Breaking News

Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan bangsa Indonesia dalam melengkapi struktur pemerintahan tersebut

Indonesian History Questions and Answer Keys Class 11 2013 Revised Curriculum 2017 TRAINING COMPETENCY TEST Explain the steps taken by the Indonesian people in completing the government structure Page 123 Chapter 6 (Independent Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 LATIH UJI KOMPETENSI Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan bangsa Indonesia dalam melengkapi struktur pemerintahan tersebut Halaman 123 Bab 6 (Indonesia Merdeka) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

LATIH UJI KOMPETENSI

1. Setelah proklamasi kemerdekaan, langkah pertama bangsa Indonesia adalah melengkapi struktur pemerintahan. Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan bangsa Indonesia dalam melengkapi struktur pemerintahan tersebut!

Setelah memproklamasikan kemerdekaan masih banyak PR yang harus dilakukan Indonesia untuk melengkapi struktur pemerintahan. Struktur pemerintahan tersebut harus ada agar Indonesia mendapatkan pengakuan dari bangsa lain.

Karena Syarat kelengkapan menjadi negara pada saat itu belum terpenuhi semua maka Negara Indonesia segera melengkapi syarat berdirinya Negara. Adapu langkah-langkah yang dilakukan bangsa Indonesia dalam melengkapi struktur pemerintahan adalah sebagai berikut; Yang pertama mengesahkan Undang-undang Dasar 1945, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, membentuk Departemen dan Pemerintahan Daerah, membentuk Badan-badan Negara, membentuk Kabinet, membentuk berbagai partai Politik, membentuk Komite van Aksi dan Lahirnya Badan-badan Perjuangan seperti TNI dan Polri.

Langkah yang Dilakukan Indonesia untuk Melengkapi Sistem Pemerintahan

  • Menetapkan Sukarno dan Mohammad Hatta menjadi Presiden dan Wakil Presiden.

Suatu negara harus memiliki pemimpin agar tidak terjadi kekosongan kekuasaan.

  • Meresmikan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Hal pertama yang diresmikan oleh Indonesia adalah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa serta UUD 1945 landasan hukum konstitusional di Indonesia. Kedua untuk ini menjadi unsur utama yang dimiliki setiap negara.

  • Membentuk Kementerian Negara

Indonesia juga membentuk kementrian negara untuk membantu meringankan tugas dari presiden agar tidak terjadi pemusatan kekuasaan.

  • Membentuk Pertahanan dan Keamanan

Pertahanan dan keamanan juga merupakan komponen penting. Saat itu didirikan BKR (Badan Keamanan Rakyat) untuk pertahanan di Indonesia dari KNIL. Kemudian berganti menjadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat) dan TNI (Tentara Nasional Indonesia).

  • Membentuk KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat).

Komite Nasional Indonesia Pusat yaitu sebuah lembaga yang memiliki fungsi serupa DPR. Anggota KNIP sebagian besar berasal dari PPKI kecuali Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.

2. Pada masa awal kemerdekaan, sistem kabinet apa yang berlaku di Indonesia? Jelaskan alasan kamu!

Kabinet presidensial pertama di Indonesia dibentuk oleh Soekarno pada 2 September 1945. Kabinet ini bertanggung jawab secara langsung kepada presiden Soekarno.

Kabinet Presidensial adalah kabinet pertama yang dibentuk di Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Kabinet pertama ini hanya bersifat formal saja dan belum bisa melaksanakan roda pembangunan dan pemerintahan.

Nama kabinet pertama ini yang juga sering dieja Kabinet Presidentiil. Dinamakan demikian karena setelah merdeka, Indonesia menerapkan sistem presidensial di mana presiden berfungsi sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.

3. Pada masa awal kemerdekaan Indonesia belum memiliki anggota legislatif yang dipilih oleh rakyat. Siapa yang melakukan kegiatan legislatif pada masa awal kemerdekaan? Jelaskan peranannya!

Pada tanggal 16 Oktober 1945, diselenggarakan sidang KNIP yang bertempat di Gedung Balai Muslimin Indonesia, Jakarta. Sidang ini dipimpin oleh Kasman Singodimejo. Dalam sidang ini juga diusulkan kepada Presiden agar KNIP diberi hak legislatif selama DPR dan MPR belum terbentuk. Hal ini dirasa penting, karena dalam rangka menegakkan kewibawaan kehidupan kenegaraan. Berdasarkan usul-usul dalam sidang tersebut, maka Wakil Presiden selaku wakil pemerintah, mengeluarkan maklumat yang lazim disebut Maklumat Wakil Presiden No. X yang memutuskan KNIP diserahi tugas legislatif.

Sesuai dengan pasal 4 peraturan peralihan dalam Undang-Undang Dasar 1945, untuk melakukan kegiatan legisslatig pada awal kemerdekaan dibentuklah Komite Nasional Pusat atau KNIP.

Adapun peran KNIP ialah membantu Presiden dalam menjalankan Pemerintahan Indonesia.

Dengan demikian pada awal kemerdekaan yang bertugas melakukan kegiatan legislatif adalah KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 LATIH UJI KOMPETENSI Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan bangsa Indonesia dalam melengkapi struktur pemerintahan tersebut Halaman 123 Bab 6 (Indonesia Merdeka)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 LATIH UJI KOMPETENSI Jelaskan langkah-langkah yang dilakukan bangsa Indonesia dalam melengkapi struktur pemerintahan tersebut Halaman 123 Bab 6 (Indonesia Merdeka). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!