Breaking News

Jelaskan pengertian makanan yang halal

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Explain the meaning of halal food Page 227 Chapter 12 (Consuming Halal Food and Beverages and Avoiding Haram) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Jelaskan pengertian makanan yang halal Halaman 227 Bab 12 (Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

B. Kerjakan Soal-Soal berikut ini !

1. Jelaskan pengertian makanan yang halal!

Makanan halal diartikan sebagai segala sesuatu makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan diperbolehkan dalam syariat Islam serta makanan tersebut bukanlah makanan haram yang disebutkan oleh Allah dalam Al Quran.

2. Jelaskan pengertian makanan yang haram!

Makanan haram adalah makanan atau suatu benda yang haram dikonsumsi oleh manusia terutama umat islam dan apabila tetap mengkonsumsinya maka ia berdosa.

3. Sebutkan jenis-jenis makanan yang halal!

  • Halal dari segi wujudnya/zatnya makanan itu sendiri, yaitu tidak termasuk makanan yang diharamkan oleh Allah Swt.
  • Halal dari segi cara mendapatkannya
  • Halal dalam proses pengolahannya.

Makanan yang disebut halal oleh Allah dan Rasul-Nya. Hal ini sesuai dengan hadis berikut :

Artinya : “Apa yang dihalalkan oleh Allah dalam Kitab-Nya adalah halal dan apa yang diharamkan Allah di dalam Kitab-Nya adalah haram, dan apa yang didiamkan (tidak diterangkan), maka barang itu termasuk yang dimaafkan”. (H.R. Ibnu Majah dan Tirmizi)

Makanan yang tidak kotor dan tidak menjijikkan. Hal ini sesuai firman Allah dalam Q.S. al-A’rāf/7 ayat 157 :

Artinya : “ …dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka… “ (Q.S. al-A’rāf/7 : 157)

Makanan yang tidak mendatangkan mudarat, tidak membahayakan kesehatan tubuh, tidak merusak akal, serta tidak merusak moral dan Firman-Nya dalam Q.S. al-Baqārah/2 ayat 168 :

Artinya : “Wahai manusia, makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah- langkah setan. Sungguh setan itu musuh yang nyata bagimu.” (Q.S. al- Baqārah/2 : 168)

4. Sebutkan manfaat makanan yang halal!

  • Mendapat ridha Allah Swt. karena telah mentaati perintah-Nya dalam memilih jenis makanan dan minuman yang halal
  • Memiliki akhlakul karimah karena setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi akan berubah menjadi tenaga dan tenaga itu digunakan untuk beraktivitas dan beribadah.
  • Terjaga kesehatannya karena setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi bergizi dan baik bagi kesehatan badan
  • Terhindar Dari Akhlak Mazmumah
  • Menjauhi Sumber Penyakit
  • Mendapatkan Ridha Allah SWT
  • Menjaga Hati dan Akal
  • Menuntun ke Surga
  • Memberikan ketenangan dalam kehidupan dan kegiatan sehari hari
  • Menjaga kesehatan baik jasmani dan rohani
  • Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT
  • Memperoleh iman dan ketaqwaan dari Allah SWT
  • Memperoleh kepribadian jujur dalam hidup dan sikap yang apa adanya
  • Mendapatkan rezeki yang barokah baik dunia dan juga akherat

5. Bagaimana cara menghindari makanan dan minuman yang haram?

  • Ketika kita akan makan di luar rumah kita, pastikan tempat makan, restoran atau rumah makan yang akan kita datangi tersebut dikelola oleh seorang Muslim.
  • Hindari tempat makan yang menyajikan masakan yang secara jelas diragukan kehalalannya, seperti produk babi dan minuman keras. Biasanya ada yang secara terus terang menyebutkan menu babinya, seperti ‘sate babi’ dan ‘babi panggang’ dengan tulisan yang jelas dan mudah dibaca. Ada pula yang masih malu-malu menyebutnya dengan berbagai kode seperti B1 (anjing) dan B2 (babi).
  • Hindari pula makan di rumah makan yang menyajikan masakan halal bercampur dengan masakan haram. Sebab, ada juga rumah makan yang menggunakan peralatan yang sama untuk memasak makanan yang halal dan yang haram.
  • Jika mau lebih berhati-hati lagi, pastikan rumah makan yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dengan memerhatikan ada tidaknya logo Halal MUI yang berwarna hijau, atau logo halal Malaysia, serta nomor registernya. Sebab, rumah makan tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi kehalalan makanan dan minuman yang disajikannya.
  • Tidak ada salahnya bertanya secara sopan dan baik untuk memastikan bahwa rumah makan yang kita datangi tidak menyajikan masakan yang diragukan kehalalannya. Sebagai contoh, kita dapat bertanya “apakah dalam pembuatan masakan di tempat makan ini menggunakan ang ciu?”, jika jawabannya “ya” maka kita katakan “terima kasih, maaf saya tak jadi makan di tempat ini,” lalu kita meninggalkan restoran tersebut.
  • Jika sedang di luar negeri, pastikan bahwa restoran yang kita pilih itu dikelola oleh Muslim. Atau kita pergi mencari warung kebab, dan restoran India atau Pakistan yang menjual makanan halal. Selain itu, bisa juga kita ke supermarket yang ada rak-rak khusus menjual makanan berlabel halal.
  • Selain itu, jika kita hendak membeli suatu produk perhatikan merk dagang dan perusahaan pembuat (pabrik) yang tercantum di kemasan produk. Biasanya ada beberapa perusahaan yang sudah mendapatkan sertifikat halal, tapi pada kemasan produk paling akhir logo halalnya belum dicantumkan.
  • Ketika membeli sebuah produk, yang penting untuk diperhatikan juga yaitu adakah yang merupakan produk turunan hewan yang perlu diwaspadai, biasanya menggunakan istilah-istilah tertentu.
  • Jika kita mau sedikit repot, maka lebih baik membawa bekal makanan atau minuman dari rumah yang dimasak sendiri oleh kita. Ini jelas lebih aman.*
  • Melihat kandungan atau komposisi dari makanan atau minuman itu, mempelajari makanan atau minuman halal dan haram agar tau perbedaannya lalu menghindarkan makanan atau minuman haram. dan berdoa agar tidak dihasut untuk mengonsumsi makanan atau minuman haram

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Jelaskan pengertian makanan yang halal Halaman 227 Bab 12 (Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Jelaskan pengertian makanan yang halal Halaman 227 Bab 12 (Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : (4a + 5b) adalah ….

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!