Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 Biopore Competency Test can be made in our homes. Explain the benefits of biopores for the environment! Page 247 Chapter 10 (Eco-friendly Technology) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Biopori dapat dibuat di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan! Halaman 247 Bab 10 (Teknologi Ramah Lingkungan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Biopori dapat dibuat di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan!

  • Mencegah banjir

Banjir sendiri telah menjadi bencana yang merugikan bagi warga . Keberadaan lubang biopori dapat menjadi jawaban dari masalah tersebut. Bayangkan bila setiap rumah, kantor atau tiap bangunan di Jakarta memiliki biopori berarti jumlah air yang segera masuk ke tanah tentu banyak pula dan dapat mencegah terjadinya banjir. Berkurangnya ruang terbuka hijau menyebabkan berkurangnya permukaan yang dapat meresapkan air kedalam tanah di kawasan permukiman. Peningkatan jumlah air hujan yang dibuang karena berkurangnya laju peresapan air kedalam tanah akan menyebabkan banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau.

  • Tempat pembuangan sampah organic

Banyaknya sampah yang bertumpuk juga telah menjadi masalah tersendiri di kota Jakarta. Kita dapat pula membantu mengurangi masalah ini dengan memisahkan sampah rumah tangga kita menjadi sampah organik dan non organik. Untuk sampah organik dapat kita buang dalam lubang biopori yang kita buat.

Menyuburkan tanaman Sampah organik yang kita buang di lubang biopori merupakan makanan untuk organisme yang ada dalam tanah. Organisme tersebut dapat membuat sampah menjadi kompos yang merupakan pupuk bagi tanaman di sekitarnya.

  • Meningkatkan kualitas air tanah

Organisme dalam tanah mampu membuat samapah menjadi mineral-mineral yang kemudian dapat larut dalam air. Hasilnya, air tanah menjadi berkualitas karena mengandung mineral.

  • Membantu menyuburkan tanah

Manfaat biopori selanjutnya ialah untuk menyuburkan tanah. Sampah organik yang dimasukkan ke dalam lubang resapan biopori akan mengalami proses biologis yang mengubahnya menjadi pupuk kompos. Dengan adanya pupuk organik ini, Anda tidak perlu menggunakan pupuk anorganik, dan setiap sayur dan buah yang ditanam hasilnya pasti akan lebih berkualitas.

  • Menambah penghijauan

Nah, dengan tanah yang subur, penanaman pohon jadi lebih mudah, dan pohonnya jadi lebih rimbun. Semakin banyak kawasan biopori, semakin banyak pula tanah subur yang dapat dimanfaatkan untuk upaya penghijauan. Kawasan yang hijau akan menghasilkan udara yang lebih segar, produksi oksigen semakin banyak dan lingkungan jadi makin sehat.

  • Menghambat pemanasan global

Semakin sedikit sampah organik yang dibuang ke TPA, semakin sedikit juga produksi gas metana. Kawasan hijau yang semakin banyak juga berarti semakin banyak pohon yang dapat menyerap karbon dioksida. Metana dan karbon dioksida adalah dua gas penyebab efek rumah kaca. Secara tidak langsung manfaat biopori cukup besar dalam pencegahan pemanasan global.

  • Meningkatkan debit air tanah

Terowongan kecil yang dibuat oleh cacing tanah secara langsung akan meningkatkan luas resapan tanah. Hal ini akan membuat kapasitas tanah untuk menampung air menjadi meningkat. Manfaat biopori ini juga mampu meningkatkan luas bidang resapan hingga 40 kali lipat.

  • Mencegah kekeringan

Manfaat biopori selanjutnya adalah mencegah kekeringan. Dengan debit air tanah yang tertampung lebih banyak melalui manfaat biopori di atas, maka pasokan air tanah akan tetap terjaga. Volume air tanah dapat dijaga agar sepadan dengan jumlah konsumsinya, sehingga kekeringan juga dapat dihindari.

  • Mencegah penyebaran penyakit

Sebagai efek lanjutan dari banjir, genangan air akan mengundang penyakit seperti malaria, kaki gajah, atau DBD. Dengan manfaat biopori yang digunakan untuk mengurangi banjir, maka juga mengurangi kemungkinan munculnya penyebab penyakit-penyakit ini.

2. Kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan energi? Berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari!

  • Mematikan Perangkat Elektronik Jika Sudah Tidak Digunakan
  • Mengganti Lampu dengan yang Hemat Energi
  • Menggunakan Air Secukupnya
  • Membuat Rumah dengan Ventilasi dan Penerangan yang Cukup
  • Jangan Mengisi Daya Telepon Genggam Semalaman
  • Mematikan TV Secara Penuh
  • Menggunakan Perangkat Rumah yang Hemat Daya
  • Memasang Timer pada Alat Pendingin Udara
  • Mencabut Penanak Nasi Jika Sudah Tidak Digunakan
  • Membuat Jadwal Mencuci Pakaian Anda Sendiri
  • Mematikan peralatan elektronik seperti televisi,kipas angin bila tdk digunakan
  • Menggunakan sepeda untuk berpergian apabila jaraknya dekat
  • Menggunakan bahan bakar hemat energi seperti panas matahari,biogas untuk menghemat bahan bakar fosil yang telah ada.

3. Sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, menurutmu teknologi manakah yang lebih baik dikembangkan antara teknologi pengolahan minyak bumi atau batu bara dengan teknologi pengubahan energi angin atau air menjadi energi listrik? Jelaskan!

Lebih baik dikembangkan teknologi pengubahan energi angin atau air, karena teknologi ini lebih ramah lingkungan, selain itu cadangan minyak bumi akan semakin habis sehingga di tahun-tahun mendatang kita harus mengembangkan teknologi energi alternatif.

Teknologi pengubahan energi angin atau air menjadi energi listrik lebih baik dibandingkan teknologi pengolahan minyak bumi atau batubara menjadi energi listrik. Hal ini karena energi angin dan air lebih ramah lingkungan, tidak menghasilkan limbah, dan polutan bagi lingkungan. Sehingga tidak merusak ekosistem dan kehidupan yang ada.

Teknologi yang berasal dari minyak bumi saat ini banyak digunakan, namun ada beberapa jenis minyak yang diambil dari makhluk hidup dan dapat diperbarui, teknologi tersebut dinamakan Biofuel. Contohnya:

  • Bioetanol –> Adalah jenis bahan bakar yang berasal dari ethanol yang diperoleh dari bahan alam, seperti jagung dan singkong.
  • Biosolar –> Adalah bahan bakar yang berasal dari minyak yang dihasilkan oleh biji-bijian, contohnya minyak biji jarak.
  • Biogas –> Adalah energi gas yang berasal dari gas hasil fermentasi kotoran hewan. Gas tersebut dipakai sebagai bahan bakar yang dinilai bisa mengurangi penggunaan gas alam.

Sama halnya dengan minyak bumi, batu bara juga merupakan sumber energi yang berasal dari sisa fosil tumbuhan dalam bumi. Jumlahnya terbatas dan tidak dapat diperbarui. Adapun energi alternatif lain yang bisa digunakan menggantikan energi batu bara, yaitu :

  • Geothermal –> Yaitu energi yang dihasilkan oleh bumi, sering kali disebut dengan panas bumi.
  • Surya –> Merupakan energi yang berasal dari matahari yang juga dapat digunakan sebagai energi untuk pembangkit listrik.

4. Bagaimana teknik pemurnian air secara sederhana? Buatlah skema alatnya dan beri penjelasan!

Teknik pemurnian air secara sederhana dapat menggunakan saringan yang berlapis-lapis yang terbuat dari beberapa bahan seperti pasir,kerikil, batu, arang, ijuk atau sabut kelapa, dan dapat juga ditambah de ngan kapas atau kain katun. Air kotor dapat dituangkan ke dalam tabung melalui bagian atas kemudian akan mengalir pada bagian bawah sehingga diperoleh air yang sudah bersih.

Pemurnian air dapat dilakukan dengan membuat alat yang berbentuk tabung yang di dalamnya terdapat lapisan-lapisan bahan seperti pasir, kerikil, batu, arang, ijuk atau sabut kelapa, dan dapat juga ditambah dengan kapas atau kain katun. Pada penjernihan air dilakukan proses penyaringan kotoran padat yang larut dalam air dengan pasir, kerikil, dan ijuk atau sabut kelapa. Air yang tersaring kotorannya akan melewati arang yang dapat mengurangi kumankuman dalam air. Air kotor dapat dituangkan ke dalam tabung melalui bagian atas tabung, selanjutnya air mengalir pada bagian bawah tabung karena adanya gaya gravitasi atau dibantu dengan tekanan dari luar. Selama mengalir ke bagian bawah tabung, air akan mengalami proses penyaringan sehingga pada bagian bawah dapat diperoleh air bersih.space

Teknik pemurnian air sederhana dengan penyaringan bertingkat. Skema alatnya berupa botol (wadah) diisi dengan ijuk, pasir, kerikil dan arang (susunan dari bawah). Air kotor dimasukkan dari atas kemudian air bersih keluar dari mulut botol. Kegiatan tersebut merupakan ilustrasi proses pembentukan air tanah di alam.

5. Jelaskan potensi energi alternatif di Indonesia dan berikan contohnya!

Energi alternatif adalah semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional minyak bumi untuk menghindari dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Potensi energi alternatif di Indonesia sangat tinggi, tetapi masih belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini terjadi karena biaya untuk mengembangkan energi alternatif lebih mahal dibandingkan bahan bakar konvensional. Berikut energi alternatif yang bisa dikembangkan di Indonesia:

  • Panas Bumi (Geotermal): Indonesia merupakan pemilik energi panas bumi terbesar di dunia. Sekitar 40% energi panas bumi terdapat di Indonesia. Tapi karena letak sumber energi ini jauh dari pemukiman dan infrastruktur sehingga sulit dikembangkan.
  • Matahari (Panel Surya): Indonesia merupakan negara khatulistiwa yang diberkahi sinar matahari yang melimpah sehingga cocok untuk mengembangkan panel surya. Tetapi karena biaya panel surya sangat mahal sehingga belum bisa optimal.
  • Ombak (Gelombang Laut): Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang dikelilingi oleh lautan (2/3 dari luas wilayah Indonesia adalah lautan). Salah ssatu sumber energi yang bisa dikembangkan adalah gelombang laut. Tapi energi gelombang laaut ini masih mahal dan terkendala musim.

Potensi energi alternatif yang dapat diterapkan di Indonesia diantaranya adalah dengan memanfaatkan energi matahari, energy listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga air serta pembangkit listrik tenaga nuklir.

Potensi energi alternatif adalah semua energi yang memiliki potensi untuk dapat dimanfaatkan untuk mengganti sumber energi dengan bahan bakar konvensional. Contohnya antara lain:

  • Panas matahari yang dimanfaatkan dalam panel surya,
  • Panas bumi yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik,
  • Angin yang dimanfaatkan sebagai energi terbarukan,
  • Biogas yang dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif biomassa.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Biopori dapat dibuat di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan! Halaman 247 Bab 10 (Teknologi Ramah Lingkungan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Biopori dapat dibuat di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan! Halaman 247 Bab 10 (Teknologi Ramah Lingkungan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!