Hal Apa Saja yang Membedakan Teks Persuasi dengan Jenis Teks Lainnya

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Activities 7.1 What are the things that distinguish persuasion texts from other types of text Page 178 Chapter 7 (Persuasive Language) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 7.1 Hal Apa Saja yang Membedakan Teks Persuasi dengan Jenis Teks Lainnya Halaman 178 Bab 7 (Berbahasa Persuasif) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 7.1

A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan kutipan teks berikut!

Kegiatan nonakademik sah-sah saja buat dijalankan. Apalagi dapat memaksimalkan diri sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. Satu yang mesti kamu ingat, sebagai pelajar kegiatan utama kamu adalah belajar. Kamu harus pintar-pintar membagi waktu. Percaya deh, segala kegiatan positif akan menghasilkan kesuksesan.

1. Apa yang dimaksud dengan teks persuasi?

Persuasi merupakan ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkan. Sesuai dengan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan teks persuasi adalah karangan yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang, pembaca, atau pendengar untuk melakukan apa yang dikehendaki penulis.

Melansir buku Bahasa Indonesia (2007), teks persuasi biasanya menggunakan pendekatan emotif yang berusaha membangkitkan emosi. Selain itu, juga akan disuguhkan pendekatan rasional berupa fakta-fakta untuk meyakinkan pembaca atau pendengar.

Teks persuasi adalah teks yang mengemukakan sejumlah pendapat yang bisa mengantarkan pembaca untuk mau mengikuti bujukan atau ajakan penulis.

2. Hal apa saja yang membedakan teks persuasi dengan jenis teks lainnya?

Teks persuasi berisi pernyataan-pernyataan yang berupa ajakan atau bujukan, yang bertujuan mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan penulisnya.

Pada teks persuasi terdapat pendapat atau fakta yang digunakan untuk memengaruhi pembaca agar mau mengikuti bujukan-bujukan.

Dalam teks persuasi berisi ajakan atau imbauan untuk melakukan sesuatu, berbeda dengan teks lainnya seperti teks berita yang hanya memberikan informasi dan teks eksposisi yang hanya memberikan argumen saja.

Jadi, pada garis besarnya, hal yang membedakan teks persuasi dengan teks yang lain adalah adanya ajakan, imbuan, atau bujukan yang disertai dengan rangkaian pendapat atau fakta yang menguatkan ajakan tersebut.

3. Apa yang diharapkan penulis teks persuasi untuk pembacanya?

Yang diharapkan penulis teks teks persuasi untuk pembacanya adalah pembaca berbuat sesuatu sesuai dengan harapan penulisnya. Yang diharapkan penulis teks teks persuasi untuk pembacanya dari kutipan teks di atas adalah pembaca dapat membagi waktunya antara kegiatan nonakademik dengan belajar.

4. Apa fungsi fakta di dalam teks persuasi?

Fungsi fakta dalam teks persuasi adalah untuk menguatkan argumen-argumen yang disampaikan oleh penulis atau pembicara.

5. Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif? Jelaskan!

Cuplikan teks persuasif karena

  • Teks tersebut berisi argumentasi, yaitu kegiatan nonakademik dapat memaksimalkan diri untuk menghasilkan prestasi yang gemilang.
  • Teks tersebut mengandung fakta yaitu kegiatan utama pelajar adalah belajar.
  • Teks tersebut berisi imbuan kepada para pembaca untuk pintar membagi waktu antara kegiatan nonakademik dan kegiatan akademik.

B. 1.Tunjukkanlah sekurang-kurangnya dua cuplikan yang persuasif, baik dari rekaman (tuturan lisan) ataupun melalui tulisan.

2. Sampaikanlah contoh-contoh teks persuasif itu pada teman-temanmu untuk dikomentari ketepatannya!

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 7.1 Hal Apa Saja yang Membedakan Teks Persuasi dengan Jenis Teks Lainnya Halaman 178 Bab 7 (Berbahasa Persuasif)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 7.1 Hal Apa Saja yang Membedakan Teks Persuasi dengan Jenis Teks Lainnya Halaman 178 Bab 7 (Berbahasa Persuasif). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!