Jelaskan cara-cara mensyukuri nikmat anggota badan! Seperti mata, telinga, mulut, hidung, tangan, kaki, dan kemaluan!

Questions and Answer Keys Islamic Religious Education and Character Class 12 2013 Revision 2018 Curriculum Student Activities Explain ways to be grateful for the blessings of the limbs Page 95 Chapter 5 (Worshiping Allah swt. as an Expression of Gratitude) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Siswa Jelaskan cara-cara mensyukuri nikmat anggota badan Halaman 95 Bab 5 (Menyembah Allah Swt. sebagai Ungkapan Rasa Syukur) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas Siswa

Jelaskan cara-cara mensyukuri nikmat anggota badan! Seperti mata, telinga, mulut, hidung, tangan, kaki, dan kemaluan!

Allah SWT telah memberikan kita banyak kenikmatan. Maka wajib hukumnya untuk bersyukur atas segala kenikmatan yang ada. Kenikmatan tersebut contohnya adalah mata, telinga, hidung, kaki, tangan dan kemaluan.

Cara-cara mensyukuri nikmat anggota badan seperti mata, telinga, mulut, hidung, tangan dan kaki adalah sebagai berikut:

  1. Mata

Mata merupakan anggota tubuh yang dianugerahkan Allah SWT kepada makhluknya untuk melihat indahnya semesta ciptaan-Nya. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak bersyukur atas nikmat yang satu ini. Kerap kali mereka menggunakan mata untuk melihat keburukan.

Padahal sebenarnya, kita harus menggunakan nikmat yang satu ini untuk melihat kebaikan. Lalu bagaimana cara bersyukur dengan mata? Menurut Uddatush Shabirin Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah yang mengutip pendapat Abu Hazim.

Datanglah seseorang yang bertanya kepada Abu Hazim, “Apakah syukur dari kedua mata?”

“Apabila engkau melihat kebaikan,” jawab Abu Hazim, “engkau menceritakannya. Dan jika menyaksikan keburukan, engkau menutupinya.”

  1. Telinga

Telinga menjadi bagian tubuh yang juga sangat penting fungsinya yakni untuk mendengar. Namun apakah yang harus kita lakukan untuk bersyukur atas nikmat telinga yang telah diberikan oleh Allah SWT ini?

Sang penanya melanjutkan soalannya, “Apakah syukur dari kedua telinga?”

“Jika kebaikan yang kaudengar,” tutur Abu Hazim, “maka engkau memperlihatkannya.” Kemudian saat yang didengar adalah keburukan, bentuk syukurnya adalah, “Engkau menolaknya.”

  1. Tangan

Selain kedua mata dan kedua telinga, kedua tangan juga memiliki kewajiban untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT. Bentuk syukur yang bisa dilakukan sebagaimana jawaban yang diberikan oleh Abu Hazim kepada penanya tersebut, “Jangan memungut sesuatu yang bukan hakmu, dan jangan halangi Hak Allah Ta’ala pada keduanya (kedua tangan).”

  1. Perut

Perut ternyata bisa menjadi sumber dosa serta penyakit bagi manusia apabila tidak diatur dengan baik. banyak orang yang mengonsumsi makanan dari harta hasil kemaksiatan. Tentu saja hal yang demikian bukanlah bentuk syukur atas nikmat perut yang telah Allah limpahkan. Adapun cara bersyukurnya adalah dengan mengisi makanan di bagian bawahnya dan ilmu di bagian atasnya.

  1. Kemaluan

Parameter syukur dari bagian tubuh lainnya adalah kemaluannya. Disaat Abu Hazim ditanya terkait sykur dari alat kelamin ini, beliau membaca surat al-Mukminun [23] ayat 5-7:

“Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa. Barang siapa mencari yang di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.”

  1. Kaki

Bagian tubuh yang terakhir menjadi parameter syukur manusia adalah kaki mereka. “Lalu,” pungkas orang itu menyampaikan pertanyaan, “apa syukur dari kedua kaki?”

Syukur dari kedua kaki, menurut Abu Hazim, “Jika mengetahui amal shaleh orang yang sudah mati, kemudian seseorang merasa iri dan menandinginya; maka ia menirunya, dan kedua kakinya digunakan untuk melakukan amal itu.”

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Siswa Jelaskan cara-cara mensyukuri nikmat anggota badan Halaman 95 Bab 5 (Menyembah Allah Swt. sebagai Ungkapan Rasa Syukur)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Siswa Jelaskan cara-cara mensyukuri nikmat anggota badan Halaman 95 Bab 5 (Menyembah Allah Swt. sebagai Ungkapan Rasa Syukur). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!