Kalimat Fakta dan Opini dalam Artikel Pak Raden dan Kisah Multikulturalistik

  • 3 min read
  • Agu 16, 2021

Questions and Answer Key Indonesian Grade 12 curriculum in 2013 Revised 2018 The information you have from Pak Raden and Acts Multikulturalistik Pages 136-139 Chapter 5 (Presenting Ideas through Article) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Informasi yang kamu peroleh dari Pak Raden dan Kisah Multikulturalistik Halaman 136-139 Bab 5 (Menyajikan Gagasan melalui Artikel) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

Sebelum membedakan fakta dan opini, kamu diminta untuk menemukan informasi dalam sebuah artikel opini terlebih dahulu. Berikut ini akan disajikan sebuah artikel dari surat kabar daring (online). Sebelum mengerjakan latihan pada kegiatan ini, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Bacalah dengan cermat artikel berjudul “Pak Raden dan Kisah Multikulturalistik” berikut ini.
  2. Temukan dan tandai informasi yang kamu peroleh dari artikel berikut ini. Kemudian, tulislah pada kolom yang telah disediakan (kerjakan di buku tugasmu).

Informasi :

  1. Pak Raden alias Suyadi, seniman senior Indonesia dan kreator Si Unyil meninggal dunia pada 30 Desember 2015.
  2. Kisah Si Unyil terinspirasi dari pertunjukan boneka kayu di Perancis dengan tokoh utamanya Guignol, diciptakan oleh Laurent Mourguet pada 1808.
  3. Antusiasme anak-anak di kota Lyon, Perancis sangat tinggi utnuk menikmati pertunjukan Guignol.
  4. Pertunjukan Guignol tidak mengandung muatan edukasi, murni sebatas hiburan , sementara kisah Si Unyil kerap mengandung muatan ideologis dan politis.
  5. Pemerintah Orde Baru sempat menggunakan Unyil untuk menyosialisasikan program seperti Keluarga Berencana, ajakan ronda malam, sekolah, dan lainnya.
  6. Kisah Si Unyil menjadi fenomena dunia pertelevisian khususnya anak-anak di masanya.
  7. Respon anak-anak tidak begitu tinggi ketika kisah Si Unyil dicoba dihadirkan kembali di televisi masa kini.
  8. Kisah Si Unyil menyajikan kehidupan sosial yang harmonis dan pluralis.
  9. Kisah Si Unyil mengajarkan anak-anak untuk menghargai perbedaan dan kerja sama.
  10. Kisah Si Unyil mampu menjadi oase tontonan anak-anak yang bebas dari adegan kekerasan dan muatan yang kurang cocok dengan anak-anak.
  11. Kisah Si Unyil bersaing dengan Ipin dan Upin yang berasal dari dan berbahasa Malaysia.
  12. Film kartun berbahasa Indonesia kurang menarik bagi anak-anak masa kini.
  1. Tontonan anak-anak masa kini sudah bercampur dengan muatan dewasa.
  2. Era 80-an adalah era emas anak-anak Indonesia.
  3. Saat-saat terakhir hidup Pak Raden sangat memprihatinkan dan hanya kembali mencuat saat ia telah meninggal.

Opini :

  1. Jumat, 30 Oktober 2015 Indonesia kembali kehilangan seniman dongeng paling berpengaruh dalam perkembangan seni, terutama di kalangan anak-anak era 80-an.
  2. Pak Raden alias Syadi adalah seniman senior sekaligus pencipta kisah boneka kayu “Si Unyil”. Sebuah film seri televisi Indonesia produksi PPFN
  3. Si Unyil diilhami dari pertunjukan wayang atau boneka kayu anak-anak di Perancis.
  4. Guignol adalah tokoh boneka yang diciptakan pada 1808 oleh Laurent Mourguet, seorang marionnettiste (dalang perempuan)
  5. Sampai saat ini GuUignol masih digunakan sebagai hiburan anak-anak melalui pertunjukan di teater Guignol.
  6. Ketika stasiun RCTI dan TPI kembali menayangkan kisah si Unyil, respons anak-anak pun tidak sebagus ketika ditayangkan di TVRI.
  7. Hiburan anak-anak sudah digantikan dengan film kartun anak yang lebih menarik seperti Doraemon, He-man, Sailormoon.
  8. Kisah Unyil bukan hanya sekadar kisah ideologis dan politis.
  9. Guignol juga menjadi instrumen politik pemerintahan Perancis.
  10. Melalui Unyil, pemerintah jugam enyosialisasikan banyak program seperti Keluarga Berencana.

Opini:

  1. Kisah Unyil sangat menghegemoni jagat hiburan anak-anak di eranya, ketika stasiun swasta belum bertaburan seperti sekarang.
  2. Keragaman karakter sosial ini menunjukkan bagaimana kisah si Unyil ingin mengajarkan kepada anak-anak di dera itu untuk menghargai perbedaan.
  3. Perbedaan kelas sosial adalah hal yang paling tampak dalam film ini, serta perbedaan suku bangsa.
  4. Saat ini kita merindukan film-film sekelas Unyil yang mampu menghiasi dunia anak-anak era 2000-an dan sesudahnya.
  5. Kejayaan dan keindahan masa anak-anak seolah telah usai ketika media televisi sudah tidak lagi menunjukkan keramahannya pada dunia anak.

Pendapat saya tentang artikel “Pak Raden dan Kisah Multikulturalistik” adalah Pak Raden mampu memberikan kita teladan tentang penghargaan akan keberagaman. Indonesia adalah sebuah bangsa yang beragam dan perlu senantiasa dirawat demikian. Hal ini karena keberagaman mengajarkan kita banyak hal, terutama kasih dan penghargaan terhadap sesama.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Informasi yang kamu peroleh dari Pak Raden dan Kisah Multikulturalistik Halaman 136-139 Bab 5 (Menyajikan Gagasan melalui Artikel)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Informasi yang kamu peroleh dari Pak Raden dan Kisah Multikulturalistik Halaman 136-139 Bab 5 (Menyajikan Gagasan melalui Artikel). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!