Breaking News

Jelaskan tema dari puisi “Hujan Bulan Juni” dan “Gadis Peminta-minta”? Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu?

Questions and Answers for Class 8 Indonesian Language Curriculum 2013 Revision 2017 Activity 4.5 Explain the theme of the poetry “Rain in June” and “Girl begging for begging”? What do the poets mean by their respective poems? Pages 112-113 Chapter 4 (The Beauty of Poetry) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 4.5 Jelaskan tema dari puisi “Hujan Bulan Juni” dan “Gadis Peminta-minta”? Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu? Halaman 112-113 Bab 4 (Indahnya Berpuisi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 4.5

1. Jelaskan tema dari puisi “Hujan Bulan Juni” dan “Gadis Peminta-minta”? Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu?

  • Tema puisi ‘Hujan Bulan Juni’ adalah pujian kepada Tuhan.

Karena keseluruhan isi puisi adalah memuji Tuhan yang telah menurunkan hujan di bukan Juni sehingga alam dapat merasakan kesegaran di tengah-tengah musim kemarau.

  • Tema puisi ‘Gadis Peminta-Minta’ adalah 

Maksud penyair pada puisi tersebut adalah meski seorang peminta-minta, martabat gadis kecil ini sama tingginya dengan martabat manusia yang lain dan keseluruhan isi puisi menggambarkan sisi kemanusiaan bahwa martabat gadis peminta-minta itu sama dengan martabat manusia lainnya.  

2. Apa yang menyamakan dan membedakan dari tema kedua puisi itu? Jelaskanlah!

Yang membedakan adalah puisi Hujan Bulan Juni menggambarkan suasana alam ketika hujan yang turun di musim kemarau, sedangkan puisi Gadis Peminta-minta menggambarkan suatu keprihatinan dan simpati kepada lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

B. 1. Bacalah pula puisi berikut!

Sajak
oleh Sanusi Pane

Di mana harga karangan sajak,

Bukan dalam maksud isinya;

Dalam bentuk, kata nan rancak,

Dicari timbang dengan pilihnya

Tanya pertama keluar di hati,

Setelah sajak dibaca tamat,

Sehingga mana tersebut sakti,

Mengikat diri di dalam hikmat.

Rasa bujangga waktu menyusun,

Kata yang datang berduyun-duyun

Dari dalam, bukan nan dicari.

Harus kembali dalam pembaca,

Sebagai bayang di muka kaca.

Harus bergoncang hati nurani.

3. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

a. Puisi “Sajak” terdiri atas berapa larik dan berapa bait?

Puisi “Sajak” termasuk dalam jenis puisi baru, sehingga jumlah baitnya tidak ada aturan khusus seperti halnya puisi lama, yang hanya terdiri dari 4 bait.
Puisi “Sajak’ terdiri atas SATU bait dan EMPAT BELAS larik.

b. Apa arti sajak dalam puisi tersebut? Bagaimana amanat yang ingin disampaikan penyair dalam puisi “Sajak”?

Amanat yang ingin di sampaikan penyair dalam puisi “Sajak” adalah dalam penulisan puisi harus memperhatikan bentuknya dan pilihan kata-katanya, tidak hanya mengutamakan isinya saja. Amanat ini tampak pada larik:

Dalam bentuk, kata nan rancak. Dicari timbang dengan pilihnya

c. Menurut sang penyair, sajak itu harus menggoncang hati nurani pembacanya. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Jelaskan alasan-alasannya!

Saya setuju dengan pendapat sang penyair. Karena sajak tidak hanya merupakan ungkapan hati seorang penyairnya saja, tetapi juga pembaca dapat merasakan ungkapan tersebut dengan pilihan kata-kata sang penyair yang menyentuh perasaan pembacanya.

d. Bagaimana penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam puisinya itu? Jelaskan secara naratif!

Penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam puisi itu menitikberatkan tentang cara menulis sajak yang baik dan benar, dan tidak hanya mengungkapkan perasaan saja.

  • ‘Dalam bentuk, kata nan rancak’ di sini adalah penyusunan puisi tidak asal mengambil pilihan kata.
  • ‘Rasa bujangga waktu menyusun, Kata yang datang berduyun-duyun’ di di sini adalah dalam menyusun akan banyak sekali kata yang ingin digunakan. Penyair harus dapat memilih kata yang tepat agar kata-kata tersebut dapat
  • ‘Harus bergoncang hati nurani’ yang dapat membawa pembaca ke makna yang disampaikan oleh penyair.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 4.5 Jelaskan tema dari puisi “Hujan Bulan Juni” dan “Gadis Peminta-minta”? Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu? Halaman 112-113 Bab 4 (Indahnya Berpuisi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 4.5 Jelaskan tema dari puisi “Hujan Bulan Juni” dan “Gadis Peminta-minta”? Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu? Halaman 112-113 Bab 4 (Indahnya Berpuisi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/jelaskan-tema-dari-puisi-hujan-bulan-juni-dan-gadis-peminta-minta-apakah-maksud-penyair-penyair-dengan-masing-masing-puisinya-itu/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!