Breaking News

Jika ibumu melarutkan 5 gram garam dapur ke dalam 250 mL air, berapakah konsentrasi larutan garam yang terjadi dalam satuan g/L?

Questions and Answers to Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revision 2016 Critical Thinking Are “love”, “justice”, and “affection” among the objects studied in Science? Explain your answer Page 7 Chapter 1 (Science Objects and Observations) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Berpikir Kritis Apakah “cinta”, “keadilan”, dan “kasih sayang” termasuk objek yang dipelajari dalam IPA? Jelaskan jawabanmu Halaman 7 Bab 1 (Objek IPA dan Pengamatannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Kita Latihan

1. Apakah yang dimaksud dengan besaran turunan?

Besaran pokok adalah besaran-besaran utama yang dapat menurunkan besaran-besaran lain dan satuannya telah ditentukan terlebih dahulu.

2. Mengapa volume termasuk besaran turunan?

Volume termasuk ke dalam besaran turunan karena besaran ini diturunkan atau tersusun dari besaran pokok, yaitu panjang. Hal ini bisa dibuktikan melalui analisis dimensi. Dengan analisis dimensi, kita bisa mengetahui bagaimana suatu besaran tersusun dari besaran pokok.

Volume termasuk besaran turunan … karena volume merupakan besaran yang diturunkan dari besaran pokok yaitu besaran panjang. Sehingga satuan volume (meter kubik atau m³) juga diturunkan dari satuan panjang (meter).

Volume termasuk besaran turunan karena satuannya diturunkan dari besaran pokok panjang. Satuan volume dalam orde pangkat tiga/ kubik, seperti meter kubik, desimeter kubik (liter), sentimeter kubik (cc atau mili liter).

Seperti besaran volume di atas yang juga masuk dalam kelompok besaran turunan. Ada banyak rumus volum bangun ruang.  Paling sederhana adalah volume kubus yaitu v = s x s x s yang satuannya dalam orde kubik. Jika dalam satuan internasional, maka meter kubik. Sedangkan besaran pokok panjang satuan internasionalnya meter.

3. Jika ibumu melarutkan 5 gram garam dapur ke dalam 250 mL air, berapakah konsentrasi larutan garam yang terjadi dalam satuan g/L?

Volume pelarut adalah 250 mL. Volume ini harus dijadikan menjadi volume dengan satuan liter. 

Karena: 

1 liter = 1000 mL 

Maka: 

250 mL = 0,25 L 

Konsentrasi = massa terlarut / volume larutan 

= 5 gram / 0,25 L 

= 10 g/L 

4. Anita menanam kacang hijau dalam pot. Pada awal pengukuran, tinggi kecambah dari permukaan tanah 2 cm. Selang 5 hari kemudian, ternyata tinggi kecambah menjadi 8 cm. Berapakah laju pertumbuhannya?

Laju pertumbuhan = pertumbuhan / waktu 

= (8 – 2) / 5 

= 7 / 5 

= 1,4 cm/hari

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Jika ibumu melarutkan 5 gram garam dapur ke dalam 250 mL air, berapakah konsentrasi larutan garam yang terjadi dalam satuan g/L Halaman 26 Bab 1 (Objek IPA dan Pengamatannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Jika ibumu melarutkan 5 gram garam dapur ke dalam 250 mL air, berapakah konsentrasi larutan garam yang terjadi dalam satuan g/L Halaman 26 Bab 1 (Objek IPA dan Pengamatannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!