Breaking News

Identifikasi Jenis Fauna yang Dapat Kamu Temukan di Daerah Sekitarmu

Questions and Answer Keys to Social Sciences Class 7 Curriculum 2013 2016 Revision Group Activity Identify the types of fauna that you can find in your area. Page 74 Chapter 1 (People, Places and Environment) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Identifikasi Jenis Fauna yang Dapat Kamu Temukan di Daerah Sekitarmu Halaman 74 Bab 1 (Manusia, Tempat, dan Lingkungan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

Setelah kamu memahami sebaran fauna yang ada di Indonesia, coba identifikasi jenis fauna yang dapat kamu temukan di daerah sekitarmu.

No. Jenis Fauna Asal Kelompok Fauna
1. Gajah, Macan, Tapir, Badak Bercula Satu, Banteng, Kerbau, Rusa, Babi Hutan, Orang Utan, Monyet, Bekantan. Fauna Indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis.
2. Burung hantu, Gagak, Jalak, Elang, Merak, Kutilang. Fauna Indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis.
3. Babi rusa, Anoa, Ikan Duyung, Kuskus, Monyet Hitam, Kuda, Sapi, Monyet Saba, Beruang, Tarsius, Sapi, Banteng. Fauna Indonesia Bagian Tengah atau Wilayah Fauna Kepulauan Wallace.
4. Biawak, Komodo, Buaya, Ular. Fauna Indonesia Bagian Tengah atau Wilayah Fauna Kepulauan Wallace.
5. Maleo, Burung Dewata, Mandar, Raja Udang, Rangkong, Kakatua Nuri. Fauna Indonesia Bagian Tengah atau Wilayah Fauna Kepulauan Wallace
6. Kanguru, Baruang, Walabi, Landak Irian, Kuskus, Pemanjat Berkantung, Kanguru  Pohon, Kelelawar Fauna Indonesia Bagian Timur atau Tipe Australic.
7. Burung Cendrawasih, Nuri, Raja Udang, Kasuari, Namudur. Fauna Indonesia Bagian Timur atau Tipe Australic

 

8. Komodo,Anoa,Babi Rusa,Burung Maleo,Tarsius,Monyet Hitam,Kura Kura leher ular,Burung Kakatua kecil jambul kuning,dan Kuskus Beruang. Fauna di Bagian Tengah Indonesia (Tipe Fauna Peralihan)

 

9. Burung cendrawasih,Burung kasuari,Kangguru pohon,Mandar gendang,Burung kakatua putih,Burung Bidadari,dan Burung Nuri Fauna di Bagian Timur Indonesia (Tipe Australis)

 

Berdasarkan jenis fauna yang ada di daerah tempat tinggalmu, tentukanlah fauna yang termasuk dilindungi.

No. Jenis Fauna Yang Dilindungi
1. Banteng, dapat ditemukan di Jawa dan Kalimantan.
2. Badak bercula satu dan dua, dapat ditemukan di Sumatra dan Jawa. 
3. Gajah, terdapat di Sumatra.
4. Harimau loreng, terdapat di Jawa dan Sumatra.
5. Macan tutul, dapat ditemukan di Jawa, Bali, dan Madura.
6. Jalak Bali, burung khas dari Pulau Bali.
7. Trenggiling, dapat ditemukan di Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali.
8. Tapir, dapat ditemukan di Sumatra dan Kalimantan.
9. Kijang, dapat ditemukan di Jawa, Sumatra, Bali.
10. Beruang, terdapat di Sumatra dan Kalimantan.
11. Orang utan, dapat ditemukan di hutan Sumatra dan Kalimantan.
12. Kera, banyak ditemukan di Sumatra dan Kalimantan.
13. Keraras, yang dapat ditemukan di Kepulauan Bangka Belitung.
14. Kera gibon terdapat di Sumatra dan Kalimantan
15. Siamang terdapat di Sumatra
16. Harimau loreng terdapat di Jawa dan Sumatra
17. Kancil terdapat di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan
18. Kancil pelanduk terdapat di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan
19. Kancil pelanduk terdapat di Sumatra, Jawa, dan Kalimantan
20. Ikan lumba-lumba (terdapat di Kalimantan)
21. Komodo, dapat ditemukan di Nusa Tenggara Timur di Pulau Komodo.
22. Anoa, dapat ditemukan di Sulawesi.
23. Babi rusa, hanya terdapat di pulau Sulawesi tepatnya di Sulawesi Tengah. 
24. Burung maleo, dapat ditemukan di Sulawesi dan sebagian Kepulauan Maluku.
25. Tarsius, dapat ditemukan di Sulawesi dan bagian selatan negara Filipina.
26. Monyet hitam sulawesi, yang hanya ada di Pulau Sulawesi.
27. Kura – kura leher ular, hanya dapat ditemukan di Pulau Rote Nusa Tenggara Timur.
28. Burung kakatua kecil jambul kuning, dapat ditemukan di Nusa Tenggara Timur.
29. Kuskus beruang, hanya terdapat di Sulawesi.
30. Burung cendrawasih, yang dapat ditemukan di hutan Papua.
31. Burung kasuari, yang dapat ditemukan di Papua.
32. Kangguru pohon, yang dapat ditemukan di Papua dan Maluku.
33. Mandar gendang, yang dapat ditemukan di Maluku.
34. Burung kakatua putih, yang dapat ditemukan di Maluku.
35. Burung Bidadari, yang berhabitat asli di Maluku Utara.
36. Burung Nuri, yang dapat ditemukan di Maluku dan Papua bagian barat.
37. Kucing merupakan hewan asiatis yang biasanya hidup di sekitar rumah
38. Ayam merupakan hewan asiatis yang banyak dipelihara untuk bahan pangan hewani
39. Kerbau adalah hewan kelompok asiatis yang biasanya digunakan untuk membajak sawah
40. Kambing, termasuk hewan asiatis, dipelihara untuk diambil daging dan air susunya
41. Itik, termasuk hewan asiatis, dalam jenis unggas yang disering dibudidayakan untuk diambil daging dan telurnya.
42. Kuda, yaitu termasuk hewan kelompok peralihan, banyak digunakan untuk menarik alat transportasi, seperti : dokar dan andong
43. Gajah Sumatera terdapat di Sumatera
44. Harimau Sumatera terdapat di Hutan Sumatera
45. Bekantan terdapat di Hutan Kalimantan
46. Elang Jawa terdapat di Hutan Gunung Slamet,Gunung Kawi,Taman Nasional Gunung Gede,dan Taman Nasional Muara Betiri
47. Burung Kaka Tua Raja terdapat di Kepulauan Papua
48. Babi Rusa terdapat di Sulawesi

Bagaimana sikapmu terhadap masyarakat yang memelihara fauna  yang dilindungi? Kemukakanlah alasanmu!

Jenis Fauna Asal Kelompok Fauna Alasan
Burung kakaktua Fauna di Bagian Timur Indonesia (Tipe Australis) Seharusnya yang memelihara membiarkan fauna itu hidup di alam bebas upaya mereka bisa berkembang biak dengan baik.
Trenggiling Fauna Indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis. Dia perlu hidup di habitatnya supaya mudah untuk mencari makan dan tidak populasinya tetap terjaga.
Kucing hutan Fauna Indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis. Berbeda dengan kucing rumah yang bisa diadaptasi dengan manusia, tetapi kucing hutan habitatnya di hutan maka perlu dikembalikan ke hutan.
Elang jawa Fauna Indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis. Seharusnya hewan ini dilepaskan di hutan atau alam bebas agar bisa berkembang biak dengan baik.
Orang Utan Fauna Indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis. Hewan yang dilindungi ini seharusnya dibiarkan hidup di alam bebas/ habitat aslinya,bukan diburu untuk dijual demi mendapatkan keuntungan hingga populasinya terancam punah
Badak Bercula Satu Fauna Indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis. Sikap saya terhadap masyarakat yang memelihara fauna yang dilindungi adalah tidak setuju, dan saya akan meminta agar fauna yang dilindungi tersebut dikembalikan ke habitatnya atau diberikan ke lembaga penangkaran seperti BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam).

Hal ini karena memelihara fauna yang dilindungi tanpa ijin oleh masyarakat dapat menyebabkan kepunahan fauna tersebut.

Gajah Sumatera Fauna Indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis. Fauna yang dilindungi tidak boleh diburu, diperjualbelikan, ataupun dipelihara oleh masyarakat biasa tanpa ijin. Peraturan larangan memelihara fauna yang dilindungi ini sangat penting demi kelestarian fauna tersebut. Hal ini untuk mencegah perburuan liar, dan untuk membantu konservasi.
Harimau Sumatera Fauna Indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis. Fauna yang dilindungi tidak boleh diburu, diperjualbelikan, ataupun dipelihara oleh masyarakat biasa tanpa ijin. Peraturan larangan memelihara fauna yang dilindungi ini sangat penting demi kelestarian fauna tersebut. Hal ini untuk mencegah perburuan liar, dan untuk membantu konservasi.
Anoa Fauna Indonesia Bagian Tengah atau Wilayah Fauna Kepulauan Wallace. Beberapa fauna termasuk dalam fauna yang dilindungi, hal ini karena fauna-fauna tersebut sudah langka dan terancam punah, sehingga perlu adanya perlindungan hukum untuk mencegah kepunahan ini.Dan harus adanya pelestarian hutan agar hewan hewan tersebut dapat tinggal dan mendapatkan sumber makanan yang mereka harus dapatkan untuk kebutuhan hidup.
Beberapa fauna termasuk dalam fauna yang dilindungi, hal ini karena fauna-fauna tersebut sudah langka dan terancam punah, sehingga perlu adanya perlindungan hukum untuk mencegah kepunahan ini.Dan harus adanya pelestarian hutan agar hewan hewan tersebut dapat tinggal dan mendapatkan sumber makanan yang mereka harus dapatkan untuk kebutuhan hidup.
Bekantan Fauna Indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis. Beberapa fauna termasuk dalam fauna yang dilindungi, hal ini karena fauna-fauna tersebut sudah langka dan terancam punah, sehingga perlu adanya perlindungan hukum untuk mencegah kepunahan ini.Dan harus adanya pelestarian hutan agar hewan hewan tersebut dapat tinggal dan mendapatkan sumber makanan yang mereka harus dapatkan untuk kebutuhan hidup.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Identifikasi Jenis Fauna yang Dapat Kamu Temukan di Daerah Sekitarmu Halaman 74 Bab 1 (Manusia, Tempat, dan Lingkungan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Identifikasi Jenis Fauna yang Dapat Kamu Temukan di Daerah Sekitarmu Halaman 74 Bab 1 (Manusia, Tempat, dan Lingkungan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!