Breaking News

Identifkasilah jenis-jenis kejujuran di sekitarmu baik di rumah maupun di sekolah atau di lingkungan masyarakat, termasuk kategori kejujuran yang manakah!

Questions and Answer Keys Islamic Religious Education and Character Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Student Activities Identify the types of honesty and explain the relationship between observed honest behavior and the consequences Page 25 Chapter 2 (Dare to Live Honestly) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Identifkasilah jenis-jenis kejujuran dan Jelaskan hubungannya antara perilaku jujur yang diamati dengan akibat yang ditimbulkan Halaman 25 Bab 2 (Berani Hidup Jujur) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas Siswa

Menurut objeknya, jujur itu ada beberapa macam, yaitu jujur kepada Allah Swt., jujur kepada orang lain, dan jujur kepada diri sendiri.

1. Identifkasilah jenis-jenis kejujuran di sekitarmu baik di rumah maupun di sekolah atau di lingkungan masyarakat, termasuk kategori kejujuran yang manakah!

  • Jujur dalam niat dan kehendak, contohnya pura-pura jujur. Orang yang pura-pura jujur berarti tidak ikhlas dalam berbuat.
  • Jujur dalam ucapan, contohnya menghindari kata-kata sindiran karena hal itu sepadan dengan kebohongan, kecuali jika sangat dibutuhkan dan demi kemaslahatan pada saat-saat tertentu, tidak berkata kecuali dengan benar dan jujur.
  • Jujur dalam perbuatan, contohnya melaksanakan suatu pekerjaan sesuai dengan yang diridai Allah Swt.

2. Jelaskan hubungannya antara perilaku jujur yang diamati dengan akibat yang ditimbulkan!

Setiap apapun terjadi didunia ini selalu memiliki sisi baik dan buruk, sisi positif dan negatif. Begitupun halnya dengan perilaku jujur. Terkait perilaku jujur terdapat dampak positif dan dampak negatifnya masing-masing. Dimana dampak positif dari perilaku jujur adalah seseorang akan tenang dalam menjalani kehidupan dan tidak akan dihantui oleh rasa bersalah karena kebobohongannya. Sedangkan dampak negatif dari perilaku jujur adalah seringkali seseorang yang berperilaku jujur kehidupannya dimanfaatkan oleh para pemain-pemain politik dan para pembohong.

3. Buatlah contoh perilaku jujur kepada Allah Swt., kepada orang lain, dan kepada diri sendiri!

Kepada Allah :

Jujur dengan keyakinan direalisasikan dengan cara melakukan perbuatan berdasarkan ketentuan syar’i secara ikhlas semata-mata karena Allah swt, sebab perbuatan karena makhluk (riya’) hakekatnya sama saja dengan perbuatan menipu Allah, orang yang riya’ perbuatannya hanya sebatas dhohir saja patuh dan mengabdi kepada sang khalik, namun bathinnya menghamba kepada makhluk.

Kepada Diri Sendiri :

  • Di luarnya tampak baik dan mulia begitu juga di dalamnya dan berpenampilan sesuai dengan keadaan kita (tidak berlebihan).
  • Siswa yang memilih tidak menyontek saat ujian. Ini adalah jenis jujur dalam perbuatan dan mudah kita kenali. Soal apakah kejujuran dalam perbuatan ini lahir dari kejujuran niat tentu susah diidentifikasi mengingat niat tempatnya dalam hati.

Kepada Orang Lain :

  • Apabila kita dibutuhkan keterangan sebenarnya sebagai saksi kita harus berkata sejujurnya dan memberikan keterangan yang benar.
  • Siswa pamit kepada orangtua untuk pergi bersekolah dan benar-benar tiba di sekolah lalu belajar dengan baik juga contoh jujur dalam perbuatan dan perkataan. Ia mengatakan hal yang sejujurnya kepada orangtuanya yang dibuktikan dengan tindakannya yang benar-benar belajar di sekolah.

4. Carilah dalil naqli maupun aqli tentang perintah jujur kepada Allah Swt., kepada orang lain, dan kepada diri sendiri.

Dalil naqli tentang jujur kepada Allah

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

artinya:

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.” (Q.S. Ar-Ra’d [13]: 28)

Dalil naqli tentang jujur kepada orang lain

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًاسَدِيدً. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَمَنْيُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.” (Q.S. Al-Ahzab [33]: 70-71)

Dalil naqli tentang kepada diri sendiri

يـاَيـُّهَا الَّذَيـْنَ امَنُوْا لِمَ تَـقُوْلُـوْنَ مَا لاَ تَـفْعَلُـوْنَ. كَـبُرَ مَقْتـًا عِنْدَ اللهِ اَنْ تَـقُوْلُـوْا مَا لاَ تَـفْعَلُـوْنَ. الصف:2-3

“Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan.” (Q.S. Ash-Shaff [61]: 2-3)

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Identifkasilah jenis-jenis kejujuran dan Jelaskan hubungannya antara perilaku jujur yang diamati dengan akibat yang ditimbulkan Halaman 25 Bab 2 (Berani Hidup Jujur)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Identifkasilah jenis-jenis kejujuran dan Jelaskan hubungannya antara perilaku jujur yang diamati dengan akibat yang ditimbulkan Halaman 25 Bab 2 (Berani Hidup Jujur). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/identifkasilah-jenis-jenis-kejujuran-di-sekitarmu-baik-di-rumah-maupun-di-sekolah-atau-di-lingkungan-masyarakat-termasuk-kategori-kejujuran-yang-manakah/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!