Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global

Natural Science Questions and Answers for Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Explain the meaning of the greenhouse effect and global warming Pages 81-82 Chapter 4 (Global Warming) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global Halaman 81-82 Bab 4 (Pemanasan Global) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.

1. Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global.

Pengertian Efek Rumah Kaca :

Rumah kaca adalah suatu bangunan yang didesain sedemikian sehingga menyerupai rumah yang dinding, alas, dan atapnya terbuat dari kaca. Dengan adanya rumah kaca ini, diharapkan udara panas bisa terperangkap di dalamnya agar saat musim dingin tiba, para petani bisa tetap bercocok tanam. Lalu, apa hubungan antara rumah kaca dan efek rumah kaca?

Efek rumah kaca dengan pemanasan global memiliki pengertian yang berbeda. Efek rumah kaca adalah peristiwa atau proses terjadinya pemantulan panas sinar matahari yang terjadi di permukaan bumi lalu diserap oleh gas-gas di atmosfer yang menutupi bumi. Sedangkan, pemanasan global merupakan kondisi peningkatan suhu rata-rata bumi yang diakibatkan oleh tingginya kadar gas rumah kaca. Secara singkatnya efek rumah kaca adalah penyebabnya, sementara pemanasan global adalah akibat yang akan timbulkan.  

Pada prinsipnya, efek rumah kaca ini memiliki kesamaan dengan rumah kaca, yaitu terperangkapnya radiasi sinar Matahari di atmosfer Bumi. Gas di atmosfer Bumi yang mampu menahan cahaya Matahari disebut sebagai gas rumah kaca. Salah satu contoh gas rumah kaca adalah CO2 (karbondioksida). Tanpa adanya efek rumah kaca ini,  suhu Bumi hanya -18o C, sehingga seluruh permukaan Bumi akan tertutup oleh es.

Sebenarnya, efek rumah kaca adalah fenomena yang memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan hidup di Bumi. Permasalahannya, jika konsentrasi gas rumah kaca di udara semakin banyak, maka semakin banyak panas yang terperangkap di Bumi. Hal itu menyebabkan suhu Bumi semakin meningkat setiap tahunnya. Jika dibiarkan terus menerus, banyak populasi makhluk hidup yang akan musnah.

Pengertian Pemanasan Global :

Pemanasaan global (global warming) atau sekarang lebih dikenal sebagai perubahan iklim global (climate change) adalah memanasnya iklim bumi secara umum. Memanasnya bumi telah diobservasi peneliti sejak tahun 1950-an dan terus bertambah panas sejak itu. Selain bertambah panas dari tahun ke tahun, di beberapa wilayah di bumi mengalami perubahan cuaca yang ekstrim. Oleh karena itulah fenomena ini disebut juga sebagai perubahan iklim global (climate change).

Pemanasan global (global warming) adalah suatu bentuk ketidakseimbangan ekosistem di bumi akibat terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di bumi.

Global warming merupakan suatu proses yang ditandai dengan naiknya suhu atmosfer , laut, dan daratan.

Sekedar info , Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah melonjak 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) dalam seratus tahun terakhir. Jadi,fix bumi kita sudah makin memanas.

2. Sebutkan gas-gas pemicu terjadinya pemanasan global.

  • Karbon dioksida

Meningkatnya karbon dioksida (CO₂) di atmosfer, sebagai dampak dari efek rumah kaca yang digunakan manusia dalam usaha membudidayakan tanaman, menyebabkan sinar matahari terjebak pada permukaan bumi sehingga meningkatkan temperatur Bumi.

  • Nitrogen oksida

Nitrogen dioksida (NO₂) merupakan ahan sintesis untuk pembuatan asam nitrit yang produksinya sangat diminati sehingga meningkat setiap tahunnya. Gas ini merupakan salah satu bahan pencemar udara.

  • Metana

Metana merupakan gas yang dimanfaatkan sebagai bahan pengganti bahan bakar fosil yang menjadi salah gas yang berperan dalam kerusakan lingkungan.

  • Klorofluorokarbon (CFC)

Klorofluorokarbon (CFC) merupakan bahan yang banyak digunakan pada industri antara lain sebagai refrigeran, propelan, dan pelarut.

  • Belerang dioksida (SO₂)

Belerang dioksida merupakan senyawa kimia yang dihasilkan dari pembakaran batu bara dan minyak bumi yang banyak digunakan sebagai bahan bakar industri dan kendaraan bermotor.

3. Perhatikan pernyataan berikut.

  1. Penggundulan hutan.
  2. Penghematan listrik.
  3. Peternakan.
  4. Pembakaran hutan.
  5. Penggunaan produk elektronik yang ramah lingkungan

Dari pernyataan-pernyataan tersebut, klasifikasikanlah pernyataan yang merupakan penyebab pemanasan global.

a. Penggundulan hutan: hutan berfungsi untuk mengurangi kadar gas karbon dioksida di atmosfer

c. Peternakan: peroses pengolahan makanan untuk ternak menghasilkan emisi gas karbon dioksia yang cukup besar, selain itu alih fungsi lahan untuk peternakan menyebabkan hilangnya lahan hijau.

d. Pembakaran hutan: pembakaran hutan menyumbang emisi gas karbon dioksida yang memperparah terjadinya pemanasan global.

4. Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan AC dan lemari es?

Pemanasan global salah satunya disebabkan oleh gas klorofluorokarbon (CFC). Gas CFC dalam bentuk freon digunakan sebagai gas pendingin pada kulkas dan AC. Gas CFC ini cukup berbahaya bagi bumi. Karena dapat merusak lapisan ozon (O3) bumi yang akan menyebabkan peningkatan suhu di bumi.

AC maupun lemari es tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga dampak negatif pastinya. Perlu kita sadari bahwa perangkat apapun pasti menghaslkan dampak negatif sebagai produk sampingannya. Yang menjadi pertimbangan apakah dampak negatif tersebut bisa ditolerir atau tidak.

Dampak Positif Penggunaan AC dan Lemari Es AC

  • Memberikan rasa sejuk dalam ruangan
  • Menjaga kelembaban ruangan
  • Membersihakan udara dari polusi seperti debu
  • Meningkatkan kualitas istirahat dan tidur
  • Menjaga Keawetan dan Kesegaran Makanan
  • Menyediakan Es Batu
  • Meningkatkan Citarasa Minuman
  • Menyediakan Ruang Penyimpanan Kering
  • Memudahkan Penataan Bahan Makanan
  • Membuat Dapur Lebih Rapi
  • Mengurangi Frekuensi Belanja Dapur

Dampak Negatif Penggunaan AC dan Lemari Es

Baik AC maupun lemari es menggunakan Klorofluorokarbon (CFC) sebagai pendinginnya. Gas CFC dalam bentuk freon inilah yang dianggap berbahaya jika sampai terlepas ke udara.

Polutan CFC yang lepas ke udara akan pada akhirnya akan mencapai lapisan ozon yang berada 15 – 30 km di atas permukaan bumi. CFC ini kemudian akan bereaksi dengan ozon (O3) yang akhirnya akan mengurai dan merusak lapisan ozon. Untuk lebih jelas mengenai CFC bisa lihat di sini.

Lapisan ozon sendiri penting demi kelangsungan hidup umat manusia di bumi karena mampu menyerap 97 – 99% radiasi sinar ultraviolet (UV) frekuensi medium dari matahari. Sinar matahari tidak bisa dipungkiri sangat penting bagi kehidupan, bahkan bisa dibilang sebagai sumber kehidupan di bumi. Hanya saja jika tidak diserap oleh lapisan ozone alias memapar langsung ke permukaan bumi  malah akan berbahaya. Hal itu karena UV dikaitkan dengan pembentukan kanker kulit dan kerusakan genetik. Peningkatan tingkat UV juga mempunyai dampak kurang baik terhadap sistem imunisasi hewan, organisme akuatik dalam rantai makanan, tumbuhan dan tanaman.

5. Jelaskan sistem kerja gas rumah kaca dalam menjaga kestabilan temperatur Bumi.

Lapisan atmosfer bumi kita terdiri atas bermacam-macam gas dengan fungsi yang berbeda-beda. Nah, gas yang menjaga kestabilan suhu permukaan bumi agar tetap hangat disebut dengan istilah gas rumah kaca. Gas rumah kaca antara lain yaitu: karbon dioksida (CO2) , metana (CH4), Nitrogen Oksida (NO) dari pupuk, dan hidrofluorokarbon (HFC).

Gas rumah kaca adalah gas-gas yang ada di atmosfer yang menyebabkan efek rumah kaca. Gas-gas tersebut adalah karbon dioksida (CO2), nitrogen monoksida (NO), sulfur dioksida (SO2), metana dan klorofluorokarbon (CFC).

Sistem Kerja Gas Rumah Kaca

Energi matahari ada yang diserap atau dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah oleh awan dan permukaan bumi. Namun sebagian besar  inframerah yang dipancarkan bumi tertahan oleh awan dan gas-gas rumah kaca, untuk dikembalikan ke permukaan bumi. Efek ini mngekibatkan bumi hangat dan ideal untuk tumbuh dan berkembangnya mahluk hidup.

6. Jelaskan dampak yang akan terjadi apabila tidak terdapat gas rumah kaca di atmosfer Bumi.

Tanpa adanya gas-gas rumah kaca, maka tidak ada yang memerangkap  energi (panas) hasil pemantulan permukaan bumi. Akibatnya suhu bumi akan menjadi sangat dingin dan tidak layak untuk ditempati mabluk hidup. Jika tidak ada efek rumah kaca subu bumi hanya -18 sehingga es akan menutupi seluruh permukaan Bumi.

7. Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer Bumi semakin meningkat.

Efek rumah kaca (greenhouse effect) adalah efek yang disebabkan oleh adanya emisi gas-gas rumah kaca, salah satunya adalah gas CO2. Efek rumah kaca yang berlebihan akan membuat panas matahari tidak leluasa untuk terpantul kembali ke luar angkasa dan malah kembali berbalik arah menuju ke dalam atmosfer Bumi. Panas yang terus menerus terperangkap akan menaikkan suhu rata-rata Bumi yang disebut dengan pemanasan global. Dampak dari pemanasan global :

  • Kekeringan karena suhu udara meningkat.

Jika suhu udara semakin meningkat, maka cadangan air di bawah tanah juga akan sedikit demi sedikit menguap. Hal ini akan membuat tanah menjadi lebih kering. Kondisi tanah yang kering dapat menyebabkan gagal panen.

  • Terjadinya banyak bencana.

Suhu udara yang tidak stabil membuat angin juga berputar dengan suhu antara panas dan dingin, tidak stabilnya angin ini dapat memutar satu sama lainnya membentuk angin topan.

  • Es di kutub akan mencair.

Es adalah air yang membeku. Jika kembali terkena panas, sudah menjadi rahasia umum es akan kembali ke bentuk air.

  • Munculnya berbagai macam penyakit.

Di dalam es yang dingin, bakteri-bakteri akan mengalami proses tidur (tidak beraktivitas), namun jika suhunya perlahan meningkat, suhu akan semakin hangat. Suhu hangat adalah suhu optimal bakteri untuk membelah diri. Hal ini berbahaya, karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

  • Kadar gas rumah kaca yang semakin meningkat dan berlebih mengakibatkan pemanasan global. Pemanasan global adalah proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Pemanasan global disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia. pemanasan global menyebabkan naiknya permukaan air laut, meningkatnya perubahan cuaca yang ekstrem, mempengaruhi hasil pertanian, hilangnya gletser (gumpalan es di atas permukaan tanah di kutub bumi), dan punahnya berbagai jenis hewan.

8. Atmosfer Bumi mempunyai efek yang sama dengan rumah kaca, sehingga muncul istilah efek rumah kaca. Bumi memanas seperti rumah kaca, tetapi tidak benar-benar rumah kaca. Jelaskan perbedaan sistem atmosfer Bumi dengan rumah kaca.

Sistem atmosfer bumi dapat memantulkan panas keluar bumi. Sistem rumah kaca menyebabkan panas terperangkap di bumi. Pemanasan global dapat menyebabkan meningkatkan suhu bumi dan menyebabkan cuaca ekstrem. Selain itu pemanasan global dapat mencairkan es di kutub sehingga ekosistem berubah. Pemanasan global disebabkan karena kadar karbondioksida meningkat.

Atmosfer bumi berfungsi untuk menahan udara agar tak keluar dari bumi dan juga menahan sinar ultra violet yang sangat berbahaya, sedangkan rumah kaca adalah kejadian dimana panas matahari yang akan dipantulkan ke luar bumi dipantulkan kembali kebumi yang menyebabkan suhu bumi semakin panas, rumah kaca terjadi karena gas gas polusi yang terperangkap dibawah atmosfer. undefined

9. Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies? Jelaskan.

Pemanasan global merupakan fenomena naiknya suhu bumi secara global hingga melebihi suhu rata- rata normal. Pemanasan global menyebabkan suhu di muka bumi semkain tinggi sehingga gelombang panas sering terasa dan terjadi perubahan iklim yang ekstrim.

Pemanasan global menyebabkan perubah iklim yang sangat ekstrim. Beberapa spesies yang secara alamiah akan terseleksi ataupun punah dikarenakan perubahan ekosistem yang ekstrim ini. Sebagai contoh, jenis kelamin dari buaya yang menetas ditentukan oleh subu lingkungan, apabila suhu terlalu hangat maka buaya yang akan menetas berjenis kelamin jantan. Pemanasan global mengakibatkan jumlah buaya jantan yang menetas lebih banyak dari buaya betina, hal ini berbahaya bagi kelangsungan buaya.

Pemanasan global menjadi salah satu faktor seleksi alam untuk spesies- spesies di muka bumi. Spesies yang tidak dapat bertahan hidup karena cuaca dan iklim akan mati sehingga lama- lama punah. Selain itu, kepunahan juga terjadi akibat telur-telur calon individu betina gagal menetas karena suhu yang terlalu hangat. Padahal kita tahu, tanpa individu betina, spesies tidak dapat berkembang biak sehingga tidak lestari dan akan punah.

Beberapa gas penahan sinar infra merah di atmosfer bumi disebut sebagai gas rumah kaca karena gas tersebut cara kerjanya mirip rumah kaca yang berfungsi menahan panas matahari di dalamnya agar suhu di dalam rumah kaca tetap hangat.

Gas rumah kaca jumlahnya semakin banyak di atmosfer bumi. Sebagian besar radiasi inframerah yang dipantulkan tertahan oleh gas rumah kaca sehingga panas matahari kembali ke permukaan bumi. Hal ini mengakibatkan suhu di bumi lama- kelamaan menjadi lebih panas dan terjadi pemanasan global.

10. Mengapa penggunaan pupuk kimia dalam pertanian dapat memicu terjadinya pemanasan global? Jelaskan.

Proses pembuatan pupuk kimia menghasilkan emisi gas rumah kaca. Bahkan ketika pupuk kimia digunakan, dihasilkan gas nitrogen dioksida yang sangat berbahaya (bahkan lebih berbahaya dibandingkan gas karbon dioksida)

Pembukaan lahan untuk pertanian, terutama dengan cara dibakar, telah menambah emisi gas karbondioksida ke atmosfer yang ikut memperparah terjadinya pemanasan global.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global Halaman 81-82 Bab 4 (Pemanasan Global)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global Halaman 81-82 Bab 4 (Pemanasan Global). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!