Breaking News

Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan.

Questions and Answer Keys for Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Competency Test You heat water in an aluminum pot with a gas stove. Any object that receives heat on heating it Page 185-186 Chapter 5 (Heat and Transfer) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu Halaman 185-186 Bab 5 (Kalor dan Perpindahannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

UJI KOMPETENSI

Review

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.

1. Jelaskan pengertian kalor.

Pengertian kalor yaitu bentuk energi yang dapat berpindah dari satu benda ke benda yang lain karena adanya perubahan suhu. Kalor juga bisa dikatakan ukuran banyaknya panas.

Kalor akan berpindah atau mengalir dari benda yang suhunya tinggi ke benda yang suhunya  rendah jika dua benda yang mempunyai perbedaan suhu bertemu.

Satuan kalor adalah kalori atau Joule. 1 kalori sama dengan 4, 2 Joule, 1 joule sama dengan 0,24 kalori. Kalori itu merupakan banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan 1 gram air agar suhunya jadi 1°C.

2. Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu? Jelaskan.

Benda-benda yang menerima kalor adalah panci, pegangan panci yang terbuat dari aluminium, tutup panci yang terbuat dari aluminium, air dalam panci, udara di dekat panci, dan logam penyusun kompor gas. Benda-benda tersebut disimpulkan dapat menerima kalor (panas) karena pada benda-benda tersebut terjadi peningkatan suhu.

Kompor gas digunakan ketika untuk memanaskan air, tentu api akan mengenai atau menyentuh panci alumunium yang digunakan sebagai tempat atau wadah untuk menampung air. Sehingga air yang terdapat di dalam panci alumunium tersebut tidak secara langsung tersambar atau terkena oleh api. 

Hal ini dikarenakan jika api pada kompor gas mengenai air, maka api akan langsung padam. Oleh sebab itulah untuk memanaskan air digunakan perantara berupa wadah yakni panci yang terbuat dari bahan alumunium. Panci, pegangan panci yang terbuat dari aluminium, tutup panci yang terbuat dari aluminium, air dalam panci, udara di dekat panci, dan logam penyusun kompor gas dapat disimpulkan dapat menerima kalor (panas) karena pada benda-benda tersebut terjadi peningkatan suhu.

Dalam hal ini juga sumber munculnya api yaitu kompor gas bertindak sebagai penghasil kalor (panas). Dari analisa diatas menunjukkan panci alumunium akan terlebih dahulu terkena kalor (panas).

3. Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

Kalor lebur es = 80 kal/gram, itu berarti perlu energi kalor sebesar 80 kalori untuk mencairkan/meleburkan es sebanyak 1 gram (merubah air dari wujud padat menjadi wujud cair).

4. Sebutkan persamaan dan perbedaan antara konduksi dan konveksi.

Persamaan Konduksi dan Konveksi

  • Persamaan konduksi dan konveksi adalah sama-sama merupakan perpindahan panas atau kalor
  • Persamaaan selanjutnya adalah pada cara perpindahan panasnya dari satu titik ke titik yang lainnya.
  • Selain itu, persamaan antara konduksi dan konveksi menggunakan zat perantara.

Perbedaan Konduksi dan Konveksi

  • Konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat, sedangkan konduksi adalah perpindahn kalor yang tidak disertai perpindahan zat
  • Selain itu, perbedaan dari keduanya adalah Konduksi merupakan media perpindahannya adalah zat padat. Sedangkan untuk konveksi menggunakan perpindahan panasnya fluida.
  • Jika konduksi zat perantaranya tidak ikut berpindah sedangkan konveksi zat perantaranya ikut berpindah.

5. Mengapa seekor anjing setelah berlarian akan menjulurkan lidahnya?

Anjing merupakan hewan berdarah panas yang harus memepertahankan  suhu badannya di suhu 38-39 derajat celcius agar tetap hidup. Ketika berlari, suhu tubuh anjing akan semakin meningkat sebagai bentuk efek samping dari proses metabolisme tubuh. Untuk mendinginkan tubuhnya dan menjaga suhu tubuh di suhu optimum maka anjing akan menjulurkan lidahnya. Proses menjulurkan lidah ini membantu proses pelepasan kalor dari tubuh anjing ke lingkungan sekitar, sehingga suhu tubuhnya pun menjadi normal kembali.

PENERAPAN

Kerjakan soal-soal berikut dengan benar.

1. Tentukan kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 2 kg air, sehingga suhunya naik 50C. Kalor jenis air 4200 J/(kg K).

2. Gambarkan arus konveksi pada gambar di bawah ini.

Berdasarkan soal, dapat kita gambarkan hasil arus konveksinya adalah sebagai berikut:

Gambar 1. Perbedaan arah arus konveksi pada zat cair tanpa es dan zat cair yang ditambahkan es.

3. Semangkok air dan semangkok alkohol yang ukurannya sama diletakkan di atas meja di dekat jendela pada siang hari yang cerah. Beberapa jam kemudian ternyata volume kedua zat cair itu berkurang. Namun alkohol lebih banyak berkurang dibandingkan dengan air. Manakah penjelasan yang paling tepat terhadap kejadian itu? Pilih yang paling tepat dan jelaskan.

  1. Semua cairan menguap.
  2. Alkohol mendapatkan kalor yang lebih banyak daripada air.
  3. Zat cair tertentu menguap lebih cepat dibandingkan dengan jenis zat cair yang lain.
  4. Zat cair hanya menguap saat hari cerah.
  5. Air lebih panas dibandingkan dengan alkohol.

Pilihan yang tepat adalah c. Zat cair tertentu menguap lebih cepat dibandingkan dengan jenis zat cair yang lain. Dengan Alasan Meskipun sama-sama zat cair, tetapi kemampuan menguap alkohol dan air berbeda. Alkohol lebih mudah menguap dibandingkan air. Hal ini disebabkan oleh:

  • Gaya kohesi antar partikel alkohol lebih lemah dari gaya kohesi antar partikel air, sehingga ikata antar molekulnya mudah terlepas.
  • Kalor jenis alkohol lebih kecil daripada kalor jenis air. Hal ini mengakibatkan, dengan jumlah kalor yang sama suhu alkohol lebih cepat naik dibandingkan suhu air. Karena kecepatan memuai berbanding lurus dengan suhu, maka alkohol lebih cepat memuai.

4. Sendok logam, sendok plastik, dan sendok keramik diletakkan pada air panas. Setelah 15 detik, adakah sendok yang terasa paling panas? Coba jelaskan.

Secara berturut-turut hasilnya sendok logam akan lebih panas dari sendok keramik, dan sendok keramik lebih panas dari sendok plastik. Hal ini disebabkan karena besi memiliki kalor jenis yang paling rendah dibandingkan keramik dan plastik. Sedangkan sendok plastik memiliki kalor jenis paling kecil dibandingkan besi dan keramik. Sehingga, dengan jumlah kalor yang sama, suhu besi lebih cepat naik (panas) dibandingkan subu sendok keramik dan sendok plastik.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu Halaman 185-186 Bab 5 (Kalor dan Perpindahannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Kamu memanaskan air dalam panci aluminium dengan kompor gas. Benda apa saja yang menerima kalor pada pemanasan itu Halaman 185-186 Bab 5 (Kalor dan Perpindahannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!