sekali saja dengan prinsip demokrasi. Pada periode ini pemilu tidak perlu dilakukan dan tidak pernah dijalankan. Pemilu pada periode ini tidak terjadi dengan persaingan yang sehat, yang terjadi adalah kekurangan dalam berdemokrasi. Pemilu sekarang ini terlaksana dengan lebih demokratis dari sebelumnya serta sedikitnya ditemukan pemilu kotor.
5. Pemenuhan hak-hak dasar warga negara Semua warga negara pada saat itu yang sudah dianggap dewasa memiliki hak untuk berpolitik. Pada periode ini hak-hak dasar warga negara tidak dikurangi sama sekali dan selayaknya. Pemenuhan hak-hak dasar warga negara pada periode ini terlaksana dengan sangat lemah dan kurangnya terlaksana hak dasar warga. Pada saat periode ini pemenuhan hak pada warga negara sangat lemah, karena dunia internasional sering sekali menyoroti jaringan HAM. Pada periode ini hak-hak warga negara dapat terjamin dengan aman karena sudah adanya hukum bagi yang melanggar HAM.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 2.2 Kesimpulan mengenai karakteristik pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada setiap periodenya Halaman 65 Bab 2 (Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 2.2 Kesimpulan mengenai karakteristik pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada setiap periodenya Halaman 65 Bab 2 (Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!