Breaking News

Hukum Tajwid Pada Surat An-Nur Ayat 2 serta Keterangannya

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 5 Read Q.S. an-Nûr/24:2 with tartil in accordance with the rules of tajwid Page 179 Chapter 11 (Maintaining Human Dignity by Avoiding Free Association and Adultery) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 5 Bacalah Q.S. an-Nûr/24:2 dengan tartil sesuai dengan kaidah tajwid Halaman 179 Bab 11 (Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas 5

1. Bacalah ayat di atas dengan tartil sesuai dengan kaidah tajwid.

2. Hafalkan ayat di atas berikut artinya. Lakukan berpasangan dengan temanmu secara bergantian.

Q.S. an-Nûr/24:2

ٱلزَّانِيَةُ وَٱلزَّانِى فَٱجْلِدُوا۟ كُلَّ وَٰحِدٍ مِّنْهُمَا مِا۟ئَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُم بِهِمَا رَأْفَةٌ فِى دِينِ ٱللَّهِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَآئِفَةٌ مِّنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Artinya : “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.”

Berikut ini untuk hukum tajwidnya Tajwid dari surat an-nur ayat 2 serta penjelasannya :

الزَّا  : Alif lam syamsiyah, karena alif lam bertemu dengan salah satu huruf syamsiyah yaitu za. Huruf za seolah-olah hilang sehingga yang dibaca adalah huruf syamsiyah yang ada setelah alif lam.

الزَّا  : Alif lam syamsiyah, karena alif lam bertemu dengan salah satu huruf syamsiyah yaitu za.

نِيْ  : Mad thobi’i, karena ya’ sukun didahului oleh huruf berharokat kasroh. Cara membacanya dengan dipanjangkan selama 2 harokat.

فاخْلـ  : Qolqolah sugro, karena salah satu huruf qolqolah yaitu jim berharokat sukun di tengah-tengah kalimat. Membacanya dengan setengah dipantulkan.

ـلدُوْا  : Mad thobi’i, karena huruf dal berharokat dhommah diikuti wau sukun. Sehingga membacanya panjang 2 harokat.

وَا  : Mad thobi’i, karena wau fathah bertemu dengan alif. Dibaca panjang 2 harokat.

حدٍ مِنـ  : Idghom bigunnah, karena dal berharokat kasroh tanwin bertemu dengan mim. Cara membacanya yaitu dengan memasukkan harokat kasroh tanwin dan disertai dengung selama 3 harokat.

منْهُـ  : Idhar halqi, karena nun sukun bertemu dengan ha. Cara membacanya yaitu dengan jelas.

ـهمَا  : Mad thobi’i, karena huruf mim berharokat fathah diikuti alif. Sehingga dibaca panjang selama 2 harokat.

ةٍ وَ  : Idghom bigunnah, karena ta’ berharokat kasroh tanwin bertemu dengan wau. Harokat kasroh tanwin dimasukkan dan dibaca secara mendengung selama 3 harokat.

لَا  : Mad thobi’i, karena lam berharokat fathah bertemu dengan alif.

كمْ بِهـ  : Ikhfa’ syafawi, karena mim sukun bertemu ba’. Cara membacanya yaitu secara samar dan didengungkan selama 3 harokat.

ـهمَا  : Mad thobi’i, karena mim berharokat fathah bertemu dengan alif. Dibaca panjang hingga 2 harokat.

فةٌ فِيٍ  : Ikhfa’ haqiqi, karena terdapat huruf berharokat dhommah tanwin yang bertemu fa’. Harokat dhommah tanwin dibaca samar dengan mendengung selama 3 harokat. Berlaku juga hukum mad thobi’I, karena setelah huruf fa’ kasroh diikuti ya’ sukun. Membacanya panjang sampai 2 harokat.

دِيْن  : Mad thobi’i, karena ya’ sukun didahului oleh huruf berharokat kasroh. Dibaca panjang selama 2 harokat.

ـنِ اللَّهِ  : Tarqiq, karena lafaz Allah didahului huruf berharokat kasroh. Lafaz Allah dibaca tipis.

نْ كُنـ  : Ikhfa’ haqiqi, karena nun sukun bertemu dengan kaf. Nun sukun dibaca samar disertai dengung selama 3 harokat.

كنْتُم  : Ikhfa’ haqiqi, karena nun sukun bertemu dengan ta’.

ـتمْ تُؤ  : Idhar syafawi, karena mim sukun bertemu dengan ta’. Cukup dibaca dengan jelas.

ـنُوْن  : Mad thobi’i, karena wau sukun didahului oleh huruf berharokat dhommah. Membacanya panjang 2 harokat.

بِاللَّهِ  : Tarqiq, karena lafaz Allah didahului huruf berharokat kasroh. Membacanya tanpa ditebalkan.

الْيَوْم  : Alif lam qomariyah, karena alif lam bertemu dengan salah satu huruf qomariyah yaitu ya’. Cukup dibaca dengan jelas. Selain itu juga berlaku hukum mad layyin, karena ya’ yang berharokat fathah diikuti wau sukun. Dibaca panjang selama 2 harokat.

الْآ  : Alif lam qomariyah, karena alif lam bertemu dengan alif. Cara membacanya yaitu jelas.

ـهدْ عـ  : Qolqolah sugro, karena salah satu huruf qolqolah yaitu dal berharokat sukun berada di tengah-tengah kalimat. Dibaca setengah memantul.

عذَا  : Mad thobi’i, karena dzal fathah setelahnya terdapat alif. Sehingga membacanya panjang selama 2 harokat.

ـهمَا  : Mad thobi’i, karena mim berharokat fathah setelahnya terdapat alif. Sehingga dibaca panjang 2 harokat.

طَاىِٔفـ  : Mad wajib muttashil, karena huruf mad yaitu tho’ yang berharokat fathah diikuti alif bertemu dengan hamzah dalam satu kata. Dibaca panjang 4-5 harokat.

ـفةٌ مِن  : Idghom bigunnah, karena harokat dhommah tanwin bertemu dengan mim. Cara membacanya dengan memasukkan harokat dhommah tanwin dan didengungkan selama 3 harokat.

الْمُؤ  : Alif lam qomariyah, karena alif lam bertemu dengan salah satu huruf qomariyah yaitu mim. Cukup dibaca dengan jelas.

ـنِيْن٠  : Mad arid lissukun,  karena huruf mad yaitu bertemunya ya’ sukun dengan alif berada di akhir kalimat. Dibaca panjang selama 2-6 harokat.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 5 Bacalah Q.S. an-Nûr/24:2 dengan tartil sesuai dengan kaidah tajwid Halaman 179 Bab 11 (Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 5 Bacalah Q.S. an-Nûr/24:2 dengan tartil sesuai dengan kaidah tajwid Halaman 179 Bab 11 (Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/hukum-tajwid-pada-surat-an-nur-ayat-2-serta-keterangannya/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!