Breaking News

Hukum bacaan tajwid pada Surat An-Nisa Ayat 59

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Student Activities The law of reciting tajwid in Surat An-Nisa Verse 59 Page 86 Chapter 6 (obedient behavior, competition in kindness, and work ethic) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Hukum bacaan tajwid pada Surat An-Nisa Ayat 59 Halaman 86 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas Siswa

Pada ayat tersebut sebenarnya banyak sekali kata/kalimat yang mengandung hukum bacaan tajwid. Identifkasi lebih lanjut hukum bacaan tajwid selain yang ada di kotak, minimal lima hukum bacaan tajwid!

Surat An-Nisa’ Ayat 59

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Tajwid Surat An Nisa Ayat 59

[ يٰٓاَيُّهَا ] Mad jaiz munfasil karena ada huruf mad yaitu alif bertemu dengan hamzah pada kalimat yang berbeda dibaca panjang 2 setengah alif atau 5 harakat.

[الَّذِ] Alif lam syamsiyah atau idghom syamsiyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf syamsiyah yaitu lam.

[ ذِيْنَ ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharokat kasrah dibaca panjang satu alif atau 2 harakat.

[ اٰمَنُوْٓا ] Mad badal karena asal katanya adalah

[ اَطِيْعُو اٰمَنُوْٓا ] Mad jaiz munfasil karena huruf mad bertemu dengan hamzah pada kalimat yang berbeda dibaca panjang 5 harakat.

[ اَطِيْعُو ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharokat kasrah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

[ اللّٰهَ ] Lam jalalah tahfhim karena ada lafadz Allah sebelumnya ada huruf yang berharokat dhomah maka lafadz Allah tersebut dibaca tafhim atau tebal.

[ وَاَطِيْعُو ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharokat kasrah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

[ الرَّسُوْلَ ] Alif lam syamsiyah atau idghom syamsiyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf syamsiyah yaitu ro.

[ الرَّسُوْلَ ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharokat dhomah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

[ الْاَمْرِ ] Alif lam qomariyah atau idhar qomariyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf qomariyah yaitu hamzah maka lam nya dibaca jelas.

[ الْاَمْرِ ] Idhar syafawi karena ada mim mati bertemu dengan huruf idhar syafawi yaitu ro,mim sukunya dibaca jelas tidak memantul dan tidak mendengung.

[ مِنْكُمْ ] Ikhfa karena ada nun sukun bertemu dengan huruf ikhfa yaitu kaf maka nun sukun tersebut dibaca samar menyerupai pengucapan “ng”.

[ كُمْ فَاِنْ ] Idhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf idhar syafawi yaitu fa maka mim sukunnya dibaca jelas tidak berdengung dan tidak samar.

[ فَاِنْ تَنَا ] Ikhfa karena ada nun sukun bertemu dengan huruf ikhfa yaitu ta maka nun matinya dibaca samar tidak dibaca jelas.

[ تَنَا ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu alif bertemu sebelumnya ada huruf yang berharokat fathah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

[ عْتُمْ فِيْ ] Idhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf idhar syafawi yaitu fa maka mim sukun nya dibaca jelas tidak sama dan tidak berdengung.

[ فِيْ ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharokat kasrah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

[شَيْ] Huruf lin atau harfu lin karena ada ya sukun sebelumnya ada huruf berharokat fathah dibaca “Syai” bukan “Syae”.

[شَيْءٍ فَرُ] Ikhfa karena ada nun sukun bertemu dengan huruf ikhfa yaitu fa maka nun matinya dibaca samar tidak dibaca jelas.

[ فَرُدُّوْ ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharokat dhomah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

[ اللّٰهِ ] Lam jalalah tahfhim karena ada lafadz Allah sebelumnya ada huruf yang berharokat fathah maka lafadz Allah tersebut dibaca tafhim atau tebal.

[ وَالرَّسُوْلِ ] Alif lam syamsiyah atau idghom syamsiyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf syamsiyah yaitu ro.

[ وَالرَّسُوْلِ ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharokat dhomah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

[ اِنْ كُنْتُمْ ] Ikhfa karena ada nun sukun bertemu dengan huruf ikhfa yaitu kaf maka nun sukun tersebut dibaca samar menyerupai pengucapan “ng”.

[ كُنْتُمْ ] Ikhfa karena ada nun sukun bertemu dengan huruf ikhfa yaitu ta maka nun sukun tersebut dibaca samar menyerupai pengucapan “ng”.

[ كُنْتُمْ تُؤْ ] Idhar syafawi karena ada mim sukun bertemu dengan huruf idhar syafawi yaitu ta maka mim sukun nya dibaca jelas tidak sama dan tidak berdengung.

[ مِنُوْنَ ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu wawu sukun sebelumnya ada huruf yang berharokat dhomah dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

[ بِاللّٰهِ ] Lam jalalah tarqiq karena ada lafadz Allah sebelumnya ada huruf yang berharokat kasrah maka lafadz Allah tersebut dibaca tarqiq atau tipis.

[ وَالْيَوْمِ ] Alif lam qomariyah atau idhar qomariyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf qomariyah yaitu ya maka lam sukunnya dibaca jelas.

[ وَالْيَوْمِ ] Huruf lin atau harfu lin karena ada wawu sukun sebelumnya ada huruf berharokat fathah dibaca “Yau” bukan “Yao”.

[ الْاٰ ] Alif lam qomariyah atau idhar qomariyah karena ada alif lam bertemu dengan huruf qomariyah yaitu hamzah maka lam nya dibaca jelas dan Mad thabii karena ada alif mad sebelumnya ada huruf berharakat fathah.

[ ذٰ ] Mad thabii karena ada alif mad sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah.

[ خَيْرٌ ] Huruf lin atau harfu lin karena ada ya sukun sebelumnya ada huruf berharokat fathah dibaca “Khoi” bukan “Khoe”.

[ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ ] Idghom maal gunnah karena tanwin dhomah bertemu dengan huruf idghom maal gunnah yaitu wawu maka tanwin dhomahnya dimasukan ke huruf wawu.

[ أْوِيْلًا ] Mad thabii karena ada huruf mad yaitu ya sukun sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah dibaca panjang dua alif atau satu harakat.

[ أْوِيْلًا ] Mad iwad karena tanwin fathah berada pada posis waqaf maka diabacanya “Laa” bukan “Lan” dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Hukum bacaan tajwid pada Surat An-Nisa Ayat 59 Halaman 86 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Siswa Hukum bacaan tajwid pada Surat An-Nisa Ayat 59 Halaman 86 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!