Jelaskan bagaimana peranan Sriwijaya dan Majapahit dalam proses integrasi antarpulau pada masa Hindu-Buddha!

Indonesian History Questions and Answer Keys Class 10 2013 Revised 2017 Curriculum Competency Test Explain how the role of Srivijaya and Majapahit in the inter-island integration process during the Hindu-Buddhist period Page 156 Chapter 2 (Traders, Rulers and Poets in the Classical Period (Hindu-Buddhist)) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Jelaskan bagaimana peranan Sriwijaya dan Majapahit dalam proses integrasi antarpulau pada masa Hindu-Buddha Halaman 156 Bab 2 (Pedagang, Penguasa dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu-Buddha)) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~ 

Uji Kompetensi

1. Jelaskan bagaimana peranan Sriwijaya dan Majapahit dalam proses integrasi antarpulau pada masa Hindu-Buddha!

Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajan maritim yang hebat menguasai jalur-jalur perdagangan dan pelabuhan. Dengan penguasaan jalur-jalur perdagangan, banyak negara yang takluk di bawah pemerintahan Sriwijaya, dalam mempertahankan kekuasaanya. Sriwijaya dapat menjangkau wilayah-wilayah antar pulau dengan penguasaan jalur perdagangan yang mereka kuasai, selain itu adanya diplomasi menciptkan integraasi antar pulau menjadi lebih erat.

Peranan Sriwijaya dan Majapahit dalam proses integrasi antar pulau pada masa Hindu Budha yaitu kerajaan Majapahit dan kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan besar, sehingga kemampuan kerajaan-kerajaan tersebut secara tidak langsung mampu menguasai daerah-daerah sekitarnya, sehingga secara tidak langsung integrasi antar pulau tersebut terjadi.

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan besar, wilayah kekuasaannya saat itu sampai ke Thailand hingga Kamboja. Sedangkan Kerajaan Majapajit merupakan kerajaan yang besar di pulau jawa, Karena Indonesia merupakan negara kepulauan dan selat Malaka merupakan jalur perdagangan internasional, maka lambat laun integrasi antar pulau terlaksana.

Begitu pula dengan Kerajaan Majapahit yang memppunyai kemampuan dalam mengawasi wilayah-wilayah kekuasaannya, dimana Majapahit berada di pualu Jawa yang merupakan wilayah yang cukup strategis dalam jalur perdagangan. Sehingga membuat integrasi antar pulau menjadi dapat terlaksana dengan mudah.

Dengan demikian, Kerjaan Sriwijaya dan Majapahit dapat menciptakan integrasi antar pulau karena kemampuannya dalam mengontrol wilayah-wilayah yang berada di bawah kekuasaanya melalui penguasaan jalur perdagangan dan diplomasi politik.

2. Buatlah peta jaringan perdagangan pada masa Sriwijaya dan masa Majapahit!

3. Komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada di Kepulauan Indonesia? Bandingkan dengan perdagangan saat ini, komoditas apakah yang diminati dalam perdagangan internasional?

Komoditas rempah-rempah seperti kayu manis, cengkih, dan pala sangat menarik perhatian kaum pedagang. Selain itu barang komoditas yang bernilai tinggi seperti logam mulia, perhiasan, berbagai barang pecah belah, serta bahan baku kerajinan juga turut menjadi faktor yang menarik kaum pedagang datang ke Indonesia. Namun ada dua komoditas penting yang menjadi primadona yang membuat pedagang Cina dan India datang ke indonesia yaitu gaharu dan kapur barus sebagai bahan pewangi. Pada saat ini, komoditas yang diminati dalam perdagangan internasional sangat beragam. Karena kemajuan zaman serta berkembangnya teknologi dan meningkatnya kebutuhan masyarakat dunia membuat komoditas perdagangan saat ini sangat banyak. Mulai dari minyak bumi dan aneka barang tambang, produk makanan minuman, hasil pertanian, produk elektronik maupun otomotif, hingga pakaian dan produk kreatif. Semuanya diminati dalam perdagangan internasional.

Dengan demikian, komoditas rempah-rempah sangat menarik perhatian kaum pedagang.

4. Carilah pelabuhan yang terdekat dengan kota yang ada di sekitar daerah tempat tinggalmu. Bagaimanakah menurut pendapatmu tentang pelabuhan itu?

Pelabuhan tanjung priuk merupakan salah satu pelabuhan terbesar yang ada di pulau jawa. Banyak kegiatan yg terjadi di pelabuhan ini, salah satunya kegiatan ekspor dan impor yang terjadi. Selain itu juga ada kegiatan yang digunakan untuk transportasi dari satu pulau ke pulau lainnya. Namun, pelabuhan ini masih harus banyak diperbaiki sarana dan prasarana penunjangnya.

5. Pada pembahasan ini kita telah membahas tentang peran laut pada masa Hindu-Buddha. Apa pendapatmu tentang peran laut pada saat ini bagi negara Indonesia? Buatlah dalam bentuk esai sekitar 3-4 halaman!

Peranan Laut Sebagai Pengontrol Iklim Bumi

Laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol iklim di Bumi. Karena laut memindahkan panas dari daerah ekuator menuju ke kutub. Tanpa peranan laut, maka hampir keseluruhan planet Bumi akan menjadi terlalu dingin bagi manusia untuk hidup.

Lebih dari 70% bagian dari planet Bumi ditutupi oleh air (dimana sebagian besarnya adalah lautan). Air laut bergerak secara terus-menerus mengelilingi Bumi dalam suatu sabuk aliran yang sangat besar (global conveyor belt). Air laut bergerak dari permukaan ke dalam samudera dan kembali lagi ke permukaan. Angin, salinitas dan temperatur air laut mengontrol sabuk aliran global ini. Sabuk aliran inilah yang berperan memindahkan energi panas yang dipancarkan oleh Matahari ke Bumi. Pergerakan air laut mengelilingi Bumi dalam suatu sabuk aliran global memerlukan waktu sekitar 1000 tahun.

Laut juga berperan menangkap karbon dioksida (CO2) dari atmosfer dalam jumlah yang sangat besar. Sekitar seperempat CO2 yang dihasilkan oleh manusia dari hasil pembakaran bahan bakar fosil diserap dan disimpan di laut. Di beberapa bagian laut, CO2 dapat tersimpan hingga berabad-abad lamanya dan berperan sangat besar dalam mengurangi pemanasan global.

Perbedaan sifat fisik laut dan daratan juga dapat menimbulkan gerakan udara (angin). Bersama-sama angin uap air laut terbawa dan dapat menyejukkan atau memanaskan tempat yang dilalui serta dapat menyebabkan turunnya hujan.

Peran Laut Sebagai Sumber Pangan (Pertanian dan Perikanan)

Di lautan akan berkembang banyak flora dan fauna yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Laut Indonesia berfungsi sebagai sumber pangan terutama protein hewani dalam bentuk ikan dan hasil laut lainnya. Bangsa Indonesia mampu mengekspor ikan dan hasil-hasil laut lainnya ke mancanegara. Indonesia juga berhasil dalam mengembangkan usaha perikanan, baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun untuk tujuan ekspor.

Di dalam laut terdapat berbagai jenis ikan yang jumlah sangat banyak. Secara geografis perairan yang kaya berbagai jenis ikan antara lain tepian Laut Cina Selatan, tepian Samudra Pasifik, dan tepian samudra Hindia. Di Indonesia, laut yang kaya akan ikan antara lain Laut Natuna, Laut Sulawesi sampai Papua, laut di sebelah barat Pulau Sumatra sampai sebelah selatan Nusa Tenggara Timur. Dari laut seorang nelayan dapat memperoleh penghidupan hanya dari menangkap ikan, tidak perlu mereka membuat kolam untuk beternak ikan. Cukup bermodalkan pancing, jala dan kapal maka kegiatan berekonomi dapat dijalankan.

Di bidang pertanian laut memiliki perananmisalnya budidaya rumput laut. Manfaat dari rumput laut di antaranya, sebagai bahan pembuat agar-agar dan bahan dasar kosmetika.Tumbuhan seperti rumput laut dapat dijadikan sumber energi bagi manusia. Rumput laut saat ini banyak digemari oleh masyarakat. Rumput laut dapat dijadikan pelengkap dalam es, makanan ringan, ataupun sebagai agar-agar. Selain rumput laut masih banyak tumbuhan di lautan yang dapat digali manfaatnya.

Peran Laut Sebagai Sumber Pertambangan

Laut juga termasuk wilayah pertambangan yang sangat potensial bagi bangsa Indonesia. Sumber bahan tambang yang terdapat di laut di antaranya minyak, gas bumi, endapan timah, dan bauksit. Di Indonesia terdapat sekitar 50 cekungan dasar laut yang potensial menghasilkan minyak dan gas bumi. minyak bumi dan gas bumi Indonesia sudah diekspor ke mancanegara.

Selain itu banyak mineral yang dihasilkan dari laut seperti:

  • Fosfat berasal dari tulang-belulang ikan dan kotoran burung pemakan ikan. Fosfat dapat dimanfaatkan sebagai bahan pupuk.
  • Endapan metalik,seperti timah dan bauksit.
  • Garam, kegiatan penambangan garam di Indonesia antara lain di pantai Pulau madura (Sumenep, Kalianget) serta di pantai Pulau Jawa (Rembang).

Peran Laut Sebagai Tempat Olahraga, Sarana Rekreasi dan Pariwisata

Sebagai sebuah negara tropis, panorama laut Indonesia sangat luar biasa indah dan dapat dijadikan pusat wisata bahari sehingga dapat menambah devisa negara. Contohnya saja Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, terumbu-terumbu karang di Lombok dan Taman laut Wakatobi di Sulawesi Tengah.

Pemandangan laut yang indah baik di pantai maupun di dalam laut menarik perhatian, Laut juga merupakan sarana untuk olahraga air seperti menyelam, selancar air, dan berlayar, sehingga menarik minat para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Jelaskan bagaimana peranan Sriwijaya dan Majapahit dalam proses integrasi antarpulau pada masa Hindu-Buddha Halaman 156 Bab 2 (Pedagang, Penguasa dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu-Buddha))”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Jelaskan bagaimana peranan Sriwijaya dan Majapahit dalam proses integrasi antarpulau pada masa Hindu-Buddha Halaman 156 Bab 2 (Pedagang, Penguasa dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu-Buddha)). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!