Jika ada seorang laki-laki pembawa (memiliki genotipe Aa) menikah dengan seorang perempuan yang juga pembawa (memiliki genotipe Aa), bagaimanakah kemungkinan genotipe anaknya?

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 If a male carrier (has genotype Aa) marries a woman who is also a carrier (has genotype Aa), what are the chances of the child’s genotype? Page 143 Chapter 3 (Inheritance of Nature to Living Things) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jika ada seorang laki-laki pembawa (memiliki genotipe Aa) menikah dengan seorang perempuan yang juga pembawa (memiliki genotipe Aa), bagaimanakah kemungkinan genotipe anaknya? Halaman 143 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Selesaikan

Jika ada seorang laki-laki pembawa (memiliki genotipe Aa) menikah dengan seorang perempuan yang juga pembawa (memiliki genotipe Aa), bagaimanakah kemungkinan genotipe anaknya?

Pada dasarnya semua sifat pada diri manusia diperoleh dari kedua orang tuanya. Namun, dari sifat-sifat yang diturunkan tersebut juga terdapat kelainan-kelainan yang dibawa oleh kromosom. Albino merupakan salah satu kelainan sifat manusia yang diturunkan dari orang tua. Albino adalah kelainan yang disebabkan oleh alel resesif. 

Kelainan dan penyakit genetik pada manusia dapat disebabkan oleh alel-alel yang tertaut pada kromosom seks maupun kromosom tubuh. Alel-alel tersebut dapat bersifat dominan maupun resesif. Namun, sebagian besar dikendalikan oleh alel resesif sehingga diderita oleh individu yang begenotipe homozigot resesif. Sementara, dalam keadaan heterozigot, individu tersebut normal tetapi berpeluang menurunkan sifat atau disebut dengan carrier. Kelainan dan penyakit menurun tidak dapat disembuhkan namun dihindari kemunculannya pada generasi berikutnya melalui pengaturan pasangan dalam perkawinan.

Albino merupakan kelainan pada kulit dimana tidak menghasilkan pigmen warna kulit. Albino terjadi pada kromosom autosom yang bersifat resesif. Albino dapat diderita oleh pria maupun wanita dan dapat diwariskan.

Jika ada seorang laki laki pembawa (memiliki genotip Aa) menikah dengan seorang perempuan yg juga pembawa genotipe Aa. Maka kemungkinan genotipe anaknya sebagai berikut:

Parental 1: laki-laki pembawa  x  perempuan pembawa

Genotip: Aa x  Aa

Gamet: A dan a  x  A dan a

Filial 1:

1 AA = normal

2 Aa = normal pembawa

1 aa = albino

Dari persilangan di atas maka genotip keturunannya adalah:

AA : Aa : aa = 1 : 2 : 1.

Pewarisan sifat adalah sifat genetik yang dimiliki oleh suatu organism akan diturunkan kepada keturunannya. Penyakit keturunan pada genetika dibedakan menjadi 2, yaitu:

A. Penyakit Menurun Yang Terpaut Kromosom seks.

1. Hemofilia

Hemofilia adalah salah satu penyakit keturunan yang terlaut pada kromosom X. Penyakit ini ditandai dengan faktor kekurangan pembekuan darah. Hal ini menyebabkan seseorang yang menderita penyakit hemofilia ketika mengalami luka darahnya akan sulit/sukar membeku.

2. Buta warna

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis dimana terpaut pada kromosom X.

3. Anodontia

Anodontia yaitu kelainan pada seseorang yang tidak mempunyai benih gigi pada rahangnya, sehingga gigi tidak dapat tumbuh selamanya. Penderita anodontia juga menunjukkan ciri-ciri seperti berambut jarang dan susah berkeringat. Anodontia terpaut pada kromosom X yang bersifat resesif, sehingga pewarisan sifatnya juga seperti pada buta warna. Oleh karena itu kelainan tersebut lebih banyak ditemukan pada pria.

4. Hypertrichosis

Hypertrichosis (juga disebut sindrom Ambras) merupakan jumlah pertumbuhan rambut yang abnormal pada tubuh. Kasus ekstensif hipertrikosis secara umum disebut dengan sindrom manusia serigala. Kelainan ini disebabkan karena gen hypertrichosis terpaut pada kromosom Y sehingga hanya terjadi pada laki-laki.

5. Hystrixgravier

Kelainin ini memiliki ciri-ciri rambut tumbuh panjang dan kaku di permukaan tubuh menyerupai duri landak. Kelainan tersebut disebabkan karena gen Hystrixgravier (hg) terpaut pada kromosom Y yang bersifat resesif. Kelainan tersebut disebabkan karena gen webtoes (w) terpaut pada kromosom Y yang bersifat resesif.

6. Webtoes

Webtoes memiliki ciri-ciri kulit tumbuh diantara jari-jari (terutama kaki). 

B. Penyakit menurun yang terpaut kromosom autosom.

1. Albino

Albino adalah kelainan yang disebabkan karena tidak terbentuknya pigmen melanin pada kulit sehingga penderita berwarna putih. Kelainan ini disebabkan karena gen yang teroaut di kromosom autosom yang bersifat resesif (aa).

2. Polidaktili

Polidaktili adalah suatu kelainan yang diwariskan gen autosomal dominan (PP atau Pp) sehingga penderita akan mendapatkan tambahan jari pada satu atau dua tangannya dan atau pada kakinya.

3. Fenilketonuria (FKU)

Fenilketonuria adalah gangguan desakan autosomal genetis yang bersifat resesif (ii) sehingga kekurangan enzim fenilalanina hidroksilase ( PAH ). Hal ini dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak sehingga penderita menjadi keterbelakangan mental.

4. Phenylthiocarbamida (PTC)

Phenylthiocarbamida (PTC) yaitu senyawa kimia yang rasanya pahit. Sebagian besar orang dapat merasakan rasa pahit PTC disebut pengecap atau taster, sedangkan lainnya tidak dapat merasakan pahit disebut nontaster atau buta kecap. Kelainan ini disebabkan karena gen terlaut pada autosom yang bersifat resesif (tt).

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jika ada seorang laki-laki pembawa (memiliki genotipe Aa) menikah dengan seorang perempuan yang juga pembawa (memiliki genotipe Aa), bagaimanakah kemungkinan genotipe anaknya? Halaman 143 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jika ada seorang laki-laki pembawa (memiliki genotipe Aa) menikah dengan seorang perempuan yang juga pembawa (memiliki genotipe Aa), bagaimanakah kemungkinan genotipe anaknya? Halaman 143 Bab 3 (Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Mengapa orang menggigil ketika kedinginan?

[Kunci Jawaban] Mengapa orang menggigil ketika kedinginan? Pertanyaan: Mengapa orang menggigil ketika kedinginan? (Soal Latihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!