Breaking News

Hal Penting dalam Proses Seleksi dan Penilaian SNMPTN 2021/2022

Hal Penting dalam Proses Seleksi dan Penilaian SNMPTN 2021/2022

Berita Terbaru Tentang SNMPTN 2022, berikut dibawah ini :

Sudah siap menghadapi seleksi masuk PTN tahun 2022? Seleksi masuk pertama yang biasanya dibuka oleh pemerintah adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau yang dikenal juga dengan Jalur Undangan.

Nah, bagi kamu yang berniat untuk mengikuti jalur SNMPTN, tentunya kamu harus mempersiapkan strategi agar bisa lolos dalam jalur seleksi ini. Salah satu yang harus diketahui adalah proses seleksi dan sistem penilaian jalur SNMPTN. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus kamu ketahui!

1. Sekolah melakukan pemeringkatan siswa

Tidak semua siswa dapat menjadi peserta SNMPTN. Tahap pertama, sekolah akan melakukan pemeringkatan siswanya berdasarkan beberapa kriteria yaitu akreditasi sekolah dan nilai rapor semester 1-5. Pemeringkatan ini dilakukan dengan mempertimbangkan nilai dari mata pelajaran berikut:

  • Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi
  • Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi
  • Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing
  • SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)

Apabila kamu tidak lolos dalam pemeringkatan SNMPTN, maka kamu tidak bisa lagi melanjutkan proses pendaftaran SNMPTN.

2. Kualifikasi individu atau prestasi siswa

Nilai rapor memang penting, tapi bukan satu-satunya kriteria penilaian SNMPTN. Seleksi SNMPTN yang dilakukan oleh LTMPT didasari pada prinsip yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan melihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih.

Maka dari itu, prestasi kamu di luar kelas seperti lomba yang diikuti di tingkat daerah, nasional, hingga internasional juga memiliki peran penting dalam sistem penilaian SNMPTN.

3. Akreditasi Sekolah

Jumlah siswa yang dapat mendaftar pada SNMPTN ditentukan oleh Akreditasi Sekolah. Pada SNMPTN tahun 2020, sekolah dengan akreditasi A akan diberikan kuota 40 persen siswa terbaik. Sementara itu, sekolah dengan akreditasi B diberikan kuota 25 persen siswa terbaik dan akreditasi C untuk 5 persen siswa terbaik.

Selain itu, indeks sekolah juga turut menjadi bagian dari kriteria penilaian SNMPTN. Indeks sekolah ini mencakup beberapa hal seperti jenis kelas (IPA, IPS, Bahasa), akreditasi sekolah (A, B, C), dan prestasi sekolah di lomba-lomba tingkat daerah, nasional, hingga internasional.

4. Penambahan kriteria oleh sekolah

Selain kriteria yang telah ditetapkan oleh LTMPT, sekolah juga diberikan kesempatan untuk menambahkan kriteria lain dalam proses pemeringkatan siswa. Contohnya, sekolah dapat menambahkan kriteria berupa prestasi akademik apabila ada siswa yang memiliki nilai yang sama.

5. Kriteria penilaian tiap PTN dapat berbeda

Setiap PTN memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan kriteria penilaian SNMPTN. Contohnya seperti dilansir dari ugm.ac.id, kriteria penilaian yang diterima melalui jalur SNMPTN di Universitas Gadjah Mada (UGM) mencakup hasil nilai rapor, rangking sekolah, prestasi non-akademik siswa, prestasi alumni sekolah selama kuliah di UGM, rasio pendaftar dan yang diterima tahun lalu, track record sekolah, dan hasil UN (sebelum dihapuskan). So, kamu perlu mencari tahu kriteria penilaian SNMPTN dari PTN yang kamu tuju ya.

6. Tahapan seleksi SNMPTN

Setelah kamu lolos tahap pemeringkatan, maka selanjutnya kamu bisa mendaftarkan diri pada jalur SNMPTN. Seleksi akan dilakukan secara nasional dan dipilih siswa dengan nilai terbaik sesuai program studi dan PTN yang dipilih. Seleksi akan dilakukan dalam dua tahapan yaitu:

  • Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi
  • Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

7. Portofolio untuk program studi bidang Seni dan Olahraga

Ada persyaratan baru pada SNMPTN 2021 lalu, yaitu portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah bagi kamu yang ingin mendaftar ke program studi bidang Seni dan Olahraga.

Apa itu portofolio? Menurut laman resmi LTMPT, portofolio merupakan dokumentasi kumpulan karya dan atau penampilan (performance) siswa dalam bidang Seni atau Olahraga. Isi dari portofolio mencakup dokumentasi karya atau penampilan yang dibuat oleh siswa.

8. Siapa saja yang bisa ikut SNMPTN?

Tidak semua siswa dapat mengikuti SNMPTN. Kamu perlu mengetahui daya tampung atau kuota berdasarkan akreditasi sekolahmu. Berikut kriterianya:

Akreditasi  Kuota
A 40% siswa terbaik
B 25% siswa terbaik
C dan lainnya 25% siswa terbaik

Kalau kamu masih bingung, goKampus kasih ilustrasi ya. Misalnya, kamu berasal dari SMA dengan akreditasi A dengan jumlah siswa IPA ada 50 orang dan IPS 50 orang. Jadi siswa/siswi yang berhak untuk mendaftar ke SNMPTN adalah yang memiliki peringkat 1 sampai 20 dari IPA dan peringkat 1 sampai 20 dari IPS.

Karena adanya sistem kuota seperti ini, maka kamu harus berusaha untuk bikin nilai kamu supaya bisa di atas rata-rata dan stabil dari kelas 10 hingga 12.

9. Apa saja yang menjadi kriteria penilaian SNMPTN?

Terdapat beberapa hal yang menjadi kriteria penilaian SNMPTN, yaitu:

a. Nilai rapor

Rapor merupakan persyaratan paling utama dalam SNMPTN. Rapor dilihat dari semester 1 sampai 5 atau kelas 10 semester 1 hingga kelas 12 semester 2.

b. Portofolio

Portofolio wajib dikumpulkan oleh pendaftar untuk program studi di bidang seni dan olahraga. Biasanya, pendaftar memberikan video dengan format MP4 yang memuat penampilan seni atau olahraga. Jika kamu berminat untuk mendaftar di program studi bidang seni atau olahraga, jangan sampai lupa untuk mengumpulkan portofolio, ya! Ketentuan portofolio dapat diakses di situs LTMPT.

c. Akreditasi dan performa sekolah

Akreditasi memengaruhi kuota pendaftar yang berhak untuk mengikuti SNMPTN, jadi semakin bagus akreditasi sekolahmu, semakin tinggi peluang untuk lolos lewat SNMPTN. Selain akreditasi, performa sekolah juga dinilai dari peringkat sekolah, rata-rata UTBK, alumni berprestasi, dan lain-lain.

d. Alumni

SNMPTN juga akan mempertimbangkan alumni sekolah yang sudah diterima di kampus dan prodi yang sama berdasarkan prestasinya selama kuliah. Perlu diingat, hal ini berarti jika kamu berhasil lolos lewat SNMPTN, kamu tetap harus memperhatikan performa kamu selama kuliah supaya semakin besar peluang adik-adik kelasmu nanti untuk bisa diterima di prodi dan kampus yang sama denganmu. Sebaliknya, jika ada alumni yang tidak mengambil SNMPTN, maka kemungkinan terburuknya sekolahmu bisa masuk ke blacklist yang tentu akan mempersulit kesempatan generasi berikutnya untuk lolos di SNMPTN.

10. Mata pelajaran apa saja yang menjadi pertimbangan penilaian SNMPTN?

Seperti yang disebutkan, rapor merupakan syarat utama SNMPTN yang harus kamu perhatikan. Karena itu, kamu harus berusaha untuk membuat nilaimu di atas rata-rata dan stabil atau bahkan naik dari satu semester ke semester lainnya. Beberapa mata pelajaran yang menjadi pertimbangan adalah berikut:

Jurusan IPA:

Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi

Jurusan IPS:

Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi

Jurusan Bahasa:

Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing

SMK:

Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)

11. Bagaimana cara mendaftar SNMPTN?

Ini dia pertanyaan seputar SNMPTN yang paling banyak diajukan. Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online sepenuhnya. Berikut tahapannya:

  • Login dengan email dan password yang sudah didaftarkan di situs LTMPT atau http://snmptn.ac.id.
  • Mengisi “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman Profil.
  • Mengisi pilihan program studi pada halaman Pilihan.
  • Mengisi portofolio pada halaman Portofolio, jika program studi yang dituju mewajibkan untuk mengumpulkan portofolio. Jika tidak perlu mengumpulkan portofolio, halaman ini tidak perlu diisi.
  • Mengisi rincian prestasi pada halaman Prestasi. Pengisian prestasi ini sifatnya tidak wajib, jadi tidak perlu diisi jika tidak ada.
  • Melakukan finalisasi di halaman Finalisasi. Pastikan semua data sudah benar, tidak ada kesalahan pengetikan, dan dapat dipertanggungjawabkan. Semua data yang sudah diisi tidak dapat dibatalkan atau diubah dalam kondisi apapun.
  • Mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

12. Berapa biaya pendaftaran SNMPTN?

SNMPTN tidak memungut biaya pendaftaran alias gratis.

13. Berapa pilihan PTN dan program studi yang bisa dipilih?

Untuk setiap pendaftar boleh memilih maksimal dua PTN yang dituju. Tetapi jika kamu berniat memilih dua PTN, salah satu PTN wajib berada di satu provinsi yang sama dengan asal sekolah. Pendaftar boleh memilih maksimal dua program studi untuk satu PTN. Ingat, urutan PTN dan program studi menyatakan prioritasmu, jadi jangan sampai salah urut ya!

14. Apakah prodi yang dipilih boleh lintas jurusan?

LTMPT tidak menganjurkan pendaftar untuk lintas jurusan, namun diperbolehkan. Program studi Soshum dapat diambil oleh siswa dari jurusan IPA, namun program studi untuk siswa jurusan IPA/Bahasa/SMK jumlahnya terbatas. Selain itu, saat ini ada beberapa PTN yang memperbolehkan pendaftar untuk lintas jurusan dan ada juga yang tidak. Jadi, jika kamu berniat untuk lintas jurusan, sebaiknya perhatikan program studi yang bisa kamu pilih dan juga peluangnya.

15. Jika diterima SNMPTN, apakah boleh ikut SBMPTN dan Jalur Mandiri?

Sayangnya, kamu tidak boleh mendaftar untuk mengikuti SBMPTN jika sudah diterima di SNMPTN.

16. Apakah lulusan selain SMA bisa mengikuti SNMPTN?

Tentu. Pendaftar SNMPTN tidak hanya melalui SMA, tapi bisa juga melalui SMK, MA, dan sekolah sederajat lainnya.

Informasi di atas adalah rangkuman dari pertanyaan seputar SNMPTN yang sering diajukan. Sudah siap belum, nih untuk daftar SNMPTN? Jangan lupa persiapkan dokumen, selalu mencari informasi melalui guru bimbingan konseling di sekolah maupun lewat website LTMPT, ya!

Bagaimana, sudah siap untuk mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN? Informasi di atas dikumpulkan berdasarkan proses seleksi SNMPTN di tahun-tahun sebelumnya, dan dapat terjadi perubahan pada tahun 2022 mendatang. Kita tunggu saja ya informasi resmi dari LTMPT untuk SNMPTN 2022. Sambil menunggu, terus persiapkan dirimu untuk menghadapi ujian masuk PTN.

Buat kamu yang masih bingung buat apa sih itu SNMPTN, aku saranin kamu baca deh artikel penjelasan jalur SNMPTN berikut ini :

About Muhammad

Check Also

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah

Cara Mengisi Jarak Dari Pusat Kota KIP Kuliah [Terupdate] Salah satu isian dalam menu rencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!