Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test Describe the organs that make up the human respiratory system and their functions Page 78 Chapter 8 (Human Respiratory System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya Halaman 78 Bab 8 (Sistem Pernapasan Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya!

Organ penyusun sistem pernapasan manusia yaitu hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, paru-paru.

2. Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia!

Mekanisme inspirasi pernapasan dada yaitu Otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk terangkat → Tulang dada terangkat → Rongga dada membesar → Paru-paru mengembang → tekanan udara paru-paru menurun → Udara kaya oksigen masuk ke dalam tubuh. Mekanisme ekspirasi pernapasan dada yaitu Otot antar tulang rusuk berelaksasi, tulang rusuk turun → Tulang dada turun ke posisi semula → Rongga dada mengecil → Volume paru-paru berkurang → tekanan udara paru-paru meningkat → udara mengandung karbondioksida terdorong keluar.

3. Sebutkan 4 gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia beserta penyebabnya!

(i) Penyakit influenza adalah virus influenza. (ii) Tonsilitis disebabkan oleh golongan bakteri Streptococcus dan beberapa virus Influenza, Rhenovirus, Adenovirus. (iii) Faringitis disebabkan oleh infeksi virus Rhenovirus, Adenovirus dan bakteri Streptococcus. (iv) Pneumonia disebabkan oleh infeksi pada paru-paru.

4. Jelaskan upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sistem pernapasan kamu tetap sehat!

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit sistem pernapasan yaitu tidak merokok, berolahraga secara teratur, menjaga kebersihan, menjalankan pola hidup sehat dan makan makanan bergizi.

5. Beny adalah anak yang suka menyanyi. Suatu ketika Beny menderita demam dengan gejala pilek dan sakit tenggorokan, sehingga mengganggunya dalam bernyanyi. Struktur apa yang terganggu pada tubuh Beny? Bagaimana demam dapat memengaruhi struktur tersebut?

Struktur yang terganggu seperti yang dialami beny yaitu rongga hidung, laring terutama bagian pita suara. Demam dapat mempengaruhi struktur tersebut dikarenakan adanya inflamasi/ peradangan pada pita suara.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya Halaman 78 Bab 8 (Sistem Pernapasan Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya Halaman 78 Bab 8 (Sistem Pernapasan Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!