Jelaskan cara melakukan gerakan guling depan

Diposting pada 2 views

Questions and Answer Keys for Class 9 Physical Education 2013 Revised 2018 Curriculum Explain how to do the forward roll movement Page 156-157 Chapter 6 (Gymnastic Activities) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jelaskan cara melakukan gerakan guling depan Halaman 156-157 Bab 6 (Aktivitas Senam) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat. Tugas ini dikerjakan di rumah dan dikerjakan pada buku tugas.

1. Jelaskan cara melakukan gerakan guling depan.

  • Mula-mula, lakukanlah sikap jongkok dengan kedua kaki rapat lalu letakkan lutut di dada dan kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm.
  • Bengkokkan kedua tangan lalu letakkan Pundak pada matras dengan menundukkan kepala hingga dagu sampai ke dada.
  • Lanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan, Ketika panggul menyentuh matras peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

2. Jelaskan yang dimaksud dengan guling belakang.

Guling ke belakang adalah gerakan yang dimana posisi badan berguling ke arah belakang badan melalui bagian belakang badan dengan posisi badan tetap harus membulat, yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan sampai dagu melekat di dada.

3. Jelaskan cara melakukan gerakan guling belakang.

  • Sikap awal dalam posisi jongkok, kedua tangan di depan dan kaki sedikit rapat.
  • Kepala ditundukkan kemudian kaki menolak ke belakang.
  • Pada saat pinggul mengenai matras, kedua tangan segera dilipat ke samping telinga dan telapak tangan menghadap ke bagian atas untuk siap menolak.
  • Kaki segera diayunkan ke belakang melewati kepala dengan dibantu oleh kedua tangan menolak kuat dan kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat di atas matras ke sikap jongkok.

4. Jelaskan cara melakukan gerakan guling lenting.

  • Berdiri kaki rapat, letakkan kedua tangan menumpu di atas matras bahu di depan dengan ujung kaki sejauh kurang lebih 60 Cm.
  • Bengkokkan kedua tangan, letakkan tengkuk (Leher bagian belakang) pada matras lalu lentingkan tungkai ke atas dengan membentuk sudut 60bersamaan dengan tolakan tangan yang kuat.
  • Kemudian, kaki mendarat dengan posisi pinggang melenting ke belakang dan panggul di dorong ke depan, kepala melipat ke belakang dan lengan lurus ke atas, dengan pandangan ke depan atas.

5. Jelaskan cara melakukan gerakan lenting tangan.

  • Sikap awal yang dilakukan pada gerakan lenting tangan adalah berdiri.
  • Lalu, lakukan awalan 3 langkah sampai 5 langkah dan tumpukkan telapak tangan ke lantai sambal jongkok.
  • Untuk gerakannya, setelah kedua telapak tangan bertumpu, angkat kedua tungkai ke atas dan teruskan ke depan sambil memasukkan kepala di antara kedua tangan.
  • Ketika tungkai melenting ke depan dan telapak kaki akan mendarat. Tolakkan kedua telapak tangan pada lantai dengan kuat sampai lepas dari lantai.
  • Setelah itu, dorongkan ke atas depan sehingga kaki bertumpu di lantai. Lalu, bersikap jongkok dan lengan lurus ke depan.
  • Sikap akhir dari gerakan ini, yaitu berdiri jongkok dengan kedua lengan lurus ke depan, dan kemudian berdiri ke sikap awal.

6. Jelaskan cara melakukan gerakan meroda.

  • Awali gerakan dengan berdiri tegak dan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan di rentangkan lurus ke atas membentuk huruf “V” serta pandangan lurus ke arah depan.
  • Arahkan tubuh ke arah samping kanan atau kiri dan satu tangan menyentuh matras atau lantai dengan diikuti tangan yang lainnya sehingga posisi kedua tangan digunakan sebuah tumpuan tubuh dengan posisi terbalik. Pada tahap ini, kaki juga akan mengikuti gerakan dan diangkat ke atas serta dibuka lebar.
  • Selesaikan gerakan dengan meletakkan kaki kanan di samping kaki kiri dan kedua tangan diangkat lurus ke atas sampai badan berada dalam posisi tegak lurus, seperti posisi awal gerakan.

7. Jelaskan cara melakukan rangkaian gerakan guling belakang dan guling lenting.

Cara melakukan gerakan guling belakang, yaitu dengan cara sebagai berikut :

  • Sikap awal jongkok, kedua tangan di bengkokkan dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas di samping telinga dan dagu dikenakan ke dada, dan badan dibulatkan.
  • Gulingkan badan ke belakang, dimulai dari tumit, lalu lurus menyusur ke pinggul, pinggang, punggung, dan Pundak. Ketika Pundak menyentuh pada matras, tolak kedua kaki sehingga badan mengguling.
  • Doronglah badan oleh kedua tangan yang berada di samping telinga sehingga Kembali ke sikap jongkok.

Dan setelah melakukan guling belakang, anda dapat langsung berdiri dan melanjutkan melakukan gerakan guling lenting. Cara melakukannya adalah sebagai berikut :

  • Berdiri dengan salah satu kaki di depan dan kedua lengan di angkat ke atas.
  • Tempatkan kedua tangan sebagai tumpuan untuk melakukan gulingan ke depan.
  • Setelah gerakan gulingan dimulai, kedua kaki lurus dan rapat. Posisikan kedua tungkai lurus ke belakang dekat dengan kepala, dan siku dibengkokkan, serta telapak tangan bertumpu pada matras di samping telinga.
  • Lakukan guling ke depan. Pada saat tungkai telah melewati kepala tolakkan tungkai ke atas depan dan mendorong kedua tangan sehingga badan melayang seperti membuat busur.
  • Lakukan pendaratan dengan kedua kaki rapat dan pinggul di dorong ke depan, kemudian diikuti dengan gerakan badan mengikuti arah rotasi gerakan.

8. Jelaskan unsur-unsur apa saja yang harus dimiliki oleh pesenam/siswa agar dapat melakukan rangkaian senam lantai dengan baik.

  • Unsur Keindahan

Keindahan ditumbuhkan dengan cara membuat beragam variasi gerakan yang digunakan dari disiplin tari serta akrobat.

Contohnya dengan berbagai gestur dalam tari balet dan juga gerakan-gerakan kecil yang mengandung unsur tari.

  • Unsur Kekuatan

Kekuatan tentu saja akan menjadi unsur terpenting dalam senam lantai. Sebab beberapa gerakan yang ekstrim hanya dapat dilakukan apabila sang atlet mau dan juga melebarkan jangkauan energi tubuhnya. Melalui latihan-latihan dasar senam lantai.

  • Unsur Keberanian

Senam lantai dan senam artistik lainnya akan memerlukan keberanian tersendiri untuk melakukannya.

Sebab dalam olah raga ini sang atlet dituntut agar dapat mengalahkan rasa takutnya sendiri. Sehingga ia mampu dan berani melakukan gerakan ekstrim. Serta tetap bisa menjaga keseimbangan, keluwesan dan juga keindahan geraknya.

  • Unsur Kelenturan

Tubuh yang lentur mempunyai  flesibilitas tinggi untuk melakukan berbagai jenis gerakan sulit, contohnya kayang, salto, meroda, roll dan lain sebagainya.

Kelenturan juga menjadi hal yang penting guna menciptakan gerakan-gerakan yang estetis.

  • Unsur Keluwesan

Keluwesan gerak pada waktu melakukan performativitas tubuh akan menandakan ketekunan dan juga kedalaman latihan yang telah dilakukan oleh sang atlet.

Dalam sekali penampilan, seringkali sang atlet telah melakukan gerakan tersebut berulangkali supaya pada saat melakukannya lagi, ia tidak lagi canggung dan juga bingung.

  • Unsur Keseimbangan

Tanpa keseimbangan yang baik, rasanya akan sangat mustahil bagi sang atlet untuk dapat melakukan performa terbaiknya. Alih-alih ia akan jatuh duluan sebelum melompat jika keseimbangan sang atlet tidak dapat dikelola dengan baik.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jelaskan cara melakukan gerakan guling depan Halaman 156-157 Bab 6 (Aktivitas Senam)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Penjaskes Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Jelaskan cara melakukan gerakan guling depan Halaman 156-157 Bab 6 (Aktivitas Senam). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *