Breaking News

Jelaskan pengertian puasa

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Morals Grade 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Explain the meaning of fasting Explain the meaning of fasting Page 211 Chapter 11 (Fasting Worship Forms a Person Who is God-fearing) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Jelaskan pengertian puasa Jelaskan pengertian puasa Halaman 211 Bab 11 (Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

B. Kerjakan Soal-Soal berikut ini !

1. Jelaskan pengertian puasa!

Pengertian puasa Ramadhan menurut syariat Islam adalah suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, perbuatan buruk maupun dari yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu.

2. Bagaimana hukum puasa bagi orang yang sudah sangat tua?

  • Jadi, bagi orang yang sudah tua renta baik laki-laki maupun perempuan jika tidak mampu menjalankan puasa, maka diperbolehkan baginya untuk tidak berpuasa. Namun menurut jumhurulama’, bagi orang tua renta tersebut harus mengganti puasanya dengan membayar fidyah yakni memberi makan orang miskin satu mud setiap harinya.
  • Menurut imam Syafi’i dan Ahmad, mereka mewajibkan membayar fidyah dengan cara harus dalam bentuk memberi makan. Sedangkan menurut imam Malik disunahkan dengan cara memberi makan.

3. Tuliskan ayat yang menerangkan tentang kewajiban melaksanakan puasa bagi setiap muslim!

Perintah Puasa terdapat dalam Surat Al-Baqarah ayat 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S.Al-Baqarah : 183)

4. Jelaskan hikmah puasa dalam kehidupan sehari-hari?

  • Meningkatkan iman dan takwa serta mendorong seseorang untuk rajin bersyukur kepada allah Swt. Ini merupakan tujuan utama orang yang berpuasa.
  • Menumbuhkan rasa solidaritas terhadap sesama terutama kasih sayang terhadap fakir miskin.
  • Melatih dan mendidik kesabaran dalam kehidupan sehari-hari karena orang yang berpuasa terdidik menahan kelaparan, kehausan, dan keinginan. Tentulah dengan sabar ia dapat menahan segala kesulitan tersebut.
  • Dapat mengendalikan hawa nafsunya dari makan minum dan segala yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.
  • Mendidik diri sendiri untuk bersifat sidiq karena dengan berpuasa dapat menjaga diri dari sifat pendusta. Sifat ini dapat menghilangkan pahala puasa.
  • Dengan berpuasa kita juga memberikan waktu istirahat bagi organ- organ yang ada di tubuh kita. Sehingga tidak mengherankan bahwa orang yang berpuasa akan menjadi lebih sehat.
  • Melatih untuk Disiplin dengan Waktu
  • Lebih Peduli Terhadap Sesama
  • Menemukan Tujuan Menjalankan Ibadah
  • Berhati-hati Dalam Bertindak
  • Ibadah Juga Dapat Digambarkan Melalui Kegiatan Mulia

5. Jelaskan macam-macam puasa sunnah!

A. Puasa Arafah

Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada hari kesembilan bulan Dzulhijjah bagi mereka yang tidak melaksanakan ibadah haji. Adapun niat dalam melakukan puasa arafah adalah “Nawaitu ashoumul arafah lilyaumil ghoddi lillahi Ta’ala.” artinya “Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala”.

Keutamaan dari Puasa Sunnah Arafah

  • Menghapuskan dosa selama dua tahun yakni satu tahun sebelumnya dan satu tahun ke depan.
  • Dapat membebaskan kita dari siksa api neraka, sebagaimana pernyataan yang dikeluarkan oleh sebagian besar ulama yang menyatakan bahwa Allah memberikan kebebasan dari siksa api neraka di hari arafah bukan hanya bagi jamaah haji yang sedang melaksanakan wukufdi padang Arafah, melainkan juga terhadap kaum muslimin yang sedang tidak berhaji.
  • Dikabulkannya Do’a

B. Puasa di Sembilan Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Di sepuluh hari pertama pada bulan Dzulhijjah, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan seperti berdzikir, istigfar, berdo’a, bersedekah, serta yang paling ditekankan adalah melakukan puasa. Mengapa? Karena Keutamaan Bulan Dzulhijjah di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah sama seperti kita berpuasa selama setahun penuh serta seperti kita mengerjakan sholat setiap malam yang sebanding dengan sholat pada malam Lailatul Qodar.

Keutamaan berpuasa di sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah

  • Diampuni segala dosa-dosanya oleh Allah SWT.
  • Diibaratkan seperti orang yang sedang beribadah dan berpuasa selama satu tahun tanpa melakukan perbuatan maksiat.
  • Do’a-do’anya akan dikabulkan Allah SWT.
  • Segala kesusahan, kemelaratan dan kefakirannya akan dihilangkan oleh Allah SWT dan pada hari Kiamat, mereka akan bersama orang yang baik, mulia dan terhormat.
  • Dapat terhindar dari sifat munafik dan siksa kubur.
  • Mendapatkan Rahmat dan kasih sayang dari Allah SWT dan dibebaskan dari adzab.
  • Akan terhindar dari 30 pintu kemelaratan dan kesukaran serta membuka 30 pintu kemudahan dan kesenangan.
  • Mendapatkan pahala yang tak terhingga jumlahnya.
  • Akan diampuni dosa-dosanya setahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

C. Puasa Tasu’a

Puasa Tasu’a adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada tanggal 9 Muharam. Puasa ini dilakukan untuk mengiringi puasa yang dilakukan pada keesokan harinya yaitu di tanggal 10 Muharram. Kenapa harus begitu? Karena dihari yang sama yaitu tanggal 10 Muharram orang-orang Yahudi juga melakukan puasa

Jadi melakukan puasa ditanggal 9 Muharram untuk mengiringi puasa keesokan harinya akan dapat membedakan dengan puasa yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.

D. Puasa Asyura (10 Muharram)

Ini adalah puasa sunnah yang dilakukan pada keesokan hari setelah melakukan puasa sunnah Tasu’a. Imam As-Syafii dan pengikut madzhabnya, imam Ahmad, Ishaq bin Rahuyah, dan ulama lainnya mengatakan bahwa dianjurkan menjalankan puasa di hari kesembilan dan kesepuluh bulan Muharram secara berurutan.

Dari penjelasan di atas jelas sudah bahwa puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram adalah puasa sunnah yang terbaik dan terutama setelah menjalankan Puasa Ramadhan, dan keutamaannya adalah Allah akan mengampuni semua dosa setahun yang lalu. Yang dimaksud dengan semua dosa di sini adalah dosa-dosa yang kecil, sedangkan dosa-dosa besar tidak akan diampuni oleh Allah kecuali dengan taubat dan rahmat dari Allah.

E. Puasa Syawal

Puasa syawal merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada enam hari di bulan syawal yang merupakan sunnah Nabi Muhammad Sholallahu alaihi Wassalam. Adapun untuk pelaksanaannya bisa dilakukan secara berurutan maupun secara terpisah.

F. Puasa Senin – Kamis

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang paling sering dikerjakan oleh Rasulullah sholallahu Alaihi Wassalam.

Mengapa Puasa Sunnah senin kamis sangat dianjurkan oleh Baginda Rasul? Keutamaan Puasa Senin Kamis ada di dalam sebuah Hadist yang disampaikan Abu Hurrairah.

G. Puasa Daud

Puasa daud adalah puasa sunnah yang dilakukan secara selang-seling, yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka (tidak berpuasa). Adapun niat dalam menjalankan puasa sunnah Daud adalah “Nawaitu shauma daawuda sunnatal lillahi ta’aala.” Yang artinya “Saya niat puasa Daud, sunnah karena Allah ta’ala.”

Keutamaan Puasa Daud

  • Senantiasa terpelihara dari perbuatan-perbuatan maksiat.
  • Dapat menumbuhkan Akhlak yang baik dan budi pekerti luhur
  • Dapat menerima segala pemberian dari Allah dengan lapang hati
  • Dikaruniai pemikiran yang senantiasa positif, kreatif, dan inovatif
  • Dikaruniai sifat Istiqomah atau dapat menahan emosi
  • Senantiasa mendapatkan ketentraman jiwa
  • Terlihat lebih berwibawa
  • Menjadi pintu datangnya rejeki
  • Dijadikan sebagai hamba Allah yang selalu bersyukur
  • Dikaruniai Rumah Tangga dan Keluarga Harmonis

H. Puasa 3 Hari pada Pertengahan Bulan

Puasa ini dikenal dengan sebutan puasa Ayyamul Bidh, dimana pelaksanaanya adalah di 3 hari setiap pertengahan bulan, yaitu tanggal 13,14, dan

Keutamaan Menjalan Puasa Sunnah ini adalah:

  • Dapat mengendalikan hawa nafsu
  • Agar anggota tubuh kita bisa beristirahat setiap bulannya
  • Dapat menghidupkan sunnah Nabi

I. Puasa di Bulan-bulan Haram (Asyhurul Hurum)

Ini merupakan puasa sunnah yang dilakukan di bulan-bulan haram, yaitu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rajab. Mengapa demikian? karena bulan bulan tersebut dimaksudkan untuk melepas sesuatu yang haram (meninggalkan sesuatu perbuatan yang haram) dan mengamalkan puasa dan ibadah-ibadah lain pada bulan-bulan tersebut.

J. Puasa bagi Pemuda yang Belum Menikah

Ini merupakan puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap pemuda yang belum menikah sebagai pengingat diri, terutama bagi pemuda yang memiliki syahwat tinggi. Puasa ini bisa dilakukan kapan saja kecuali pada hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Adapun faedah yang bisa didapatkan dengan menjalankan puasa ini adalah dapat menjadi perisai bagi mereka yang belum menikah dari godaan syahwat yang sangat kuat.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Jelaskan pengertian puasa Jelaskan pengertian puasa Halaman 211 Bab 11 (Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Jelaskan pengertian puasa Jelaskan pengertian puasa Halaman 211 Bab 11 (Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!