Breaking News

Islam, ballig, berakal sehat adalah beberapa dari

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Morals Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Evaluation of Islamic Multiple Choice, ballig, common sense are some of the pages 62-63 Chapter 4 (Advising each other in Islam) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Islam, ballig, berakal sehat adalah beberapa dari Halaman 62-63 Bab 4 (Saling Menasehati dalam Islam) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Islam, ballig, berakal sehat adalah beberapa dari . . . .

A. syarat khutbah

B. rukun khutbah

C. sunnat khutbah

D. syarat khatib

E. orang beriman

Jawaban :  D. syarat khātib

Penjelasan : 3 hal yang disebutkan diatas adalah beberapa dari syarat menjadi khatib. Syarat menjadi khatib ada 8 perkara yaitu : laki-laki muslim, Baligh, berakal sehat dan memiliki pengetahuan yang luas tentang agama, suci dari hadas dan najis, menutup aurat, berdiri dalam berkhutbah, didengarkan 40 jamaah, bisa membedakn sunnah dan rukun khutbah.

2. Apabila ada orang yang mengatakan, “Saya nanti saja kalau sudah tua baru bertobat dan akan menjalankan ajaran agama secara maksimal. Sekarang saya belum bisa menjaga diri.” Hal yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut, kecuali . . . .

A. membiarkan saja karena itu urusan dia, biar dia sendiri yang menanggungnya

B. membujuknya untuk bertobat sekarang

C. mengingatkan bahwa kematian seseorang tidak ada yang tahu

D. segeralah bertobat sebelum terlambat

E. memberikan tausiah tentang kisah-kisah teladan

Jawaban : A. membiarkan saja karena itu urusan dia, biar dia sendiri yang menanggungnya

Penjelasan : wajib bagi setiap muslim untuk berdakwah dan saling menasehati dalam kebaikan, dengan membiarkan dan mengatakan bahwa itu urusannya, berarti kita telah melalaikan tugas kita untuk menasehati padahal kita mampu. Dan secara tidak lansung bila kita membiarkannya dan dia mati dalam keadana belum bertaubat, maka kita harus bertanggung jawab atas siksa yang ia terima kelak karena kelalaiannya. ALLAh berfirman dalam Ali Imron 110 “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.”

3. Ketika khatib sedang berkhutbah, temanmu berbicara atau ngobrol. Hal yang kamu lakukan adalah . . . .

A. mengatakan kepadanya kalau berbicara saat khatib sedang berkhutbah dapat membatalkan pahala ­alatnya

B. memberitahukan kepada orang tuanya kalau anaknya suka bercanda saat salat Jumat berlangsung

C. menjauhinya karena takut kita terpengaruh oleh perilaku-perilaku tercelanya

D. membiarkan dia ngobrol sendiri karena saya sedang khusyuk mendengarkan khutbah

E. memberi isyarat kepada temannya agar tidak berbicara dan ngobrol

Jawaban : D. membiarkan dia ngobrol sendiri karena saya sedang khusus mendengarkan khutbah.

Penjelasan : saat khotbah dimulai kita harus diam, dilarang berbicara bahkan dilarang menyuruh orang diam. Dalilnya dalam sabda Rasulullah ““Jika engkau berkata pada sahabatmu pada hari Jum’at, ‘Diamlah, khotib sedang berkhutbah!’ Sungguh engkau telah berkata sia-sia.”(HR. Bukhari no. 934 dan Muslim no. 851).

4. Seorang da’i hendaklah memulai dakwahnya atas dirinya sendiri. Istilah ungkapan tersebut adalah . . . .

A. amar ma’rµf

B. nahi munkar

C. ib’da binafsik

D. haqqul yaqin

E. uswatun hasanah

Jawaban : D. ib’da binafsik

Penjelasan : Ibda binafsik artinya mulai dari sendri. Seorang dai dalam berdakwah hendaklah mulai dari dirinya sendiri, setelah mampu melakukan baru ia dakwahkan kepada orang lain. Dan seorang dai dalam berdakwah hendaklah ia keras pada diri sendiri, maksudnya keras dalaam menyuruh diri untuk beramal, namun lembut kepada orang lain, yaituy memaklumi bila orang lain belum mampu beramal, karena tugasdai adalah menyampaikan bukan memaksa orang lain dalam amal.

5. Salah satu metode dakwah Rasulullah saw. adalah “al-Maui³atul hasanah” artinya . . . .

A. dengan kata-kata yang jelas

B. tutur kata yang sopan

C. dengan gaya yang menarik

D. nasihat/pengajaran yang baik

E. memberi hadiah

Jawaban : D. nasihat/pengajaran yang baik

Penjelasan : al-Mauiẓatul hasanah adalah nasihat / pengajaran yang baik. Yaitu nasehat yang dilakukan dengan lembut sehingga dapat meresap kehati, dan menunjukan dengna perbuatan. sesuai firman ALLAH dalam surah al baqqarah ayat 66 “Maka Kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang dimasa itu, dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.”

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Islam, ballig, berakal sehat adalah beberapa dari Halaman 62-63 Bab 4 (Saling Menasehati dalam Islam)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Islam, ballig, berakal sehat adalah beberapa dari Halaman 62-63 Bab 4 (Saling Menasehati dalam Islam). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!