Identifikasi tiga pendapat para pakar tentang makna negara kesatuan

Questions and Answer Keys for PPKN Class 12 Curriculum 2013 Revised 2018 Group Assignments 4.1 expert opinions on the meaning of a unitary state Page 95-96 Chapter 4 (Dynamics of Unity and Unity in the Context of the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Kelompok 4.1 pendapat para pakar tentang makna negara kesatuan Halaman 95-96 Bab 4 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Kelompok 4.1

Bacalah buku sumber yang lain kemudian kerjakan tugas-tugas di bawah ini.

1. Identifikasi tiga pendapat para pakar tentang makna negara kesatuan.

No. Nama Pakar

Makna Negara Kesatuan

1. C. F. Strong Negara kesatuan adalah negara bersusunan tunggal, yakni kekuasaan untuk mengatur seluruh daerahnya ada di tangan pemerintah pusat. Pemerintah pusat memegang kedaulatan sepenuhnya, baik ke dalam maupun ke luar. Hubungan antara pemerintah pusat dengan rakyat dan daerahnya dapat dijalankan secara langsung. Dalam negara kesatuan hanya ada satu konstitusi, satu kepala negara, satu dewan menteri (kabinet), dan satu parlemen. Demikian pula dengan pemerintahan, yaitu pemerintah pusatlah yang memegang wewenang tertinggi dalam segala aspek pemerintahan.
2. Moh Kusnadi dan Hamaily Ibrahim Negara Indonesia atau makna Negara kesatuan adalah Negara yang memiliki susunan yang mana hanya terdiri dari atas satu Negara saja dan dalam Negara tersebut tidak ada Negara lain.
3. Abu Daud Busroh Makna Negara Kesatuan adalah suatu Negara yang tidak tersusun dari beberapa Negara melainkan Negara bersifat tunggal dan tidak terdapat Negara lainnya dalam suatu Negara lain.
4. Muhammad Yamin Berpendapat bahwa negara kesatuan merupakan sistem dalam suatu negara dimana negara tersebut bersatu atas dasar kesatuan yang berjalan secara otonomi di daerah dalam pembagian kekuasaan yang dilakukan seadil mungkin serta berlandaskan keharusan administrasi dan kepentingan.
5. Moh. Kusnadi & Hamaily Ibrahim Mengartikan negara kesatuan sebagai suatu negara yang mempunyai kedaulatan tidak terbagi-bagi dengan negara lain.
6. C. S. T. Kansil Menjelaskan bahwa negara kesatuan adalah negara yang merdeka dan berdaulat dimana semua negara yang berkuasa dalam satu pemerintah pusat dan mengatur seluruh daerah.
7. Fred Isjwara Menurutnya, negara kesatuan adalah bentuk negara yang paling kokoh dibandingkan dengan negara konfederasi atau federal. Karena negara kesatuan terdapat persatuan dan kesatuan.
8. Cohen & Peterson Mendefinisikan negara kesatuan sebagai negara yang pemerintahan pusatnya menjalankan kekuasaan tertinggi di dalam negara tersebut.
9. Soepmo Arti negara kesatuan adalah bentuk negara paling ideal dan sejalan dengan kondisi bangsa Indonesia.

2. Analisis persamaan dan perbedaan dari pendapat-pendapat tersebut!

3. Coba Anda rumuskan pengertian negara kesatuan menurut pendapat sendiri!

4. Identifikasi negara-negara di dunia yang berbentuk kesatuan!

No. Nama Negara Nama Kepala Negara/Kepala Pemerintahan
1. Timor Leste Negara yang beribukota di Dili ini memiliki sistem pemerintahan Repulik Semi-Presidensial yang mana dikepalai oleh seorang presiden dan seorang perdana menteri. Timor Leste dengan kepala negara seorang presiden yang bernama Francisco Guterres.
2. Jepang Kekuasaan pemerintahannya berada dibawah perdana menteri yang merupakan anggota terpilih dari parlemen. Jepang dapat disebut juga sebagai negara yang menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional. Kepala negara seorang kaisar yang bernama Kaisar Akihito.
3. Filipina Filipina merupakan salah satu negara yang berbentuk republik presidensial sehingga presiden menjabat sebagai kepala negara sekaligus sebagai kepala pemerintahan. Filiphina dengan kepala negara seorang presiden yang bernama Rodrigo Duterte.
4. Brunei Darussalam Negara yang berbahasa melayu ini memiliki seorang sultan, putra mahkota, dan mufti besar. Dalam mengatur pemerintahannya, Brunei Darusslam menganut sistem monarki absolut sehingga raja memiliki kekuasaan penuh terhadap negaranya. Untuk mengatur sistem pemerintahannya, negara ini memiliki sebuah konstitusi yang pembentukannya didasarkan pada syariat Islam. Brunei Darussalam dengan kepala negara seorang raja yang bernama Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah.
5. Italia Salah satu negara di bagian eropa yang berbentuk republik adalah Italia yang mana sistem pemerintahannya berupa parlementer sehingga ada seorang presiden yang bertindak sebagai kepala negara dan seorang perdana menteri yang mengatur pemerintahan. Italia disebut sebagai negara kesatuan karena pemerintahannya terpusat dan memiliki sebuah Konstitusi Republik yang mana telah disahkan pada tanggal 1 Januari 1948. Italia dengan kepala negara seorang presiden yang bernama Sergio Mattarella.
6. Belanda Belanda dimana sistem pemerintahannya menganut sistem monarki konstitusional. Negara yang beribukota di Amsterdam ini pemerintahannya terpusat di bawah kepemimpinan perdana menteri. Belanda dengan kepala negara seorang perdana menteri yang bernama Willem-Alexander.
7. Yunani Negara beribukota di Athena ini memiliki sistem pemerintahan republik parlemen seperti halnya Italia sehingga jabatan perdana menteri sangat tergantung oleh parlemen. Yunani dengan kepala negara seorang perdana menteri yang bernama Prokopis Pavlopoulos.
8. Kamboja Kamboja memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional. Dengan demikian negara beribukota di Pnomp Penh ini dikepalai oleh seorang raja sebagai kepala negaranya dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahannya. Konstitusi nasional dari negara berbahasa Khmer ini dibuat pada tahun 1993 untuk mengatur kehidupan bangsa dan rakyatnya. Adapun sistem parlemennya berupa bikameral dimana terdapat 2 (dua) pembagian dalam parlemen atau badan legislatif yakni majelis tinggi dan majelis rendah. Kamboja dengan kepala negara seorang raja yang bernama Norodom Sihamoni dan perdana menteri yang bernama Hun Sen.
9. Laos Negara laos dipimpin oleh seorang kepala negara yaitu presiden dan dalam menjalankan pemerintahnnya dibantu oleh perdana menteri. Negara berbentuk republik ini membentuk konstitusinya pada tahun 1991 dan hanya memiliki sebuah badan legislatif yakni Sapha Heng Xat. Laos dengan kepala negara seorang presiden yang bernama Bounnhang Vorachith.
10. Vietnam Vietnam juga menganut sistem satu partai yang beraliran komunis dan dikenal dengan nama DCSVN (Dang Cong san Viet Nam) atau Barisan tanah Air Vietnam. Partai ini memiliki kekuasaan tertinggi dalam Konstitusi Vietnam sehingga dapat menguasai pemerintahan dan mengendalikan seluruh aspek kehidupan dalam suatu negara. dengan pemerintahan yang terpusat dan konstitusi tunggal maka negara Vietnam dapat disebut sebagai negara kesatuan.

5. Identifikasi kelebihan konsep negara kesatuan

No. Kelebihan Konsep Negara Kesatuan
1. Struktur negara yang lebih bersifat sederhana dibandingkan bentuk negara lainnya
2. Pemerintah siap sedia menyiapkan tenaga ahli ketika negara sedang membutuhkan atau kekurangan
3. Unitarisme juga relatif berjalan dengan stabil
4. Mengurangi adanya sikap separatisme karena pemerintah yang menangani langsung
5. Adanya kemungkinan terjadi pemerataan dalam berbagai bidang yang terdapat di seluruh wilayah
6. Koordinasi pemerintah pusat dan kepala daerah berada dalam satu intruksi sehingga akan memudahkan dalam penyelesaian masalah daerah
7. Biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan perekonomian relatif murah
8. Meminimalisir adanya konflik masyarakat yang berkaitan dengan pemilihan pejabat
9. Negara memiliki tokoh-tokoh nasional yang berkualitas karena adanya seleksi nasional
10. Negara dapat mengendalikan terjadinya korupsi pada suatu daerah karena daerah tidak bersifat otonom
11. Berbagai kepentingan atau urusan dikendalikan oleh pemerintah pusat sehingga bisa dilakukan secara merata
12. Struktur negara yang sederhana
13. Koordinasi antara daerah dan pusat yang lebih mudah karena jelas tentang kepemimpinannya
14. Biaya untuk kegiatan perekonomian lebih murah
15. Korupsi lebih bisa dikendalikan karena peran negara yang dominan

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Kelompok 4.1 pendapat para pakar tentang makna negara kesatuan Halaman 95-96 Bab 4 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia), Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tugas Kelompok 4.1 pendapat para pakar tentang makna negara kesatuan Halaman 95-96 Bab 4 (Dinamika Persatuan dan Kesatuan dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!