Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 6 Halaman 147 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan)

Diposting pada

Questions and Answers for PPKN Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Competency Test 6 Page 147 Chapter 6 (Strengthening National Commitment) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama Laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 6 Halaman 147 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya.~

Uji Kompetensi 6

Jiwa dan semangat para pendiri Negara yang dioperasionalkan dalam jiwa dan semangat 45 dimaksudkan untuk menjaga tetap tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia. Pasal 1 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan ”Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik” dan Pasal 37 ayat (5) menegaskan ”Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan”. Majelis Permusyawaratan Rakyat telah membuat ketetapan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak boleh diganggu gugat. Bentuk Negara kesatuan bagi Negara Indonesia sudah dianggap final.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Jika ketentuan dan UUD negara sudah menyatakan bahwa NKRI tidak dapat diganggu gugat, apa yang mungkin dapat kita lakukan untuk mendukung ketentuan tersebut?

  • Memperkuat Persatuan dan Kesatuan di Indonesia.Toleransi terhadap semua keragaman di Indonesia,menjadi generasi yang paham dan menjalankan ideologi negara dengan baik.
  • Mengamalkan Nilai-Nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari
  • Menggelorakan semangat Bhineka Tunggal Ika sebagai Persatuan Bangsa
  • Menjalankan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Sesuai Konstitusi atau UUD 1945.

2. Bagaimana pendapatmu tentang komitmen NKRI harga mati ditinjau dari sejarah lahirnya bangsa Indonesia?

Menurut Pendapat Saya,NKRI Harga Mati berarti kemerdekaan Indonesia tidak bisa diremehkan dan tidak bisa dibayar dengan uang karena semua itu butuh Perjuangan.Dan Indonesia menghendaki terwujudnya masyarakat yang maju,adil,dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia.NKRI Merupakan sarana dan wahana untuk mencapai tujuan tersebut.Oleh Karena Itu,setelah kemerdekaan tercapai perjuangan harus menuju kepada terwujudnya kemajuan,keadilan,dan kesejahteraan dengan mengedepankan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Proyek Kewarganegaraan Halaman 93 Bab 4 (Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908)

3. Dapatkah kalian gambarkan semangat para pendiri negara dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia?

  • Para Pejuang kita sangatlah pemberani,tidak patuh semangat supaya Indonesia memperoleh Kemerdekaan, mereka rela mati demi negara Indonesia
  • Jiwa Solidaritas dan kesetiakawanan dari semua lapisan masyarakat terhadap perjuangan kemerdekaan
  • Pro-Patria dan Primus Patrialis “Mencintai Tanah air dan Mendahulukan Kepentingan Bangsa”
  • Jiwa tanpa Pamrih dan Bertanggung Jawab
  • Jiwa Toleran atau Tenggang Rasa antar agama,antar suku,antar golongan,dan antar bangsa.

4. Bangsa Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan manusia yang potensial untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, apa yang akan kalian lakukan sebagai seorang pelajar?

  • Menggunakan Fasilitas Umum dengan Baik
  • Tidak membuat masalah dengan masyarakat
  • Seorang pelajar,belajar dengan sungguh-sungguh untuk membangun bangsa di Masa depan agar bisa lebih baik di tahun generasi selanjutnya
  • Memanfaatkan Sumber daya alam tersebut dengan baik dan benar dan menjaganya agar tetap lestari
  • Meningkatkan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk membangun Bangsa
  • Menolak Campur Tangan atau Intervensi asing

5. Coba kalian lanjutkan wacana di atas dengan memberikan sebuah komitmen kebangsaan pemuda berupa deklarasi janji, deklamasi, catatan orasi, atau bentuk apapun yang dapat mengungkapkannya.

Semangat dan Komitmen Jiwa pemuda telah menjadi jiwa yang terus tertanam dalam Sanubari Para Pemuda suatu semangat yang dibangun atas persamaan nasib dan cita-cita,yang kemudian dibungkus komitmen untuk senasib sepenanggungan sebagai suatu bangsa dan para pemuda membuat komitmen seperti menjaga perdamaian dan Kesatuan Indonesia,meningkatkan kesejahteraan Indonesia,dan belajar dengan giat dan rajin untuk dapat membawa nama baik negara Indonesia di Mata dunia.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 6 Halaman 147 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 6 Halaman 147 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Membiasakan Menaati Peraturan Perundang-Undangan dalam Lingkungan Halaman 66 Bab 3 (Memaknai Peraturan Perundang-Undangan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *