Jelaskan pengertian perdagangan internasional

  • 9 min read
  • Jan 07, 2021

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revision 2018 Test Explain the meaning of international trade Page 196 Chapter 3 (Inter-Spatial Dependence and Its Effect on Community Welfare) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Jelaskan pengertian perdagangan internasional Halaman 196 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

B. Essai

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Jelaskan pengertian perdagangan internasional!

Perdagangan Internasional adalah suatu interaksi antar negara dalam bentuk jual-beli barang maupun jasa atas dasar kesepakatan bersama. Kerjasama internasional di bidang perdagangan bukanlah hal yang baru saja dimulai, namun sudah ada sejak abad pertengahan.

Perdagangan bisa diartikan sebagai proses tukar-menukar yang terjadi atas dasar kesepakatan bersama dari pihak yang terlibat di dalamnya. Negara-negara di dunia belum mampu memproduksi semua barang dan kebutuhan sendiri, mereka harus menerima bantuan dari negara lain.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian perdagangan internasional adalah kegiatan jual-beli yang dilakukan satu negara dengan negara lain, dimana hal ini terjadi sebagai akibat keterbatasan sumber daya yang ada negara tersebut. Perdagangan antar negara memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan suatu negara yang tidak dapat diproduksi di negara tersebut, entah itu karena adanya keterbatasan sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, ataupun skill.

2. Jelaskan manfaat dari perdagangan internasional!

  • Dapat memperoleh barang atau jasa yang tidak bisa dihasilkan sendiri karena adanya perbedaan sumber daya alam, kemampuan sumber daya manusia, teknologi dan lainnya.
  • Dapat memperluas pasar untuk tujuan menambah keuntungan dari spesialisasi
  • Memungkinkan transfer teknologi modern untuk memahami teknik produksi yang lebih efisien dan modern dalam hal manajemen.
  • Dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi sebuah negara
  • Menambah devisa negara dari hasil ekspor
  • Perdagangan internasional dapat membuka lapangan pekerjaan di sebuah negara
  • Menjalin persahabatan dengan negara lain
  • Meningkatkan penyebaran sumber daya alam sebuah negara

3. Jelaskan perbedaan antara proteksi dan kuota impor!

A. Proteksi

Jika dikaitkan dengan aktivitas ekonomi perdagangan, proteksi adalah perlindungan ekonomi dan produsen dalam negeri dari persaingan barang impor, dengan cara membatasi atau melarang impor barang produksi dari luar negeri.  Proteksi merupakan salah satu cara pemerintah dalam negeri untuk melindungi pasar dalam negeri dari serangan produk-produk negara lain.

Para produsen seringkali dibuat kewalahan dengan datangnya produk-produk dari luar negeri. Hasil produksinya mereka bertumpuk karena terdapat produk serupa yang membanjiri pasar. Akibatnya, neraca perdagangan perusahaan menjadi terganggu, perputaran modal melambat. Keuangan perusahaan tidak mampu menutupi biaya produksi.

Olehnya itu, suatu negara memberlakukan kebijakan proteksi yang dilakukan dengan dua cara, yaitu tarif dan non tarif.

  • Proteksi dengan tarif, yaitu membebankan bea impor atau pajak terhadap produk dari luar negeri. Efek dari kebijakan ini adalah produk impor berkurang karena harga produk impor naik. Produk yang terkena kebijakan ini harganya menjadi lebih mahal dibandingkan produk dalam negeri. Dengan begitu, produk dalam negeri dapat bersaing karena harganya lebih murah.
  • Proteksi non tarif, yaitu kebijakan pembatasan impor yang tidak dilakukan dengan pemberian bea atau pajak tambahan, tetapi meningkatkan standar kualitas produk. Tujuannya adalah agar produk-produk dengan harga murah tetapi berkualitas rendah tidak membanjiri pasar.

B. Kuota Impor

Kuota impor adalah kebijakan pembatasan produk impor dengan cara menetapkan jumlah tertentu terhadap produk yang akan masuk ke dalam negeri. Dengan cara ini jumlah produk asing yang beredar di dalam negeri bisa di atur supaya jumlahnya tidak lebih banyak dari produksi dalam negeri. Produsen dalam negeri akan terlindungi, hasil produksinya tetap bisa menguasai pasar.

Contohnya, kuota impor beras. Pemerintah mengeluarkan izin kepada para perusahaan impor untuk mendatangkan beras dari luar negeri, tetapi jumlahnya dibatasi oleh pemerintah.

C. Perbedaan antara Proteksi dan Kuota Impor

Jadi, jika terdapat pertanyaan “Jelaskan perbedaan antara proteksi dan kuota impor?” Maka, jawabannya secara singkat adalah : Perbedaan antara proteksi dan kuota impor terletak pada cara melakukan pembatasan produk impor. Di mana, proteksi membatasi dengan cara memberlakukan tarif dan non tarif, sedangkan kuota membatasi dengan cara menetapkan jumlah tertentu dari produk impor yang boleh masuk.

4. Bagaimana manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia?

A. Menjalin persahabatan antarnegara.

B. Memperoleh barang-barang yang tidak diproduksi di dalam negeri.

C. Transfer teknologi modern.

D. Menambah devisa negara dari ekspor.

E. Membuka lapangan kerja baru

F. Mempercepat pertumbuhan ekonomi.

G. Memperluas pasar dan menambah keuntungan

Dengan pasar yang lebih luas, pembeli juga bertambah banyak, yang diikuti dengan peningkatan keuntungan. Terkadang, pengusaha juga khawatir dengan kelebihan produksi yang menyebabkan harga produk turun. Dengan perdagangan internasional, pengusaha dapat memaksimalkan mesin-mesin produksi. Nantinya, kelebihan produksi dapat dijual ke luar negeri.

H. Memperoleh bahan baku

Ada sejumlah bahan baku produksi yang tidak diproduksi di Indonesia padahal mungkin sangat dibutuhkan produsen. Atau, mungkin bahan baku yang dibutuhkan lebih murah jika dibeli dari luar negeri. Produsen dalam negeri dapat memperoleh bahan baku tersebut dari luar negeri. Dengan demikian, impor yang dilakukan dimaksudkan untuk memberi nilai tambah barang produksi dalam negeri.

I. Menghemat biaya produksi

Karena produk juga dijual di luar negeri, pasar pun lebih luas dan pendapatan lebih banyak. Dengan produksi skala besar untuk pasar domestik maupun internasional, biaya produksi yang harus dikeluarkan bisa lebih hemat.

J. Mendorong efisiensi produksi

Dengan adanya perdagangan antarnegara, produsen bisa meniru metode produksi dari luar negeri yang lebih baik untuk menekan biaya produksi. Jika produkmu bisa dijual lebih murah dengan kualitas sama, siapa yang akan menolak? Dengan demikian, produsen bisa lebih kompetitif di pasar dengan harga produk yang bersaing.

K. Turut meningkatkan kemakmuran negara

Jika perdagangan internasional bermanfaat untuk mengembangkan perekonomian negara, kamu sebagai pebisnis juga jadi salah satu pihak yang berperan. Peningkatan devisa dari kegiatan ekspor akan membawa kemajuan pada perekonomian negara.

L. Meningkatkan kualitas produk

Dengan terlibat dalam perdagangan internasional, pebisnis dapat melihat produk-produk serupa yang dihasilkannya di negara lain. Pebisnis bisa memperoleh inspirasi untuk meningkatkan kualitas produknya agar mampu bersaing bahkan melebihi kualitas produk sejenis.

5. Jelaskan pengertian ekonomi kreatif!

Secara umum, pengertian ekonomi kreatif adalah suatu konsep perekonomian di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengedepankan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang paling utama

Menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif adalah konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan pada aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Dengan kata lain, konsep creative economy lebih mengedepankan kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi.

6. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengembagkan ekonomi kreatif?

Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan ekonomi kreatif adalah dengan mendukung industri kreatif, melakukan sanksi tegas terhadap pembajakan, dan juga memberikan wadah bagi industri kreatif untuk memasarkan produknya serta mengurangi pajak dan memberikan kebebasan berkreasi.

  • Mengupayakan Insentif Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Pemerintah harus mengupayakan insentif bagi para pelaku ekonomi kreatif. Tujuannya adalah agar mereka dapat melakukan pengembangan berdasarkan konsep yang telah dibuat sebelumnya. Insentif tersebut dapat berbentuk kemudahan memperoleh dana pengembangan, pemberian akses kepada fasilitas pemasaran dan promosi, serta kemudahan mendapatkan informasi mengenai trend yang berlaku di dalam dan luar negeri.

  • Menyiapkan Roadmap Ekonomi Kreatif

Telah menjadi tugas pemerintah untuk menyiapkan sebuah roadmap untuk pengembangan ekonomi kreatif. Penyusunan program secara komprehensi sangat diperlukan untuk menggerakkan ekonomi kreatif ke arah pengembangan. Dengan begitu, sumber daya manusia, desain, mutu, dan pasar seluruhnya bisa terbangun untuk menggerakkan roda ekonomi kreatif. Salah satu caranya adalah melalui pendidikan ekonomi kreatif.

  • Mengadakan Pelatihan Ekonomi Kreatif

Upaya lain yang penting dilakukan untuk mengembangkan ekonomi kreatif adalah mengadakan pelatihan-pelatihan seputar ekonomi kreatif. Hal ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif supaya bisa mengembangkan idenya. Hasilnya adalah lulusan-lulusan yang mempu menjadi ujung tombak pengembangan ekonomi kreatif.

  • Memberikan Perlindungan Hukum Bagi Produk Ekonomi Kreatif

Oleh karena ekonomi kreatif sangat bergantung kepada kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia, maka produknya sangat rawan terkena pembajakan. Maka dari itu, pemerintah perlu untuk memberikan perlindungan hukum maksimal kepada semua produk yang dihasilkan oleh pelaku ekonomi kreatif. Contohnya adalah pemberian pengakuan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI).

  • Menyiapkan Investor untuk Pengembangan

Bagaimanapun juga, investor sangat diperlukan untuk pengembangan suatu bidang usaha. Sektor ekonomi kreatif dapat berkembang dengan cepat apabila terdapat investor yang siap mengeluarkan dananya untuk pengembangan usaha. Pemerintah dapat memperkenalkan sektor-sektor ekonomi kreatif melalui promosi intensif supaya dapat menarik perhatian investor.

  • Membentuk Indonesia Creative Council yang menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku industri kreatif.

Kementerian  Perdagangan  melakukan  upaya  pengembangan  ekonomi kreatif untuk mewujudkan strategi pemerintah dengan langkah sebagai berikut:

  • Pengembangan Database ekonomi kreatif Indonesia yang didukung dengan teknologi informasi .

Updating dan pengembangan database dan portal Indonesia Kreatif serta informasi yang diperlukan berkenaan dengan perkembangan ekonomi kreatif Indonesia diperlukan untuk pemetaan dan penyajian semua informasi yang terkait dengan pelaku usaha ekonomi kreatif.

Sistem informasi dan database yang berbasis multi media ini nantinya akan saling terterintegrasi melalui media internet. Sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, maupun kecepatan dan ketepatan bagi pengguna dalam mengakses informasi dalam menjawab kebutuhan pelaku ekonomi kreatif akan informasi yang diinginkan.

  • Peningkatan penggunaan teknologi melalui program kemitraan

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian pelaku ekspor atau calon pelaku ekspor ekonomi kreatif yang ditekankan pada penerapan teknologi sehingga mampu menghasilkan produk berdaya saing tinggi yang dapat dilakukan bekerjasama dengan institusi tertentu. Bentuk kegiatan berupa : Capacity building melalui pelatihan di dalam dan luar negeri, Training of trainer (ToT), dan Fasilitasi infrastruktur kerja kepada beberapa peserta training terbaik.

  •  Pekan produk kreatif Indonesia ( PPKI)

PPKI terdiri atas tiga kegiatan pokok yang diselenggarakan secara paralel yakni pameran, konvensi dan gelar seni budaya. Kegiatan dapat berupa seminar, talk show, dialog dubes, pelatihan, klinik konsultasi, anjungan pembiayaan, maupun kegiatan lainnya.

  • Festival Ekonomi Kreatif

Dalam  kegiatan  ini  Kementrain  perdagangan  bertindak  sebagai Co   sponsor   penyelenggaraan   Festival   Ekonomi   Kreatif   dengan misi ‘Mempromosikan Ekonomi Kreatif Indonesia’ dalam upaya meningkatkan citra dan identitas bangsa Indonesia dalam kerangka Nation Branding. Festival Ekre DN (JavaJazz, Jakarta Food and Fashion  Festival)  dan  Festival  Ekre  LN  (Festival Animasi-Kartun Internasional, Seoul; Ottawa International Animation Festival)

  •  Wahana kreatif

Sarana memperkenalkan dan mempromosikan produk kreatif, sebagai upaya menampilkan karya dan budaya bangsa Indonesia melalui wahana kreatif  kepada  pengunjung asing dan  dipajang di  bandara Internasional dan tempat tujuan wisata. Kegiatan ini diharapkan dapat membangun citra Indonesia dan mempromosikan Indonesia sebagai salah satu negara pemasok produk kreatif berkualitas dunia.

  •  Peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran

Peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran perlu dilakukan karena banyak potensi ekonomi kreatif yang berkualitas baik di dalam maupun luar negeri. Bentuk kegiatan berupa : pemasaran melalui gerai atau outlet, distributor, agen dan promotor terkenal, promosi (pameran dan penerimaan misi pembelian) dan branding

  • Riset ekonomi kreatif dan fasilitas pemberian insentif yang mendukung inovasi

Riset ekonomi kreatif dan fasilitas pemberian insentif yang mendukung Inovasi ini bertujuan untuk merangsang terciptanya instrument, formulasi ilmiah, metodologi baru dan inovasi dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui kegiatan riset dan pemberian insentif.

Fasilitasi  kegiatan  yang  mendorong  lahirnya  insan  kreatif  dan entrepreneur kretaif baru :

  •  Kegiatan Fasilitasi kegiatan yang mendorong lahirnya insan kreatif dan entrepreneur kreatif

Baru untuk merangsang terciptanya insan kreatif dan enterpreneur baru di Indonesia. Bentuk kegiatannya berupa kontes/perlombaan ekonomi kreatif di dalam negeri yang kemudian dilanjutkan dengan pengiriman kontestan terpilih dalam perlombaan ekonomi kreatif skala Internasional, training maupun promosi.

  •  Pencipataan indentitas lokal daerah tingkat I dan II serta indentitas nasional

Penciptaan identitas produk maupun ekonomi kreatif lokal maupun nasional   untuk   memperkenalkan   produk   dan   ekonomi   kreatif dimaksud kepada dunia luar. Penciptaan identitas ini dimaksudkan untuk membangun image lokal atau nasional dan dapat berfungsi sebagai branding. Kegiatan juga mendorong agar produk dimaksud didaftarkan dalam HKI. Bentuk kegiatan berupa identifikasi potensi produk dan ekonomi kreatif daerah, fasilitasi sertifikasi produk dan ekonomi kreatif daerah

7. Jelaskan perkembangan ekonomi kreatif di daerah kalian!

Perkembangan ekonomi kreatif di daerah yaitu cukup berkembang salah satunya masyarakat membuat kerajinan berupa dompet dari kain perca.

8. Berikan contoh keunggulan ekonomi yang ada di daerahmu!

Pusat keunggulan ekonomi adalah suatu sistem ekonomi dimana pemerintah ikut andi dan berpengaruh dalam mengendalikan kegiatan perekonomian. Indonesia adalah suatu negara yang cukup luas dimana disetiap wilayah memiliki keunggulan masing-masing, seperti :

  • Wilayah Sumatera : Sentra produksi dan pengolahan hasil bumi dan lumbung energy nasional
  • Wilayah Jawa : pendorong industri dan jasa nasional
  • Wilayah Bali : pintu gerbang pariwisata dan pendukung pangan nasional
  • Wilayah Kalimantan : pusat produksi dan pengolahan hasil tambang dan lumbung energy nasional
  • Wilayah Sulawesi : pusat produksi dan pengolahan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan serta pertambangan nikel nasional.
  • Wilayah Papua Kep. Maluku : pusat pengembangan pangan, perikanan, energy, dan pertambangan nasional.

Dengan adanya pusat keunggulan ekonomi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan cara semakin banyaknya tersedia lapangan pekerjaan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Agara sumber daya manusia yang tersedia dapat bersaing di era globalisasi ini.

9. Apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi?

Berikut ini adalah beberapa upaya yang harus dilakukan oleh suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi :

  • Meningkatkan Kualitas SDM

Peningkatan kualitas dan kuantitas SDM sangat berpengaruh pada kondisi pembangunan ekonomi suatu negara. Dengan meningkatkan mutu atau kualitas SDM suatu negara, meningkat pula pola ekonominya. Apalagi, dalam persaingan bisnis yang terjadi pada era globalisasi saat ini, menuntut kualitas sumber daya manusia yang baik. Pendidikan dan pelatihan bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas SDM.

  • Meningkatkan Jumlah Entrepreneur

Tidak bisa disangkal, aktivitas entrepreneurial mempengaruhi ekonomi dengan membangun dasar ekonomi suatu negara. Sehingga, ketahanan ekonomi suatu negara menjadi semakin kuat apabila jumlah pengusaha yang dimiliki tambah banyak. Ekonomi yang kuat akan menciptakan keunggulan ekonomi suatu negara.

  • Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Keunggulan ekonomi suatu negara dapat dicapai dengan cara menciptakan lapangan kerja baru yang dapat menampung banyak tenaga kerja. Pengangguran akan berkurang, selanjutnya akan membantu pemerintah meningkatkan penerimaan negara melalui berbagai pajak. Lapangan kerja baru dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga ekonomi suatu negara menjadi lebih unggul.

  • Meningkatkan Investasi

Sektor lain yang harus digenjot untuk menciptakan keunggulan ekonomi suatu negara adalah investasi. Semakin besar investasi suatu negara, akan semakin besar pula tingkat pertumbuhan ekonomi yang bisa dicapai. Upaya untuk mendorong investasi dilakukan dengan peningkatan harmonisasi kebijakan dan penyederhanaan prosedur perijinan investasi, peningkatan fasilitas investasi serta adanya stabilitas keamanan dan politik.

  • Menggenjot Nilai Ekspor

Terdapat hubungan antara ekspor dengan peningkatan ekonomi suatu negara. Para ahli sepakat bahwa ekspor merupakan faktor kunci dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Usaha meningkatkan ekspor bisa dilakukan dengan cara memperbanyak jenis barang ekspor dan memperluas pasaran barang ekspor. Aktivitas ekspor akan menambah cadangan devisa suatu negara, sehingga dapat menciptakan keunggulan ekonomi.

  • Perbaikan Infrastruktur

Ekonomi suatu negara bisa disebut unggul apabila memiliki daya saing ekonomi. Daya saing didukung oleh perbaikan di bidang infrastruktur. Lalu lintas barang dan jasa akan semakin lancar apabila didukung infrastruktur yang memadai. Di saat bersamaan, ekonomi juga akan mengalami peningkatan.

10. Jelaskan manfaat dari pusat-pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan kalian!

Manfaat dari pusat-pusat keunggulan ekonomi adalah sebagai salah satu pendorong dalam meningkatnya kesejahteraan hidup di masyarakat, khususnya di sekitarnya.

Alasannya, karena akan terbukanya banyak lapangan pekerjaan di daerah pusat-pusat ekonomi tersebut. Untuk negera sendiri, manfaatnya sebagai penghasil devisa ketika daerah tersebut mampu membuat produk yang bisa di ekspor.

Misalnya saja di provinsi :

  • Sumatera, memiliki sentra produksi dan pengolahan hasil bumi
  • Jawa, memiliki industri dan jasa nasional
  • Bali, memiliki objek pariwisata mendunia dan pendukung pangan nasional
  • Sulawesi, memiliki pusat produksi dan pengolahan hasil pertanian, perkebunan, perikanan, dan pertambangan
  • Kalimantan, memiliki pusat produksi dan pengolahan hasil tambang
  • Papua Kep.Maluku, memiliki pusat pengembangan pangan, energy, perikanan, dan pertambangan nasional.

Manfaat dari pusat-pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan adalah dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Karena dengan adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi dapat membuka lapangan pekerjaan baru selain itu dapat menghasilkan produk-produk yang berjual nilai tinggi dan memiliki kualitas ekspor sehingga dapat meningkatkan devisa negara. Tidak hanya itu, dengan memiliki pusat keunggulan ekonomi diharapkan seluruh kebutuhan hidup rakyat Indonesia dapat  tercukupi.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Jelaskan pengertian perdagangan internasional Halaman 196 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Jelaskan pengertian perdagangan internasional Halaman 196 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

error: Content is protected !!