Breaking News

Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Gunakan Mendaftar SNMPTN 2022

Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Gunakan Mendaftar SNMPTN 2022

Berita Terbaru Tentang SNMPTN 2022, berikut dibawah ini :

Sudah siap daftar SNMPTN 2022? Berhubung pendaftaran SNMPTN sudah dibuka mulai tanggal 14 sampai 28 Februari mendatang, kamu yang ingin masuk PTN lewat jalur ini tentu harus mempersiapkan diri. Apalagi kuota PTN yang menerima jalur ini sangat terbatas dari daya tampungnya. Beberapa di antara kamu tentu sudah mempersiapkan persyaratan hingga sertifikat untuk SNMPTN kan?

Bicara tentang syarat lolo SNMPTN 2022, selain memiliki nilai yang bagus, kamu yang punya prestasi bisa menyertakan sertifikat untuk SNMPTN. Nah, sebelum lebih jauh membahas tentang ini, yuk kita ulas lagi tentang hal apa saja yang mempengaruhi penerimaan SNMPTN 2022?

Hal Yang Dipertimbangkan Sebagai Syarat Lolos SNMPTN 2022

Nilai Akademis

Poin pertama ini tentu menjadi pertimbangan utama saat kamu ingin daftar SNMPTN 2022. Nilai yang digunakan sebagia bahan pertimbangkan adalah nilai yang kamu hasilkan dari semeseter 1 sampai semester 5 (kelas 10 sampai kelas 12 SMA). Syaratnya, nilai yang kamu miliki harus memiliki rata-rata minimal berpredikat B (rentang nilai 83 sampai 90).

Jika kamu memiliki nilai berpredikat A (91 sampai 100) tentu akan lebih baik lagi ya. Tapi, nilai yang kamu miliki tersebut sebaiknya memperoleh grafik yang stabil (flat), atau bahkan meningkatn (increase). Sebenarnya, persiapan untuk lolos SNMPTN ini harus kamu lakukan sejak kelas 10, agar bisa menjaga kualitas nilai yang kamu hasilkan.

Kalau nilai kamu selalu bagus, maka kesempatanmu untuk lolos PDSS di sekolah, atau mendapatkan rekomendasi sebagai siswa eligible yang berhak mendaftar SNMPTN 2022 akan semakin tinggi.

PTN Yang Dipilih

Selain nilai yang bagus, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kamu pilih juga menjadi satu di antara penentu lolos tidaknya kamu pada SNMPTN 2022 lho. Maka dari itu, kamu tidak boleh asal-asalan saat memilih PTN dan jurusan yang kamu inginkan ya.

Sebagai penyelenggara SNMPTN, pihak PTN juga memiliki standar tersendiri saat menyeleksi peserta yang lolos. Karena, setiap sekolah tentu punya nilai akreditasinya masing-masing yang dipertimbangkan oleh pihak PTN. Jadi, jika sekolahmu termasuk dalam kategori sekolah favorit, maka peluang untuk lolos SNMPTN juga semakin besar.

Beberapa PTN juga memperhatikan alumni dari sekolah yang lolos SNMPTN di tahun sebelumnya. Kalau sekolahmu mendapatkan kuota penerimaan yang sedikit, bisa jadi disebabkan oleh alumni sekolahmu yang lolos ke PTN lewat jalur SNMPTN. Pihak PTN mungkin saja melihat bahwa siswa yang bersangkutan kurang memuaskan secara akademis.

Sertifikat Untuk SNMPTN

Nah, ini dia yang sering ditanyakan oleh pejuang PTN yang ingin mendaftar SNMPTN. Apakah sertifikat untuk SNMTPN berpengaruh pada tingkat lolos PTN? Jawabannya yaitu tentu saja berpengaruh.

Namun, sebelum mencantumkan sertifikat untuk SNMPTN, hal utama yang harus kamu miliki adalah nilai akademis yang bagus. Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, nilai yang berpredikat baik dan konsisten meningkatkan peluang lolos SNMPTN.

Jika kamu memiliki sertifikat kejuaraan, formulir isian SNMPTN memperbolehkan pesertanya melampirkan (attachment) 3 sertifikat atau piagam kejuaraan dalam format JPG atau PDF.

Nah, bagi yang punya sertifikat atau piagam kejuaraan, kamu juga harus menyeleksi lagi, mana sertifikat yang bisa kamu gunakan dan mana yang tidak. Apa saja jenis sertifikat yang bisa digunakan untuk SNMPTN?

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Pahamifren bisa melampirkan sertifikat OSN saat mendaftar SNMPTN 2022. OSN merupakan kompetisi nasional yang digelar Kemdikbud RI yang meliputi olimpiade Matematika, Kimia, Astronomi, Fisika, Ekonomi dan sebagainya. Saat melampirkan sertifikat ini, pastikan prestasi yang kamu miliki sesuai atau relevan dengan jurusan yang kamu pilih ya.

Sertifikat OSN bisa menambah poin kamu saat diseleksi oleh pihak PTN. Ada baiknya sertifikat yang kamu miliki minimal berada di level atau tingkat kabupaten/kota Pahamifren. Jika kamu punya sertifikat OSN tingkat nasional, maka gunakanlah sertifikat tersebut karena levelnya lebih tinggi. Jangan gunakan lebih dari satu sertifikat pada perlombaan yang sama ya. Maka dari itu pilihlah yang tingkatnya lebih tinggi.

2. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)

Kamu juga bisa memanfaatkan prestasi non akademik sebagai sertifikat untuk SNMPTN lho. Sifat sertifikat O2SN ini sama seperti OSN, biasanya meliputi kejuaraan Senam, Renang, Karate, Pencak Silat, Atletik dan sejenisnya.

3. Kompetisi Debat, Cerdas Cermat Tingkat Nasional dan Internasional

Jika memiliki sertifikat lomba debat, cerdas cermat dan sejenisya, pastikan tingkat dari perlombaan itu berada di level yang tinggi, seperti tingat nasional atau internasional. Ingat, sertifikat ini hanya diperuntukkan bagi pemenang lomba atau finalis ya, bukan untuk peserta saja.

4. Sertifikat Keahlian Khusus

Nah, sertifikat ini berguna bagi kamu siswa SMK yang ingin mendaftar SNMTPN 2021 lho. Keahlian khusus ini umumnya diberikan kepada siswa SMK yang dianggap mumpuni pada bidang tertentu, misalnya keahlian di bidang otomotif atau teknologi informatika.

5. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

Sertifikat untuk SNMPTN selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah, juara Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) atau lomba esai. Biasanya, LKTI dan lomba esai digelar oleh pihak kampus atau Kemdikbud, jadi tingkatan atau levelnya pun lumayan tinggi. Tapi ingat, sertifikat semacam ini hanya untuk pemegang juara ya, bukan untuk peserta atau semifinalis.

6. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

Buat kamu yang berminat mendaftar di jurusan bidang seni, kamu bisa menggunakan prestasi FLS2N sebagai sertifikat untuk SNMPTN. Sertifikat jenis ini diberikan pada siswa yang mengikuti perlombaan bidang seni dan budaya, seperti lomba tari, lomba puisi, cerpen atau lomba musik. Ada baiknya sertifikat FLS2N yang kamu gunakan adalah yang berlabel juara ya.

7. Sertifikat Pengurus OSIS, MPK dan Ekstrakulikuler

Hayo siapa di sini yang aktif berorganisasi, atau istilahnya “organisatoris”? Nah bagi kamu yang pernah menjabat di organisasi siswa intra sekolah (OSIS), MPK, rohis, atau organisasi tingkat sekolah, kamu bisa melampirkan sertifikat tersebut. Sebagai catatan, biasanya sertifikat jenis ini akan lebih berbobot jika kamu merupakan ketua, wakil, bendahara, atau sekretaris organisasi tersebut.

Buat kalian yang selama SMA sudah aktif organisasi seperti OSIS dan Ektrakulikuler bisa juga dilampirkan lho ya. Nah, syarat khusus untuk sertifikat osis atau organisasi untuk SNMPTN ini adalah kalian menjabat didalamnya (bukan anggota).

Misalkan kalian menjabat sebagai ketua OSIS, Ketua Pramuka, Ketua KIR, Sekretaris MPK itu bisa dilampirkan lho.

Pengurus itu meliputi mulai dari ketua sampai seksi-seksi ya maksudnya.

Nah, buat memvalidasinya pastikan sertifikat kalian ditandatangani oleh pihak sekolah (minimal kesiswaan sekolah).

8. Sertifikat Keahlian (Pelatihan) bagi Lulusan SMK

Sertifikaat untuk SNMPTN selanjutnya ada sertifikat keahlian. Melansir dari laman yusufstudi.com, khusus anak SMK, biasanya kalian sebelum lulus ada sertifikasi keahlian dan mempunyai sertifikat pelatihan khusus kan? nah ini bisa banget buat diunggah dan bisa jadi nilai plus buat kalian lolos seleksi SNMPTN 2021 nanti.

9. E-Sertifikat untuk SNMPTN, Bisa Digunakan?

Apakah bisa e-certificate untuk SNMPTN? Bisa. Apabila memenuhi syarat poin 1-7 diatas ya. Maksudnya adalah e-certifikat untuk snmptn ini bukan sebagai peserta seminar, peserta lomba, dan juga sebagai anggota dalam organisasi/komunitas.

Kalau selama ini mungkin kita lebih menyoroti sertifikat yang dicetak dengan terdapat cap basah. Namun, bagaimana halnya dengan sertifikat elektronik atau e-sertifikat. Bisakah digunakan untuk SNMPTN? Jawabannya bisa-bisa saja. Asalkan sertifikat kamu memenuhi kualifikasi sertifikat yang kredibel.

Hal yang harus diperhatikan untuk e-sertifikat ini adalah :

  • Jelas siapa Nama Penyelenggara Lomba/Olimpiade/Kompetisi
  • Jelas Nama Acara Lomba/Olimpiade/Kompetisi
  • Sangat dianjurkan e-sertifikat ada No. Sertifikatnya (no. unik yang beda setiap pemegang sertifikatnya).
  • Sertifikat Tid

Nah itulah delapan sertifikat untuk SNMPTN yang berpotensi untuk menambah poin kamu ketika mengikuti SNMPTN. Kalau kamu memiliki sertifikat dengan kriteria seperti di atas, jangan lupa untuk mencantumkan dengan benar ya. Semoga kamu bisa lolos SNMPTN 2022.

Sertifikat Tidak Bisa Untuk SNMPTN

1. Sertifikat TOEIC, IELTS dan Toefl

Sertifikat yang bersifat keahlian bahasa ini tidak bisa digunakan untuk seleksi SNMPTN 2021 ya, misalkan nih sertifikat TOEFL, TOEIC, atau IELTS atau mungkin lainnya tidak bisa ya. Ini juga berlaku untuk bahasa-bahasa lain (selain bahasa Inggris)

2. Juara Kelas

Banyak yang tanya apakah bisa piagam atau sertifikat juara kelas dan juara paralel sekolah bia untuk SNMPTN?

Berapa Poin Yang Diberikan Untuk Sertifikat Kejuaraan?

Banyak para pejuang PTN yang sering menanyakan hal ini. Sebenarnya, besaran poin yang diberikan untuk menilai serfifikat adalah bersifat rahasia. Karena, pemberian penilaian hanya boleh dilakukan oleh penyelenggara SNMPTN. Maka, besaran poin untuk sertifikat yang kamu unggah hanya pihak PTN sebagai penyelenggara SNMPTN 2022 lah yang mengetahuinya.

Berapa Jumlah Sertifikat Yang Boleh Dilampirkan?

Di tahun sebelumnya, pada formulir registrasi, pelaksana SNMPTN memperbolehkan menyertakan maksimal 3 sertifikat untuk SNMPTN. Jadi, kalau kamu punya banyak prestasi, sebaiknya pilih-pilih lagi ya. Gunakan sertifikat yang relevan dengan jurusan yang kamu pilih dan memiliki level tinggi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mencari tahu syarat ini di website LTMPT.

Bisakah Sertifikat Dimanipulasi?

Pertanyaan ini juga sering menjadi perbincangan bagi para pejuang PTN. Karena sertifikat yang dikirimkan berbentuk softcopy, mereka khawatir jika sertifikat tersebut bisa dimanipulasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tenang saja, jika kamu dinyatakan lolos SNMPTN 2022, kamu akan mengikuti proses verifikasi data. Tujuannya, untuk melihat legalitas atau keaslian dari data-data yang kamu kirimkan, seperti nilai rapor dan sertifikat piagam penghargaan.

Jadi, usahakan agar sertifikat yang kamu lampirkan saat mendaftar SNMPTN tetap terjaga sampai proses verifikasi ya. Karena, mungkin saja sertifikat asli yang kamu miliki hilang karena hal tertentu. Maka, ada baiknya kamu simpan sertifikat untuk SNMPTN di tempat yang aman ya.

Buat kamu yang masih bingung buat apa sih itu SNMPTN, aku saranin kamu baca deh artikel penjelasan jalur SNMPTN berikut ini :

About Muhammad

Check Also

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah [Terupdate] Salah satu isian dalam menu rencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!