Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia

Questions and Answer Keys for PPKN Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Competency Test 4 Explain the causes of ethnic and cultural diversity in Indonesia Page 133 Chapter 4 (Diversity of Tribes, Religions, Races, and Intergroups in the Frame of Bhinneka Tunggal Ika) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi 4 Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia Halaman 133 Bab 4 (Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Uji Kompetensi 4

Uji Kompetensi 4.1

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia!

Penyebab keberagaman suku karena ras, lingkungan geografik, latar belakang sejarah. Selain itu karena perkembangan daerah, perbedaan agama atau kepercayaan dan kemampuan adaptasi. Indonesia memiliki keragaman suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah

Faktor lingkungan geografik seperti bentuk kepulauan, bentuk muka bumi, dan rintangan alammenyebabkan penduduk beradaptasi dengan lingkungan baru dan terbentuk suku-suku baru. Suku bangsa ialah kesatuan sosial yang diikat dengan kesatuan budaya, bahasa, dan lokasi tempat tinggal.

2. Jelaskan 3 (tiga) suku bangsa di Indonesia, mengenai :

  1. asal daerah
  2. bahasa yang digunakan
  3. pakaian yang digunakan.
  • Suku Batak

Suku Batak adalah salah satu suku di Indonesia yang dimana berasal dari daerah pronvinsi Sumatera Utara, Indonesia lebih tepatnya sendiri, suku Batak ini berasal dari daerah Pantai Barat dan Pantai Timur. Suku Batak sendiri adalah salah satu dari suku bangsa yang besar di Indonesia. Untuk klasifikasinya sendiri, Suku Batak ini dapat dikategorikan menjadi beberapa bagian yang dapat dianggap sebagai suku batak, yaitu Suku Toba, Suku Karo, Suku Pak Pak, Suku Simalungun, Suku Angkola, dan Suku Mandialing. Suku ini memilik bahasa yang dimana digunakan pada kehidupan sehari-harinya yaitu Bahasa Angkola, Bahasa Mandailing, Bahasa Pak Pak, Bahasa Simalngun, Bahasa Toba, dan Bahasa Toba. Untuk pakaian daerahnya sendiri, suku Batak ini menggunakan pakaian yang disebut dengan pakaian Ulos.

  • Suku Minang

Suku Minang adalah sebuah suku yang berasal dari daerah hampir sebagian dari wilayah daratan Pulau Sumatera, yaitu meliput daerah Provinsi Sumatera Barat, sebagian dari Provinsi Riau, sebagian utara dari Provinsi Bengkulu, sebagian barat dari Provinsi Jambi, Pantai Barat dari Provinsi Sumatera Barat, sebagian barat daya dari Provinsi Aceh, dan daerah Negeri Sembilan di Malaysia. Untuk bahasa yang digunakan oleh suku Minang ini juga ada beberapa yaitu Bahasa Minang, Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Melayu. Kemudian, untuk pakaian adat dari suku Minang tersebut dikenal juga dengan sebutan Bundo Kanduang.

  • Suku Betawi

Suku Betwai adalah orang-orang yang tinggal di daerah Jakarta. Kemudian untuk bahasa yang digunakan adalah Bahasa Betawi dan Bahasa Indonesia.

Untuk pakaian adat sendiri pakaian ini disebut dengan pakaian Baju Ujung Serong.

3. Jelaskan masing-masing 3 (tiga) budaya berikut dan asal daerah :

  1. lagu daerah
  2. tarian daerah
  3. alat musik daerah.

Daerah Pertama: Pulau Bali

  • Lagu daerah yang dimiliki oleh daerah Bali adalah Putri Cening Ayu.
  • Tarian daerah yang ditampilkan didaerah Bali adalah sebuah tarian massal yang kemudian dikenal dengan sebutan tari kecak.
  • Alat musik daerah pada melakukan atraksi tarian, kemudian musik adalah pemberi alunan nada yang kemudian menjadi pemandu bagi penari untuk melakukan sebuah gerakan. Pada daerah Bali ini sendiri alat musik tersebut lebih dikenal dengan sebutan gong.

Daerah Kedua: Provinsi Jawa Barat

  • Lagu daerah yang dimiliki oleh daerah Jawa Barat adalah Bubuy Bulan.
  • Tarian daerah yang ditampilkan didaerah Jawa Barat adalah sebuah tarian massal yang kemudian dikenal dengan sebutan tari jaipong.
  • Alat musik daerah pada melakukan atraksi tarian, kemudian musik adalah pemberi alunan nada yang kemudian menjadi pemandu bagi penari untuk melakukan sebuah gerakan. Pada daerah Provinsi Jawa Barat ini sendiri alat musik tersebut lebih dikenal dengan sebutan angklung.

Daerah Ketiga: Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Lagu daerah yang dimiliki oleh daerah Bali adalah Suwe Ora Jamu.
  • Tarian daerah yang ditampilkan didaerah Bali adalah sebuah tarian massal yang kemudian dikenal dengan sebutan tari langen mandra wanara.
  • Alat musik daerah pada melakukan atraksi tarian, kemudian musik adalah pemberi alunan nada yang kemudian menjadi pemandu bagi penari untuk melakukan sebuah gerakan. Pada daerah Bali ini sendiri alat musik tersebut lebih dikenal dengan sebutan gamelan.

Uji Kompetensi 4.2

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan penyebab keragaman agama di Indonesia!

Penyebab keberagaman agama di Indonesia adalah letak geografis Indonesia di antara dua samudera dan dua benua menjadikan Indonesia sebagai pusat lalu lintas perdagangan internasional.

Akibat dari letak geografis inilah terjadilah persebaran agama dari para pedagang asing yang berdagang dan singgah di Indonesia. Yang pertama kali masuk adalah agama Hindu dan Buddha yang dibawa bangsa India. Kemudian, bangsa Gujarat yang membawa ajaran agama Islam, disusul bangsa Eropa membawa ajaran agama Katolik dan Kristen, dan bangsa Cina membawa ajaran agama Konghucu.

Oleh karena itulah, di Indonesia terdapat enam agama yang diakui negara, yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

2. Jelaskan 3 (tiga) manfaat keberagaman di lingkungan sekolah!

  • Timbulnya rasa Toleransi antar teman yang berbeda ras, suku maupun agama.
  • Memperkuat persatuan dan kesatuan, khususnya di sekolah, akibatnya siswa akan merasa nyaman dalam belajar
  • Timbulnya rasa menghargai, menghormati, dan menjaga satu sama lain antar teman di sekolah
  • Lebih Mudah Dalam Memahami Perbedaan
  • Belajar Bersosialisasi
  • Dapat Mengetahui Bahasa Daerah Lain
  • Dapat mengetahui Sikap dan perilaku dari suatu daerah atau wilayah dengan mudah
  • Dapat mengetahui budaya setiap siswa dan guru secara lebih praktis
  • Selalu mengasah dan melatih kepala dalam berkomunikasi dengan orang yang berbeda agar terjalin pertemanan
  • Mensosialisasikan ciri khas daerah masing-masing dengan mudah
  • Dapat meningkatkan toleransi secara intens

3. Bagaimana upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa?

  • Saling menghormati antar umat beragama dan tidak menambah masalah dalam negeri, dan paling penting Menghargai perbedaan, (Bhinneka Tunngal Ika)
  • Sikap saling menghargai yang dilakukan antara agama dan suku satu dengan yang lainnya.
  • Memiliki sikap saling mengasihi yang dilakukan antara agama dan suku satu dengan yang lainnya.
  • Memiliki sikap sikap saling tolong menolong yang dilakukan antara agama dan suku satu dengan yang lainnya.
  • Memiliki sebuah pola pikir dimana pola pikir tersebut adalah sebuah pola pikir sosial yang tergolong baik dan bagus untuk menjaga keharmonisan yang berada di masyarakat.
  • Melakukan sebuah hubungan mutualisme atau saling membantu antara yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan keuntungan diantara keduanya.
  • Dilarang untuk memiliki sikap yang tidak untuk saling menghancurkan antara ras, agama, dan/atau golongan antara yang satu dengan yang lainnya.
  • Dilarang untuk saling memiliki sikap untuk saling memusuhi antar ras, agama, dan/atau golongan antara yang satu dengan yang lainnya. dan atau;
  • Dilarang untuk saling melakukan pelecehan terhadap sebuah ras, agama, dan/atau golongan dimana hal tersebut akan membuat kehidupan bermasayarakat akan lebih kotor dan tidak sehat dikarenakan terlalu banyak konflik dan akan menyebabkan perpecahan diantara semua.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi 4 Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia Halaman 133 Bab 4 (Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi 4 Jelaskan penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia Halaman 133 Bab 4 (Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!