Breaking News

Jelaskan kandungan Q.S. Ar-Rahman/55: 33

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Explain the content of Q.S. Ar-Rahman/55: 33 Page 92 Chapter 6 (With Knowledge Everything Becomes Easier) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Jelaskan kandungan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 Halaman 92 Bab 6 (Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

III. Uraian

Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Jelaskan kandungan Q.S. ar-Rahman/55: 33!

Surat Ar-Rahman ayat 33 memiliki isi kandungan tentang pentingnya ilmu pengetahuan bagi kehidupan umat manusia. Dengan ilmu pengetahuan, manusia dapat mengetahui benda-benda langit. Dengan ilmu pengetahuan, manusia dapat menjelajahi angkasa raya. Dengan ilmu pengetahuan, manusia mampu menembus sekat-sekat yang selama ini belum terkuak.

2. Jelaskan kandungan Q.S. al-Mujadalah/58: 11!

Surat al-Mujadalah ayat 11 menjelaskan keutamaan orang-orang beriman dan berilmu pengetahuan. Ayat ini menegaskan bahwa orang yang beriman dan berilmu pengetahuan akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt.

3. Salinlah hokum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah yang terdapat pada dua ayat tersebut !

Al Syamsiah Q.S Al-Mujadalah ayat 11 :

  • Tidak ada

Al Qamariyah Q.S Al-Mujadalah ayat 11 :

  • Lafadz “Al-majaalisi”
  • Lafadz “Al-‘ilma”

Al Syamsiah Q.S Ar-Rahman ayat 33 :

  • Lafadz “Assamaawaati”

Al Qamariyah Q.S Ar-Rahman ayat 33 :

  • Lafadz “Al-insi”
  • Lafadz “Al-ardhi”

4. Berikan contoh perilaku yang mencerminkan kandungan Q.S. ar-Rahman/55:33!

  • Senang membaca buku buku pengetahuan sebagai bukti cinta ilmu pengetehuan
    Selalu ingin mencari tahu tentang alam semesta, baik di langit maupun di bumi, dengan  terus menelaahnya
  • Selalu menyandarkan ilmu yang dimilikinya kepada Allah SWT.
  • Tidak pernah merasa sombong atas ilmu yang dimiliki.
  • Senantiasa menggali ilmu pengetahuan baik melalui pendidikan formal maupun non-formal.
  • Senantiasa mencari jawaban akan keagungan alam semesta yang telah diciptakan Allah SWT.
  • Gemar mencari ilmu pengetahuan baru sebagai bukti nyata cinta ilmu pengetahuan di dunia dan akhirat.

5. Berikan contoh perilaku yang mencerminkan kandungan Q.S. al-Mujadalah/58: 11!

  • Disiplin atau dapat mematuhi peraturan yg berlaku
    Sopan santun atau beradap
    Belajar agar menjadi manusia yg memiliki wawasan luas atau berilmu
  • Menyeimbangkan ilmu dunia dan ilmu akhirat.
  • Menuntut ilmu tidak hanya ilmu duniawi melainkan juga ilmu akhirat, baik melalui majelis dan sejenisnya.
  • Tidak sombong, taat, dan patuh terhadap setiap perintah yang diberikan oleh guru.
  • Memiliki perasaan selalu butuh terhadap ilmu akhirat dan dunia agar bisa selamat dari kehidupan yang fana ini.
  • Saling bahu-membahu serta memberikan kemudahan terhadap orang lain guna menimba ilmu yang serupa.

6. Mengapa manusia wajib menuntut ilmu?

Setiap manusia baik yang beriman maupun tidak, diwajibkan untuk senantiasa menuntut ilmu dari ia lahir hingga meninggal dunia. Hal ini disebabkan orang yang berilmu akan mendapatkan kebahagiaan dunia maupun akhirat terutama bagi kaum muslimin.

7. Bagaimana cara mencari ilmu supaya berhasil?

  • Menurut Imam Syafi’i, terdapat enam syarat supaya mencari ilmu bisa berhasil yakni : kecerdasan, kemauan atau tekad yang kuat, kesungguhan, bekal yang cukup serta kedekatan dengan guru dalam kurun waktu yang lama.
  • Dengan cara sekolah , mendengarkan penjelasan guru
  • Dengan cara belajar otodidak lewat media internet,tv,majalah-majalah,dan koran
  • Gabung dalam grup pembelajaran

8. Mengapa manusia harus berilmu untuk melangsungkan hidupnya?

Karena ilmu adalah kunci segalanya, kita beribadah harus dengan ilmu, mendapat pekerjaan harus dengan ilmu, kita melakukan apa saja harus dengan ilmu, tanpa ilmu kita tidak dapat berbuat apa-apa dalam hidup ini.

9. Bagaimana caranya agar bisa menembus langit?

Dalam Surat ar-Rahman ayat 33 mengandung makna yang menunjukkan ketidakmampuan mereka (jin dan manusia) untuk melakukan hal tersebut (kalian tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan) dan kalian tidak mempunyai kekuatan itu.

10. Mengapa orang yang berilmu harus pula beriman?

Dalam Surat al-Mujadalah ayat 11 disebutkan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu dan juga beriman. Dengan demikian, kemuliaan di mata Allah bukan untuk mereka yang berilmu tapi tidak beriman. Selain itu, dijelaskan pula bahwa keimanan seseorang tanpa ilmu itu tidaklah kuat, sementara ilmu tanpa iman adalah mereka yang tersesat.

11. Jelaskan perbedaan orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu!

  • Orang berilmu dapat meluruskan aqidahnya, apabila ternyata aqidah bengkok dari tuntunan agama, sedangakan orang tak berilmu tdk dapat meluruskan aqidahnya, karena pada dasarnya dia tidak mengetahui apakah aqidahnya bengkok dari tuntunan atau tidak
  • Orang berilmu dapat mengamalkan ilmunya, baik itu ilmu agama maupun ilmu dunia, sedangkan orang tak berilmu tidak dapat mengamalkan karena memang tidak ada yang dapat diamalkannya
  • Orang berilmu, tindakannya selalu difikirkan terlebih dahulu untung ruginya, manfaat dan mudhorotnya baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain juga untuk alam sekitar, orang tak berilmu hanya ototnya yang diandalkannya, tanpa berpikir apakah itu akan membawa mudhorot bagi lingkungan atau tidak
  • Orang berilmu dapat memberi manfaat bagi diri sendiri, orang lain juga bagi lingkungan sekitar, sedangkan orang tak berilmu jangankan memberi manfaat buat orang lain untuk dirinya sendiri belom tentu dapat.
  • Orang yang berilmu memiliki pemikiran dan wawasan yang luas, sedangkan orang tidak berilmu sebaliknya.
  • Orang yang berilmu memiliki sikap tenang, toleransi tingi, serta lebih mudah mendapat hidayah. Sedangkan orang yang tidak berilmu memiliki sikap tergesa-gesa, intoleran, serta mudah menolak hidayah.
  • Orang berilmu memiliki sikap rasional, percaya diri, serta idealis. Sedangkan orang tak berilmu memiliki sikap emosional, sering minder, serta materialis.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Jelaskan kandungan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 Halaman 92 Bab 6 (Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Jelaskan kandungan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 Halaman 92 Bab 6 (Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi yang paling panjang menjadi 9 cm, maka panjang sisi terpendek menjadi ….

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!