Breaking News

Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara

PPKN Questions and Answer Keys Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test Chapter 4 Explain the importance of world peace for the progress of a country Page 143 Chapter 4 (The Dynamics of Indonesia’s Role in World Peace) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 4 Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara Halaman 143 Bab 4 (Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi Bab 4

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas, dan akurat!

1. Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara.

  • Menjadikan perdamaian dunia

Perdamaian dunia adalah konsep keadaan ideal kebahagiaan, kebebasan, dan perdamaian di dalam dan di antara semua orang dan bangsa di dunia. Negara-negara dunia sangat membutuhkan perdamaian untuk kelangsungan hidup negaranya.

Hari Perdamaian Internasional, disebut sebagai hari perdamaian dunia, diperingati setiap 21 September. Hari Perdamaian Internasional ini ditetapkan pada tahun 1981 oleh Majelis Umum PBB.

  • Pembentukan hubungan internasional yang baik

Makna penting dari perdamaian dunia untuk kemajuan suatu negara yang paling penting adalah pembentukan hubungan internasional yang baik antar negara. Melalui hubungan internasional tersebut, suatu negara dapat memenuhi kebutuhan mereka di berbagai bidang.

Hubungan internasional yang baik antar negara dapat mendukung stabilitas yang baik. Tanpa hubungan internasional yang baik, suatu negara akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, sosial dan keamanannya.

  • Mendukung pengembangan negara

Pentingnya perdamaian dunia untuk kemajuan suatu negara juga merupakan salah satu persyaratan penting yang harus diimplementasi demi pembangunan negara tersebut.

Tanpa perdamaian dunia, suatu negara tidak akan dapat menerapkan program pengembangannya.

Negara juga akan mengalami kesulitan mewujudkan tujuan utama negaranya. Negara-negara yang ingin berhasil membangun negara mereka, tentu harus berpartisipasi dalam mendukung perdamaian dunia.

  • Membantu menjaga stabilitas politik

Pentingnya perdamaian dunia untuk kemajuan suatu negara juga mempengaruhi kondisi politik. Stabilitas politik akan berdampak pada hubungan negara dan kolaborasi hubungan bilateralnya.

Sebaliknya, negara-negara yang memiliki ketegangan politik, terutama kebijakan luar negeri, akan cenderung memiliki konflik antar negara.

Oleh karena itu, Indonesia dengan jelas menetapkan kebijakan luar negeri bebas-aktif yang merupakan jalan untuk mewujudkan terciptanya perdamaian dunia.

  • Menjaga stabilitas ekonomi

Dengan terjaganya stabilitas yang tercipta dari perdamaian dunia, kegiatan ekonomi dapat dilakukan dengan lebih baik. Dengan begitu, kemajuan ekonomi dapat dicapai negara tersebut.

Setiap negara memiliki sektor ekonomi unggulan. Dengan perdamaian dunia, setiap negara dapat saling mendukung tingkat ekonomi masing-masing. Tanpa perdamaian dunia, suatu negara sulit mewujudkan ekonomi yang stabil.

  • Mendukung keamanan negara

Makna penting dari perdamaian dunia untuk kemajuan suatu negara sangat terkait dengan keamanan negara. Negara tanpa perdamaian akan rentan terhadap perang. Perang itu nyata dan memiliki banyak konsekuensi.

Orang-orang kehilangan harta, keluarga, nyawa, dan semua yang mereka miliki saat itu. Mereka yang selamat, juga harus menjalani hidup dalam ketakutan dan penderitaan karena peperangan yang terjadi. Perasaan sedih dan hancur karena banyak sanak saudara keluarga meninggalkan mereka untuk selamanya. Tanpa kedamaian, negara itu akan terus dihantui oleh perang.

  • Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara yang paling utama adalah terjalinnya hubungan internasional yang baik antarnegara. Melalui hubungan internasional, setiap negara dapat mencukupi kebutuhannya dalam berbagai bidang.
  • Perdamaian dunia akan mendorong terciptanya stabilitas dalam sebuah negara. Dengan adanya stabilitas, para pelaku ekonomi dan segenap komponen bangsa dapat dengan nyaman dan tenang melakukan kegiatan yang pada akhirnya akan berdampak pada kemajuan negara tersebut dalam berbagai sisi.

2. Bagaimana keterlibatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia?

Keterlibatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia diwujudkan dengan mengirimkan pasukan penjaga perdamaian Indonesia dibawah mandat Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Pernyataan sikap Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi: “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Sebagai perwujudan dari komitmen bangsa Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia, Indonesia terlibat dalam berbagai organisasi Internasional. Sebagai buktinya, Indonesia berperan dalam organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), berperan dalam organisasi ASEAN, berperan dalam Gerakan Non-Blok (GNB), dsb.

Indonesia aktif terlibat dalam berbagai upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia. Beberapa upaya yang dilakukan oleh Indonesia antara lain bergabung sebagai anggota PBB, menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, mengirimkan pasukan perdamaian ke daerah konflik, memperjuangkan kemerdekaan Palestina, mengurangi tensi di wilayah Timur Tengah, menawarkan menjadi tempat negosiasi antara Amerika Serikat dan Korea Utara dll.

Oleh karena itu, pemerintah berkewajiban untuk ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Di sini pula terletak dasar fundamental dari pada politik luar negeri Republik Indonesia yang terkenal sebagai politik bebas dan aktif.

3. Mengapa bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia?

Alasan mengapa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia adalah, karena hal tersebut telah menjadi sebuah konsekuensi di dalam cita-cita bangsa Indonesia yang telah tercantum dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi “ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.” Selain itu, hal ini dikarenakan bangsa Indonesia merupakan bagian dari seluruh umat manusia di dunia sehingga sudah seharusnya bangsa Indonesia berada pada barisan terdepan dalam upaya menciptakan perdamaian dunia. 

4. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan intemasional.

Faktor Internal

Yang dimaksud faktor internal sebagai penyebab hubungan internasional adalah terdapat kekhawatiran mengenai kelangsungan hidupnya melalui kudeta ataupun paksaan dari negara lain. Faktor internal meliputi hal-hal seperti:

  • Terdapat kepentingan nasional yang tidak bisa dipenuhi kalau hanya untuk didalam negeri saja, baik itu yang bersifat secara ekonomis, politik, kultural, ataupun keamanan.
  • Keinginan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan nasional.
  • Keinginan untuk dapat menjalin hubungan politik dan mendapatkan dukungan dari negara lain.

Faktor Eksternal

Yang kedua yang menjadi faktor penyebab terjadinya hubungan internasional adalah faktor eksternal. Arti dari faktor eksternal disini adalah ketentuan hukum yang tidak dapat ditolak oleh suatu negara sebab setiap negara butuh bantuan dan kerja sama dari negara lain. Hal-hal yang meliputi dari faktor eksternal adalah:

  • Terdapat perbedaan kemampuan atau skill dalam pemahaman ilmu pengetahuan di berbagai bidang.
  • Terdapat perbedaan keadaan contohnya tenaga kerja, budaya, iklim, sumber daya alam, dan jumlah penduduk yang menyebabkan perbedaan pendapatan negara.
  • Sudah menjadi hukum alam, tidak ada negara yang bisa berdiri sendiri tanpa bantuan negara lain.
  • Menjalin komunikasi baik bisnis atau membantu perdamaian dunia sudah menjadi kewajiban semua negara.

5. Deskripsikan berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain.

Menurut Pasal 1 Angka 1 UU Nomor 37 Tahun 1999 Tentang Hubungan Luar Negeri, Hubungan luar negeri adalah setiap kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional yang dilakukan oleh Pemerintah di tingkat pusat dan daerah, atau lembaga-lembaganya, lembaga negara, badan usaha, organisasi politik, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, atau warga negara Indonesia.

Hubungan luar negeri berupa kerja sama sendiri setidaknya memiliki 3 bentuk, diantaranya kerja sama bilateral, kerja sama regional, dan kerja sama multilateral. Berikut kakak ulas 3 bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia beserta contohnya.

Kerja sama Bilateral.

Kerja sama bilateral merupakan kerja sama yang hanya dilakukan antar 2 negara. Contohnya :

  • Kerja sama Indonesia dengan Brunei Darussalam dalam bidang perdagangan ekspor impor.
  • Kerja sama Indonesia dengan Thailand dalam bidang pengembangan pertanian dan produksi pertanian.
  • Kerja sama Indonesia dengan Amerika serikat dalam bidang politik, pertahanan dan keamanan, perdagangan, investasi, wisata, pembangunan, energi, lingkungan, ketahanan pangan, kemaritiman, pasukan perdamaian, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan dialog antar agama.

Kerja sama Regional.

Kerja sama regional merupakan kerja sama yang terjalin antar negara yang terletak dalam satu wilayah maupun kawasan. Contoh yang dilakukan Indonesia ialah bergabung dan aktif dalam  :

  • ASEAN
  • AFTA
  • APEC
  • MEA
  • ADB
  • OPEC
  • APO
  • SPF

Kerja sama Multilateral.

Merupakan kerja sama yang dapat dilakukan 2 maupun lebih negara tanpa dibatasi kawasan dan wilayah. Contoh yang dilakukan Indonesia ialah bergabung dan aktif dalam :

  • PBB
  • OKI
  • APEC
  • GNB
  • G-20
  • IMF
  • IFC
  • IBRD
  • IDA
  • WTO
  • FAO
  • ILO
  • World Bank
  • UNDP
  • OECD
  • UNIDO
  • MIGA
  • GATT
  • ICSID
  • APO
  • WHO

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 4 Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara Halaman 143 Bab 4 (Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Bab 4 Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara Halaman 143 Bab 4 (Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Tabel berikut menunjukkan kecepatan empat merek printer. Printer manakah yang mencetak paling cepat?

[Kunci Jawaban] Tabel berikut menunjukkan kecepatan empat merek printer. Printer manakah yang mencetak paling cepat? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!