Breaking News

Jelaskan bagaimana pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI?

Questions and Answers to PPKN Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test 7 Explain how important Archipelago Insights are in the context of the Republic of Indonesia? Page 228 Chapter 7 (Archipelago Insights in the Context of the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 7 Jelaskan bagaimana pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI? Halaman 228 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

UJI KOMPETENSI BAB 7

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.

1. Wawasan Nusantara pada hakikatnya merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Jelaskan bagaimana pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI?

Wawasan nusantara sangat penting untuk diterapkan. Mengapa? Karena dengan berwawasan nusantara, Indonesia dapat terbantu dalam melaksanakan tugasnya. Wawasan nusantara sudah mencakup landasan idiil berupa pancasila dan landasan konstitusional yaitu UUD NRI Tahun 1945. Dengan begitu, wawasan nusantara sudah merupakan intisari dari landasan-landasannya.

2. Wawasan Nusantara sebagai visi bangsa menjadikan bangsa Indonesia adalah bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh pula serta sebagai salah satu konsepsi ketatanegaran Republik Indonesia. Berdasarkan hal tersebut jelaskan kedudukan, fungsi dan tujuan dari konsepsi Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia!

Wawas memiliki pengertian pandangan, nusa memiliki pengertian kepulauan, antara memiliki pengertian diantara berada di dua benua dan dua samudera. Maka dari setiap kata, Wawasan Nusantara bisa disimpulkan bahwa cara pandangan kesatuan kepulauan yang berada diantara dua benua. Wawasan Nusantara secara umum adalah suatu cara pandang, sikap, perilaku bangsa indonesia terhadap daerah ditempatinya atau bentuk geografis, yang berdasarkan dasarnya yaitu Pancasila dan UUD 1945 mengutamakan kesatuan wilayah Indonesia, serta Bhineka Tunggal Ika untuk mencapai tujuan negara bangsa Indonesia. Wawasan Nusantara membuah tumbuh jiwa nasionalisme pada setiap warga Indonesia. 

Kedudukan

  • Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai wawasan nasional yang kebenarannya diyakini oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak muncul penyimpangan dan/atau penyesatan yang menghalangi tercapainya cita-cita serta tujuan nasional.
  • Kedudukan wawasan Nusantara dalam paradigma nasional:
  • Berlandasarkan pada Pancasila sebagai ideologi dan falsafah bangsa dan negara Indonesia
  • Berlandaskan pada UUD 1945 sebagai konstitusi negara
  • Wawasan Nusantara dalam rupa visi nasional
  • Ketahanan nasional sebagia kebijakan dan konsepsi nasional

Fungsi

Wawasan Nusantara berfungsi sebagai rambu-rambu, dorongan, motivasi, dan pedoman bagi seluruh komponen bangsa dalam menentukan prbuatan, tindakan, keputusan, dan kebijaksaan bagi seluruh komponen bangsa, mulai dari penyelenggara negara hingga seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tujuan

Wawasan Nusantara bertujuan mewujudkan rasa cinta tanah air yang tinggi dalam hati seluruh rakyat Indonesia di setiap aspek kehidupan sehingga seluruh rakyat dapat mementingkan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi dan kelompok, tanpa menghilangkan identitas mereka.

3. Ketahanan nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan negara di dalam mendayagunakan secara optimal gatra alamiah. Jelaskan aspek trigatra dalam Wawasan Nusantara!

Letak dan bentuk geografi

Wawasan Nusantara berkaitan erat dengan letak geografis wilayah Indonesia, yang berupa kepulauan. Wilayah Indonesia terdiri dari daratan, laut, serta ruang udara. Wilayah Indonesia yang juga terletak di antara 2 benua dan 2 samudera menjadikan negara kita strategis di tengah lalu lintas perdagangan dunia.

Keadaan dan kemampuan penduduk

Faktor penduduk turut mempengaruhi pelaksanaan wawasan Nusantara. Ada beberapa faktor penting yang harus kita perhatikan terkait keadaan dan kemampuan penduduk dalam pelaksanaan wawasan Nusantara.

a. faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk

  • Kematian
  • Kelahiran
  • Pendatang baru
  • Orang yang meninggalkan wilayah asalnya
  • Pertambahan angkatan kerja
  • Pertambahan tenaga kerja

b. faktor yang mempengaruhi komposisi penduduk

Komposisi penduduk mencakup umur, kelamin, tingkat pendidikan, suku bangsa, agama, dan berbagai aspek lainnya. Lebih lanjut, komposisi penduduk juga dapat dipengaruhi oleh perpindahan penduduk, fertiilitas, serta mortalitas.

c. faktor yang mempengaruhi distribusi penduduk

Dalam pelaksanaan wawasan Nusantara, pemerintah wajib membuat kebijakan yang dapat mengatur penyebaran penduduk agar merata dan aman. Persebaran yang tidak merata dapat berdampak pada meningkatnya masalah sosial dan ancaman terhadap pertahanan serta ketahanan nasional.

Keadaan dan kekayaan alam

Pemanfaatan kekayaan alam turut menjadi aspek penting dalam Pancagatra. Sesuai amanat undang-undang, negara harus menjamin bahwa seluruh penggunaan kekayaan alam dilaksanakan sebesar-besarnya untuk keakmuran rakyat. Selain itu, untuk menjamin pemanfaatan kekayaan alalm ini memberikan manfaat maksimal bagi rakyat, negara juga bertanggung jawab menumbuhkan daya saing dari kekayaan alam yang dimiliki berikut produk turunannya serta kelestarian kekayaan alam tersebut.

4. Ketahanan nasional pada hakikatnya bergantung kepada kemampuan bangsa dan negara di dalam mendayagunakan modal dasar untuk penciptaan kondisi dinamis yang merupakan kekuatan dalam penyelenggaraan kehidupan nasional. Berdasarkan hal tersebut jelaskan aspek pancagatra dalam Wawasan Nusantara!

  • Ideologi

Ideologi adalah aspek pertama yang ada dalam Pancagatra, aspek ini merupakan aturan atau nilai yang dianut oleh suatu negara.

Tujuan adanya ideologi ini adalah untuk mencapai kesetaraan atau kesejahteraan bersama di masa yang akan datang, aspek tersebut sangat penting sehingga ia masuk ke dalam salah satu Aspek-aspek Pancagatra.

  • Politik

Politik merupakan asas, kebijaksanaan, dan haluan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan.

Sistem pemerintahan pastinya tidak lepas dari yang namanya Politik, dimana ia adalah suatu kekuasaan untuk mengambil keputusan tertentu dalam suatu pemerintahan.

Keputusan tersebut diambil sebagai upaya dalam mengatur, menstabilkan, dan menyejahterakan masyarakat yang ada di suatu negara.

  • Ekonomi

Ekonomi merupakan kegiatan seluruh masyarakat dalam mengelola kehidupan ekonomi negara.

Aspek Ekonomi merupakan kekuatan materi untuk mencukupi kebutuhan yang ada, semakin baik kekuatan ekonomi negara maka semakin baik pula kehidupan masyarakatnya.

Hal inilah yang membuat pemerintah sangat memperhatikan aspek yang satu ini.

  • Sosial Budaya

Sosial dan budaya merupakan kondisi budaya bengsa dan negara dalam mengatasai ancaman budaya dari luar.

Indonesia adalah negara yang memiliki Sosial dan budaya yang sangat beragam, hal tersebut perlu dijaga dan dilestarikan di generasi berikutnya.

Tak heran mengingat sosial budaya lokal sudah mulai tergerus dengan sosial budaya asing, aspek ini tentu saja menjadi salah satu aspek kenegaraan yang harus diperhatikan oleh seluruh warga negara.

  • Pertahanan dan Keamanan

Pertahanan dan keamanan merupakan kondisi kehidupan bangsa dan negara dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara dari segala ancaman.

Pertahanan dan keamanan juga termasuk ke dalam aspek Pancagatra, dimana suatu negara yang memiliki pertahanan yang baik akan membuat masyarakatnya bisa hidup makmur.

Bukan hanya pihak keamanan saja, namun masyarakat juga harus ikut berpartisipasi untuk menjaga keamanan suatu negara agar tetap stabil.

5. Implementasi Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh. Jelaskan implementasi Wawasan Nusantara dalam bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM bagi bangsa Indonesia!

Bidang Ideologi : 

Adanya ideologi luar yang ingin menggantikan Pancasila

  • Implementasi : Mengalakkan pendidkan Pancasila

Bidang Politik :

Maraknya korupsi kolusi dan nepotisme

Implementasi :

  • Memberantas korupsi sejak dini
  • Hoaks dalam pemilihan umum
  • Menanamkan pemahaman kritis terhadap Indonesia dan segala narasinya. Baik sejarah maupun Indonesia pada hari ini.
  • Memilihan dalam mengonsumsi berita

Bidang Ekonomi 

Kecenderungan masyarakat membeli barang import

Solusi :

  • Mencintai dan menggunakan produksi dalam negeri
  • Mengedepankan prinsip ekonomi kerakyatan.

Bidang Sosial Budaya

Tergerusnya budaya lokal dengan budaya asing

Implementasi :

  • Melestarikan budaya lokal
  • Menerapkan nilai-nilai kemanusiaan, demokrasi, dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Memahami keberagaman budaya Indonesia yang memiliki spektrum panjang.

Bidang Pertahanan Keamanan

Ancaman militer seperti : Sabotase, Terorisme

Implementasi :

  • Memperkuat pertahanan dan keamanan negara
  • Menjadikan pasukan militer sebagai garda depan pembela rakyat, demi menjaga persatuan bangsa Indonesia
  • Mempertahankan tanah air dari ancaman oligarki maupun kapitalisasi lahan yang dilakukan oleh para pemilik modal baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 7 Jelaskan bagaimana pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI? Halaman 228 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 7 Jelaskan bagaimana pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI? Halaman 228 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!