Breaking News

Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial

Questions and Answer Keys for PPKN Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test Chapter 5 Explain Indonesia’s cross position, both from the territorial aspect and aspects of social life Page 172-173 Chapter 5 (Beware of Threats to the Position of the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 5 Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial Halaman 172-173 Bab 5 (Mewaspadai Ancaman Terhadap Kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi Bab 5

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat!

1. Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial!

POSISI SILANG INDONESIA DARI ASPEK KEWILAYAHAN

Ditinjau dari aspek kewilayahan, negara kita terletak di tengah-tengah benua Australia dan Asia, serta diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Hindia. Posisi yang menyilang ini memberikan keuntungan bagi negara kita berupa lokasi yang sangat strategis, baik dalam pergerakan barang maupun manusia.

POSISI SILANG INDONESIA DARI ASPEK KEHIDUPAN SOSIAL

Selain dari aspek kewilayahan, posisi silang Indonesia juga dapat ditinjau dari aspek kehidupan sosial. Berikut beberapa aspek kehidupan sosial Indonesia yang terkait dengan posisi silang negara kita:

  • Penduduk Indonesia berada persis di tengah-tengah antara wilayah terpadat di utara dan terjarang di belahan selatan.
  • Ideologi kita, Pancasila, tidak memihak ideologi manapun atau persis di tengah ideologi komunisme di utara serta liberalisme di selatan.
  • Demokrasi Pancasila yang kita terapkan juga berada di tengah-tengah (tidak memihak) antara demokrasi rakyat absolut dan liberal.
  • Ekonomi Indonesia berada di pertengahan sistem ekonomi kapitalis di selatan dan sosialis di utara.
  • Masyarakat kita berada di tengah-tengah masyarakat individualis di selatan serta sosialis di wilayah utara.
  • Kebudayaan kita persis berada di tengah-tengah (mengalami percampuran) antara budaya barat di selatan dengan timur di utara.
  • Sistem hankan negara kita terdiri dari pertahanan darat (mayoritas) di utara dan maritim (mayoritas) di selatan.

2. Mengapa posisi silang Indonesia bukan hanya merupakan potensi yang harus disyukuri, tetapi juga merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi nasional?

Indonesia terletak pada posisi yang startegis yaitu terletk anatara 2 benua yaitu benua asutralia dan benua asia. Juga terletak antara 2 samudra yaitu samdra fasifik dan hindia. Letak yang staretgis ini yang menjadikan Indonesia ramai menjadi jalur perdagangan. Banyak negara yang singgah ke Indonesia atau transit di Indonesia. Hal ini sedikit banyak mengekspose keberadaan Indonesia yang kaya dengan sumber daya alam, lautannya kaya.

Namun kondisi ini bukan sesuatu yang tanpa dampak negatif, tapi juga tetap harus diimbangi wawasan Nusantara oleh masyarakat Indonesia, untuk mau menjaga integritas negaranya.

Hal ini dikarenakan kondisi Indonesia yang semakin terekspose menjadikan banyak gangguan yang sering datang di Indonesia, contohnya :

  • Banyaknya negara yang mengklaim wilayah Indonesia sebagai wilayahnya, bahkan pulau sipadan dan ligitan telah lepas dari wilayah kekuasaan Indonesia
  • Rawan terjadinya pencurian ikan di wilayah perairan laut Indonesia yang dilakukan oleh para nelayan dari luar negri. Mereka masuk wilayah batas tanpa meminta izin
  • Posisi silang Indonesia menjadikan semakin mudahnya budaya globalisasi masuk, jika bangsa Indonesia kurang memiliki filter, maka pergeseran nilai dapat terjadi. Nilai pancasila dan UUD 1945 dapat tergantingn dengan faham-faham dari luar

3. Jelaskan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini?

  • Terorisme yang mana sekarang sudah berkembang di Irak dan Suriah sehingga kemungkinan adanya ancaman ke Indonesia oleh teroris – teroris tersebut.
  • Perang siber yang ditandai dengan serangan siber Amerika Serikat dan Israel untuk menghentikan program nuklir Iran menjadi tanda bahwa siber dapat menjadi ancaman serius bagi Indonesia.
  • China charm offensive, ekspansi yang dilakukan China baik secara ekonomi dan politik. Bukan tidak mungkin karena China sekarang menjadi negara besar dan mendominasi berbagai bidang di Indonesia khususnya industri dan perdagangan.
  • Laut Indonesia yang menjadi sasaran nelayan asing ilegal yang mengambil ikan semena – mena. Maka dari itu Kementerian Keluatan dan Perikanan melalui Menteri Susi Pudjiastuti melakukan program penenggelaman kapal pencuri ikan untuk memberikan efek jera kepada pencuri ikan di laut Indonesia

4. Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat!

  • Ideologi pancasila mempunyai sifat mengikat

Pancasila mengikat rakyat indonesia untuk dapat bersatu melalui nilai nilai persatuan dan kesatuan tetapi pada pengimplementasianya. Namun, masih terdapat sebagian kecil rakyat tidak mau untuk bersatu dan hanya memilih golonganya sehingga ideologi pancasila belum dikatakan aman dari berbagai ancaman, contoh : kasus Gerakan Aceh Merdeka

  • Masyarakat Indonesia banyak yang mudah terpengaruh radikalisme.

Radikalisme berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Jika masyarakat terpengaruh oleh paham radikalisme, maka akan cenderung ingin menggantikan Pancasila dengan ideologi radikalisme yang ia anut.

  • Di era dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi akan sangat mudah masuknya pengaruh ideologi lain sehingga apabila warga negara tidak mempunyai ketahanan ideologi yang kuat akan sangat mudah dipengaruhi masukanya ideologi lain melalui berbagai faktor seperti gaya hidup glamor dan hedonisme, perilaku individualisme dan sebagainya. Hal ini dapat mengancam nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Idelogi Pancasila mempunyai sifat memaksa rakyat Indonesia untuk bersatu melalui nilai – nilai persatuan dan kesatuan, tetapi pada pengimplementasiannyab sebagian kecil rakyat tidak mau untuk bersatu dan hanya memilih golongannya, sehingga ideologi Pancasila belum bisa dikatakan aman dari berbagai ancaman, seperti adanya Gerakan Aceh Merdeka dan Operasi Papua Merdeka.
  • Karena di seluruh dunia terdapat perbedaan ideologi, sehingga masyarakat dipengaruhi oleh perbedaan yang menjadikannya sebuah acaman. Pancasila bersifat memaksa masyarakat untuk tetap bersatu, namun masih banyak masyarakat yang menolak untuk tetap bersatu, hal tersebut tentunya akan menjadi ancaman yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia.
  • Karena Indonesia dibentuk dari kemajemukan rakyatnya, sehingga masyarakat Indonesia rentan terhadap ancaman dari pihak-pihak tertentu yang menginginkan adanya disintegrasi di Indonesia. Selain itu para provokator juga menyusupkan isu-isu yang bersifat fanatisme agama, maka dari itu ideologi pancasila tetap masih belum bisa aman, karena banyak faktor yang dapat menyebabkan berbagai ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Cobalah perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan kamu lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu?

Hal pertama yang akan saya lakukan secara pribadi adalah, melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib atau pihak yang mampu melerai tawuran yang terjadi, karena secara umum tawuran yang terjadi belakang ini kebanyakan dilakukan oleh para remaja yang ambisi dalam melakukan perkelahian ini masih menggebu-gebu. Dan perasaan saya sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi disekolah atau dikampung saya adalah SANGAT MEMPERIHATINKAN, kenapa? Karna sudah seharusnya kewajiban para Generasi Muda adalah untuk terus menuntut ilmu setinggi-tingginya bukan justru melakukan tawuran antar sekolah yang tentunya tidak membuahkan hasil sama sekali, dan hanya membuat kedua orang tuanya sedih jika melihat anak-anaknya bukannya belajar untuk masa depannya tetapi malah pulang kerumah dengan keadaan yang memperihatinkan bahkan ada juga akibat tawuran tersebut banyak anak remaja yang meninggal dengan keadaan tidak wajar (mati konyol).

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 5 Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial Halaman 172-173 Bab 5 (Mewaspadai Ancaman Terhadap Kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 5 Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial Halaman 172-173 Bab 5 (Mewaspadai Ancaman Terhadap Kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah)

Kunci Jawaban] Kelompokkan energi ke dalam kelompok sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!