Jelaskan yang dimaskud dengan aerobik

Diposting pada 2 views

Questions and Answer Keys for Class 9 Physical Education 2013 Revision 2018 Curriculum Explain what is meant by aerobics Page 175 Chapter 7 (Rhythmic Movement Activities) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jelaskan yang dimaskud dengan aerobik Halaman 175 Bab 7 (Aktivitas Gerak Berirama) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat. Tugas ini dikerjakan di rumah dan dikerjakan pada buku tugas.

1. Jelaskan yang dimaskud dengan aerobik.

Aerobik adalah jenis olahraga yang merangsang denyut jantung dan laju pernapasan agar meningkat dengan cepat selama sesi olahraga. Aerobik dikenal sebagai kardio, yaitu olahraga yang membutuhkan oksigen untuk dikirim ke bagian otot yang bekerja.

2. Jelaskan yang dimaksud dengan senam aerobik.

Senam Aerobik adalah Serangkaian gerak tubuh yang mengikuti irama musik, sehingga dapat melahirkan ketentuan ritmis, kontinuitasi, dan durasi tertentu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Kardiovaskuler dan Pembentukan tubuh.

Pengertian Senam Aerobik menurut Para Ahli

Adapun menurut para ahli pengertian senam aerobik antaralain sebagai berikut :

  • Menurut Jackie Sorensens

Menurut beliau pengertian senam aerobik yaitu salah satu jenis senam kebugaran atau kesehatan jasmani yang sangat lengkap karena mencakup beberapa latihan dan juga kegembiraan yang dapat mengekspresikan semua perasaan dengan cara tertawa, bergoyang, melompat, meregangkan badan, dan dikombinasikan dengan tarian rakyat, tarian tradisional, dan juga tarian kontemporer.

  • Menurut Marta Dinata

Adapun menurut Marta Dinata, aerobik merupakan serangkaian gerak olah tubuh yang dilakukan  dengan mengikuti sebuah irama musik yang dipilih untuk membuat ketentuan ritme, kontinuitas, dengan durasi yang telah ditentukan. Hal ini berguna untuk menampakkan keselarasan antara gerak tubuh dengan musik untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

  • Menurut Dr. Kenneth Cooper

Adapun menurut Kenneth Cooper, aerobik didefinisikan sebagai kegiatan dalam menggerakkan/mengolah bagian tubuh sehingga tubuh dapat memperbaiki sistemnya serta menuntut lebih banyak oksigen yang berguna untuk memperjanjang waktu dalam senam. Menurutnya senam ini dapat meningkatkan detak jantung dan juga memompa oksigen, sebab gerakan yang ada dalam senam aerobik sangat teratur dengan menggunakan ritme musik.

3. Jelaskan manfaat melakukan Senam Aerobik

  • Menjaga berat badan

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, senam aerobik juga bermanfaat untuk mencegah berat badan kembali naik. Jika dipadukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori, maka berat badan ideal akan semakin cepat tercapai.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Melakukan senam aerobik akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan dapat memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

  • Meningkatkan stamina tubuh

Saat pertama kali memulai senam aerobik, tubuh mungkin akan terasa kelelahan. Namun, jika Anda melakukannya secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang. Kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot Anda juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu.

  • Mengontrol kadar gula darah

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengatur kadar insulin di tubuh, sehingga kadar gula darah pun akan ikut terkontrol.

  • Memperkuat daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, adalah salah satu manfaat senam aerobik yang sayang jika dilewatkan. Olahraga ini, akan mengaktifkan sistem imun tubuh, membuat Anda menjadi lebih kebal dari penyakit-penyakit ringan seperti flu dan batuk.

  • Menurunkan tekanan darah

Karena senam aerobik adalah senam yang melatih jantung, maka manfaatnya juga akan terasa pada kadar tekanan darah yang menurun. Saat tekanan darah menurun, gejala-gejala hipertensi yang ada juga dapat mereda.

  • Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Melakukan latihan kardio bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun, perhatikan juga waktu Anda melakukannya. Jangan sampai, Anda berolahraga kelewat malam dan terlalu dekat dengan jam tidur. Paling lambat, Anda boleh berolahraga dua jam sebelum tidur.

  • Meningkatkan suasana hati

Manfaat senam aerobik juga akan terasa bagi kondisi mental Anda. Sebab, olahraga ini ternyata juga bisa membantu meringankan gejala depresi dan mengurangi ketegangan yang berkaitan dengan gangguan kecemasan. Latihan kardio ini pun akan membuat Anda menjadi lebih rileks.

  • Membuat cara kerja otak jadi lebih maksimal

Senam aerobik juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan otak. Sebab, olahraga ini dinilai dapat memperlambat hilangnya jaringan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

  • Pengaruh senam aerobik terhadap tubuh

Selama senam aerobik, otot berukuran besar di tubuh yang terdapat di lengan, kaki, dan pinggul akan terus bergerak, sehingga tubuh pun akan merespons dengan cepat. Anda akan bernapas dengan lebih cepat dan dalam, membuat jumlah oksigen yang masuk ke dalam darah bisa maksimal.

Jantung juga akan berdetak lebih cepat dan meningkatkan aliran darah ke otot, lalu kembali ke paru-paru.

Pembuluh darah kapiler, yang merupakan pembuluh darah terkecil di tubuh, akan ikut melebar, untuk melancarkan proses pengantaran oksigen ke otot, maupun membuang zat sisa metabolisme, seperti karbondioksida dan asam laktat.

Tubuh juga akan terpicu untuk mengeluarkan endorfin, zat kimia alami di tubuh yang dapat berfungsi sebagai pereda nyeri alami, dan berguna untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

4. Jelaskan gejala-gejala fisik yang perlu diperhatikan selama menjalankan Latihan Senam Aerobik.

  • Insomnia setelah selesai latihan senam aerobic
  • Sesak nafas pada menit-menit pertama Latihan, yang berarti pemanasan sebelum melakukan senam tidak cukup.
  • Jika merasa mual dan muntah-muntah, berkurang-kurang, kepala pusing, kepala terasa berat, dada terasa sakit, dan berdebar-debar, sehari setelah Latihan masih merasa lebih yang berarti takaran Latihan terlalu tinggi.
  • Jika setelah Latihan merasa sukar tidur, berarti takaran terlalu tinggi atau waktu Latihan terlalu dekat dengan waktu tidur (Kurang dari 3 jam)

5. Jelaskan urutan-urutan dalam melakukan Senam Aerobik.

A. Pemanasan

Pemanasan wajib dilakukan untuk menghindari cidera saat melakukan senam aerobik pemula. Pemanasan bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh, menaikkan denyut jantung, dan mempersiapkan otot-otot dan persendian untuk melakukan aktivitas yang berat.

Beberapa gerakan pemanasan yang bisa kamu lakukan adalah jalan di tempat, melangkah dari sisi ke sisi dan menggerakkan lengan pada tingkat pinggang atau lebih tinggi. Lakukan kurang lebih selama 5-10 menit hingga tubuh Kamu siap melakukan latihan inti senam aerobik pemula.

Dalam fase ini dapat menggunakan pola warming up yang didahului oleh kegiatan stretching / penguluran otot -otot tubuh dan dilanjutkan dengan gerakan dinamis pemanasan. Pola yang kedua yaitu kebalikan dari pola pertama dimana seseorang melakukan pemanasan dinamis dulu kemudian dilanjutkan dengan melakukan kegiatan penguluran otot – otot tubuh / stretching.

Kegiatan pemanasan / warming up ini memiliki tujuan yaitu : meningkatkan elastisitas otot dan ligamen di sekitar persendian untuk mengurangi resiko cedera. Meningkatkan suhu tubuh dan denyut nadi sehingga mempersiapkan diri agar siap menuju ke aktivitas utama, yaitu aktivitas latihan.

B. Latihan Inti

Setelah tubuh Kamu siap, maka Kamu dapat melakukan latihan inti dengan intensitas yang lebih tinggi. Kamu dapat melakukan latihan inti kurang lebih selama 25-55 menit.

Fase latihan adalah fase utama dari urutan latihan senam aerobik. Dalam fase ini target latihan haruslah tercapai. Salah satu indikator latihan telah memenuhi target adalah dengan memprediksi bahwa latihan tersebut telah mencapai training zone. Training zone adalah daerah ideal denyut nadi dalam fase latihan. Rentang training zone adalah 60% – 90 % dari denyut nadi maksimal seseorang (DNM). Denyut nadi yang dimiliki oleh setiap orang berbeda, tergantung dari tingkat usia seseorang. Berikut ini adalah rumus untuk mencari denyut nadi maksimal seseorang (DNM) :

DNM = 220 – Usia (Tahun)

Umumnya rumus ini digunakan untuk ATLET.

rumus menghitung denyut nadi maksimal bagi

ORANG AWAM / bukan atlet adalah:

DNM = 200 – Usia (Tahun)

Dalam senam aerobic, fase inti dapat dilakukan dengan aktivitas senam aerobic low impact, moderate impact, high impact maupun mix impact selama 25 – 55 menit.

Berikut ini beberapa jenis gerakan dalam senam aerobik pemula.

a. Marching

Langkah senam aerobik pemula dimulai dengan gerakan jalan di tempat sambil mengangkat kaki kira-kira setinggi betis. Jangan lupa lutut harus ditekuk sampai 90 derajat.

b. Jogging

Menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah belakang, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah menggunakan persendian engkel dan lutut. Gerakan ini seperti gerakan ketika jogging namun dilakukan di tempat.

c. Kicking

Gerakan mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam keadaan lurus setinggi pinggang atau lebih.

d. Double Step

Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan mata kaki kanan dan kiri.

e. Grapevine

Gerakan dimulai dengan melangkah dua langkah ke kanan dan ke kiri seperti double step tetapi dengan menyilangkan kaki ke belakang.

f. Leg Curl

Gerakan menekuk kaki ke arah belakang.

g. Heel Touch

Gerakan menyentuhkan tumit kaki kanan ke tumit kaki kiri dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada di kaki yang menjadi tumpuan.

C. Pendinginan

Setelah latihan ini, lakukan pendinginan untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung mendekati normal secara bertahap. Gerakan pendinginan kurang lebih hampir sama dengan pemanasan dengan durasi 10 menit. Jangan lupa untuk melakukan peregangan guna membantu mengembalikan otot pada kondisi normal.

Jika dipadukan dengan pola hidup sehat, senam aerobik pemula bisa menjaga berat badan kamu tetap ideal, membuat tubuh tidak mudah lelah bahkan juga dapat Meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko sakit, terutama infeksi virus flu.

Pada fase ini hendaknya melakukan dan memilih gerakan – gerakan yang mampu menurunkan frekuensi denyut nadiuntuk mendekati denyut nadi yang normal, setidaknya mendekati awal dari latihan. Pemilihan gerakan pendinginan ini harus merupakan gerakan penurunan dari tingkatan tinggi ke gerakan tingkatan rendah.

Ditinjau dari segi ILMU FAAL, perubahan dan penurunan tingkatan secara bertahap tersebut berguna untuk menghindari penumpukan asam laktat yang akan menyebabkan kelelahan dan rasa pegal pada bagian tubuh/ otot tertentu.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jelaskan yang dimaskud dengan aerobik Halaman 175 Bab 7 (Aktivitas Gerak Berirama))”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jelaskan yang dimaskud dengan aerobik Halaman 175 Bab 7 (Aktivitas Gerak Berirama). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *