Breaking News

Iman kepada rasul memiliki arti

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Multiple Choice Evaluation Faith in apostles has meaning Page 115-116 Chapter 7 (The Beloved Apostles of Allah swt) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Iman kepada rasul memiliki arti Halaman 115-116 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Iman kepada rasul memiliki arti . . . .

A. yakin bahwa Allah Swt. benar-benar mengutus rasul

B. mengingkari rasul dan nabi yang tidak diketahui namanya

C. membenarkan berita yang tidak jelas dari rasul

D. mengamalkan semua syariat rasul

E. meyakini tidak semua rasul itu maksum

Jawaban : A. yakin bahwa Allah Swt. benar-benar mengutus rasul

Penjelasan : Iman kepada rasul memiliki arti yaitu meyakini dalam hati kita bahwa sesungguhnya rasul itu merupakan utusan allah yang mana di tugaskan untuk memperbaiki atau membimbing kita kejalan yang benar dan menjauhi segala perbuatan yang dilarang oleh allah SWT agar kita selamat baik di dunia maupun di akhirat.

2. Buah iman kepada rasul adalah . . . .

A. menjadikan rasul sebagai teman dalam hidupnya

B. bersahabat dengan rasul mendapatkan kenikmatan tersendiri

C. mengetahui seluk beluk kisah kehidupan rasul

D. menjadikan teladan dalam hidupnya

E. mengagumi karena statusnya manusia sangat suci

Jawaban : D. menjadikan teladan dalam hidupnya

Penjelasan : Buah iman kepada rasul adalah menjadikan Rasul sebagai Panutan, mengikuti semua jejak Rasulullah, Menghidup-hidupkan Sunnah Rasul.

Pengertian iman kepada rasul Allah adalah mempercayai bahwa rasul Allah adalah orang yang diutus dan ditugaskan oleh Allah swt untuk menerima wahyu dan kemudian menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya agar dapat dijadikan sebagai pedoman hidup.

Iman kepada Rasul Allah merupakan rukun iman yang ke empat, setelah beriman kepada Allah swt, Malaikat dan Kitab-kitab.

Jumlah rosul ada 313 orang namun yang wajib kita ketahui ada 25 orang

3. Yang bukan tugas rasul di bawah ini adalah . . . .

A. mengajarkan manusia agar bertauhid yang benar

B. memperbaiki tatanan hidup manusia agar bersosialisasi dengan baik

C. meluruskan manusia agar beribadah dengan benar

D. menipu manusia dengan mengatakan dirinya Tuhan

E. memberitakan ancaman dan janji Allah Swt.

Jawaban : D. menipu manusia dengan mengatakan dirinya Tuhan

Pembahasan : Tugas para Rasul Allah SWT:

1. Mengajak manusia beribadah kepada Allah dan meninggalkan sesembahan selainNya. Sebagaimana firman Allah dalam Surat An-Nahl ayat 36.

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أَمَّةٍ رَّسُولاً أَنِ اعْبُدُوا اللهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ

Artinya:  Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah thagut itu.

2. Menyampaikan syari’at Allah kepada manusia dan menjelaskan agama yang diturunkan kepada manusia, sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-Maidah ayat 67:

يَاأَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَآأُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ وَإِن لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ وَاللهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ إِنَّ اللهَ لاَيَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

Artinya:  Hai Rasul, sampaikan apa yang diturunkan kepadamu dari Rabb-mu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanatNya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.

3. Membawa kabar gembira, sebagaimana Firman Allah dalam surat An-Nisa’ ayat 165.

رُّسُلاً مُّبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ لِئَلاَّ يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَى اللهِ حُجَّةُُ بَعْدَ الرُّسُلِ وَكَانَ اللهُ عَزِيزًا حَكِيمًا

Artinya:  (Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

4. Menjadi saksi sampainya hujjah kepada manusia. Sebagaimana Firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 89

وَيَوْمَ نَبْعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا عَلَيْهِم مِّنْ أَنفُسِهِمْ وَجِئْنَا بِكَ شَهِيدًا عَلَى هَآؤُلاَءِ وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِّكُلِّ شَىْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ

Artinya:  (Dan ingatlah) akan hari (ketika) kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang berserah diri.

4. Iman kepada rasul harus diiringi dengan perbuatan . . . .

A. menyanggah isi wahyunya

B. memboikot isi ajarannya

C. memprovokasi kejelekannya

D. menolak ajakannya

E. mengikuti perintahnya

Jawaban : E. mengikuti perintahnya

Penjelasan : Iman kepada rasul harus diiringi dengan perbuatan- perbuatan yang di anjurkan oleh rasul yang mana seseorang yang beriman kepada rasul akan tertanam dalam dirinya bahwa dia harus menjalan kan segala hal yang di perintahkan oleh rasul dan menjauhi apa- apa yang di larang oleh rasul, serta dia tidak akan membeda- bedakan antara rasul yang di utus allah SWT.

Iman kepada rasul juga di sebutkan allah dalam al quran yang mana terkandung dalam surah al baqarah ayat 285 yang mana bunyinya yaitu

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Artinya :

Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”.

5. Ayat di bawah ini mengandung arti

A. meninggalkan apa yang diperintahkan rasul

B. menjalankan apa yang dilarang rasul

C. meneladani perilaku para sahabat nabi

D. yang datang dari rasul adalah benar, ikutilah

E. jauhilah prasangka buruk kepada rasul

Jawaban : D. yang datang dari rasul adalah benar, ikutilah

Penjelasan : Arti dari ayat tersebut adalah dan apa yang dibawa oleh Rasulullah maka ambillah, dan apa yang dilarangnya maka jauhilah. dan bertakwa lah kamu kepada Allah.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Iman kepada rasul memiliki arti Halaman 115-116 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Iman kepada rasul memiliki arti Halaman 115-116 Bab 7 (Rasul-Rasul Kekasih Allah Swt). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara. 31 siswa yang mengikuti kelas paduan suaraadalah perempuan. Di antara proporsi berikut yang digunakan untuk menentukan x, yakni persentase siswa laki-laki yang mengikuti kelas paduan suara adalah . . . .

[Kunci Jawaban] Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara. 31 siswa yang mengikuti kelas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!