Breaking News

Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Jelaskan.

Questions and Answers for Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Competency Test If farmers eradicate insects, what will happen to the rice and frog populations? Pages 44-46 Chapter 2 (Interaction of Living Things with the Environment) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Halaman 44-46 Bab 2 (Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Perhatikan Gambar 2.13 berikut ini.

Ekosistem Sawah dan Berbagai Permasalahannya

Ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Tumbuh-tumbuhan yang dikembangkan pada ekosistem sawah umumnya merupakan produk-produk pertanian, seperti padi. Namun, pada kenyataannya padi bukan hanya sumber makanan pokok bagi manusia, tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya. Akibatnya, terjadi aliran energi dan materi dari padi ke beberapa makhluk hidup lainnya yang mengakibatkan menurunnya jumlah sumber makanan pokok manusia. Salah satu contoh makhluk hidup pemakan padi pada ekosistem sawah adalah serangga.

Banyaknya serangga yang mencari makanan pada ekosistem sawah mengundang kehadiran katak pemangsa serangga. Akibatnya, para petani juga harus berhadapan dengan katak yang banyak berada di sawah. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas pertanian masyarakat. Oleh karena itu, petani melakukan banyak upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berdasarkan uraian di atas, jawablah pertanyaan berikut dengan benar.

1. Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Jelaskan.

Dalam ekosistem sawah, padi dimakan serangga, dan serangga dimakan oleh katak, lalu katak dimakan oleh ular, dan terakhir ular dimakan oleh burung elang. Apabila petani melakukan pemberantasan terhadap serangga maka populasi padi akan bertambah karena konsumen padi, yaitu serangga berkurang, tetapi populasi katak akan menurun karena populasi serangga yang jadi makanan katak berkurang.

Yang akan terjadi pada populasi padi adalah populasi padi akan tumbuh dengan baik karena serangga berkurang.

Yang akan terjadi pada katak adalah katak akan berkurang seiring dengan berkurangnya serangga karena serangga merupakan makanan pokok katak.

2. Apa saja yang mungkin memengaruhi keseimbangan ekosistem sawah tersebut? Coba identifikasikanlah 5 komponen abiotik yang ada.

Faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem sawah yang mungkin adalah:

  • Penggunaan pestisida untuk mengurangi populasi serangga
  • Penggunaan pupuk kimia buatan untuk meningkatkan hasil padi.

5 komponen abiotik (tak hidup) yang ada di ekosistem sawah adalah:

  • Tanah sawah
  • Sinar matabari
  • Air
  • Bebatuan
  • Udara

3. Apa yang akan terjadi jika produsen pada ekosistem sawah tersebut habis karena suatu bencana alam, misalnya terjadi banjir?

Musnahnya populasi produsen (misalnya padi) pada ekosistem sawah menyebabkan populasi lainnya, seperti belalang, katak, ular, dan elang berkurang populasinya. Lalu anggota populasi tersebut akan mencari ekosistem baru untuk bisa mendapatkan makanan dan bertahan hidup.

4. Mengapa (padi, serangga, katak, ular, dan elang) dapat hidup di satu tempat yang sama, yaitu ekosistem sawah? Jelaskan jawabanmu berdasarkan Gambar 2.13.

Padi, serangga, katak, ular, dan elang dapat hidup di lingkungan yang sama karena adanya hubungan saling membutuhkan satu sama lain (simbiosis). Hewan- hewan ini membentuk suatu rantai makanan antara satu dan yang lainnya. Semua itu tidak terlepas dari peran hadirnya produsen yang menentukan urutan rantai makanan di atasnya.

5. Apabila pada ekosistem sawah tersebut tidak ada ular, coba jawab hal-hal yang akan terjadi berikut ini.

a. Apa yang akan terjadi dengan populasi katak pada ekosistem sawah tersebut?

Populasi katak akan meningkat.

Hal ini karena, dalam posisi rantai makanan, ular memakan katak, atau ular adalah predator dari katak. Bila ular tidak ada, atau ular berkurang jumlahnya, maka tidak akan ada predator yang memangsa katak dan menjaga jumlahnya terkendali. Ini akan membuat populasi katak akan meningkat jumlahnya.

b. Apa yang akan terjadi pada populasi elang pada ekosistem sawah tersebut?

Populasi elang akan menurun.

Hal ini karena, dalam posisi rantai makanan, elang memakan ular, atau ular adalah mangsa dari elang. Bila ular tidak ada, atau berkurang jumlahnya, maka tidak akan ada mangsa untuk elang, dan elang akan kesulitan mendapatkan makanan untuk bertahan hidup. Ini akan membuat populasi elang akan berkurang jumlahnya.

c. Apa dampak yang ditimbulkan pada aktivitas pertanian yang dilakukan oleh para petani pada eksosistem sawah tersebut?

Aktivitas pertanian akan terganggu, dan terjadi resiko kerusakan tanaman di sawah.

Hal ini karena ular bukan hanya memangsa katak, namun juga memangsa tikus, yang merpakan hewan invasif yang merusak padi.

Bila ular tidak ada, maka tidak akan ada predator yang memangsa tikus dan menjaga jumlahnya terkendali. Ini akan membuat populasi tikus akan meningkat jumlahnya. Meningkatnya jumlah tikus akan menyebabkan semakin banyak tikus yang memakan padi, dan ini dapat menyebabkan kerusakan padi di sawah.

6. Perhatikan gambar berikut!

Sebuah pabrik terletak berdekatan dengan sungai yang mengalir melalui perumahan. Pabrik ini beroperasi setiap hari. Penduduk perumahan yang terletak di sebelah timur sungai sering mengalami permasalahan iritasi pada mata mereka, sedangkan penduduk sebelah barat tidak mengalaminya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jelaskan.

Alasan dari kenapa hanya penduduk perumahan yang berada pada bagian timur yang mengalami masalah pada iritasi bagian mata dan sedangkan pada pendudk yang berada pada bagian barat tidak mengalami masalah adalah dikarenakan gas yang keluar dari cerobong asap pada pabrik tersebut terbang menuju ke arah timur, sedangkan pada bagian barat tidak mengalami masalah apapun karena angin tersebut membawanya ke arah barat.

Kemungkinan hal tersebut bisa terjadi adalah:

  • Iritasi pada mata kemungkinan bear disebabkan oleh asap dari pabrik yang terdapat di dekat daerah tersebut. Pergerakan angin menuju timur yang terlihat dari arah asap hasil pembuangan cerobong menyebabkan penduduk di sebelah timur terkena dampaknya.
  • Mungkin juga jika limbah yang dibuang ke sungai tidak tercampur homogen dan aliran limbah dibuah di sebelah timur sungai. Sehingga penduduk di sebalah timur terkena dampaknya.

Hal yang dilakukan pabrik tersebut adalah dengan cara melakukan pencemaran udara yang dimana terjadi adanya sebuah kehadiran dari substansi fisik, kimia, hingga biologgis yang terdapat di wilayah atmosfer yang memiliki kemampuan didalam membahayakan kehidupan dan kesehatan bagi manusia, hewan, hingga tumbuhan serta dengan adanya pencemaran terhadap sebuah akan mengganggu kebersihan hingga kenyamanan serta akan memberikan kerusakan bagi properti.

7. Gambar di bawah ini memperlihatkan contoh saling ketergantungan yang terjadi pada organisme perairan. Sepanjang hari, organisme-organisme tersebut memberi atau memanfaatkan (a) atau (b) seperti dalam gambar.

Apakah gambar (a) dan (b) diatas dapat mewakili saling ketergantungan organisme? Jelaskan.

Garis panah (a) dan (b) dapat menggambarkan adanya hubungan saling ketergantungan antar organisme, karena:

Garis panah (a) menggambarkan bahwa ikan kecil dan ikan besar memerlukan tumbuhan air sebagai sumber makananan dan sumber oksigen.

Garis panah (b) menggambarkan bahwa tumbuhan memerlukan gas karbon dioksida dan mineral dari kotoran yang dikeluarkan ikan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Halaman 44-46 Bab 2 (Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Jika para petani melakukan pemberantasan serangga, apa yang akan terjadi pada populasi padi dan katak? Halaman 44-46 Bab 2 (Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan!

[Kunci Jawaban] Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan! Pertanyaan: 3. Bagaimana cara kerja kincir angin? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!