Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia

Questions and Answers to Natural Science Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Competency Test Classify the substances below by putting a check mark in the available column Pages 129-131 Chapter 3 (Classification of Material and Changes) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia Halaman 129-131 Bab 3 (Klasifikasi Materi dan Perubahannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

UJI KOMPETENSI

1. Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia.

Jenis Zat Unsur Senyawa Campuran Alasan
Gula     Gula termasuk senyawa karena terbentuk dari gabungan unsur karbon, hidrogen dan oksigen sehingga membentuk rumus kimia C12H22011
Air     Air termasuk senyawa karena terbentuk dari gabungan unsur hidrogen dan oksigen sehingga membentuk rumus kimia H2O.
Emas     Emas termasuk ke dalam unsur, memilki lambang unsur Au yang tidak bisa dibagi-bagi lagi ke dalam zat yang lebih sederhana.
Seng     Seng termasuk ke dalam unsur, memilki lambang unsur Zn yang tidak bisa dibagi-bagi lagi ke dalam zat yang lebih sederhana.
Tinta     Tinta termasuk campuran karena tersususn dari beberapa senyawa seperti pelarut (xylen, toluen, benzene, acetone),  Resin polimer (glos oil, ester gum), dan pewarna.
Asam cuka     Cuka termasuk senyawa karena terbentuk dari gabungan unsur karbon, hidrogen dan oksigen sehingga membentuk rumus kimia CH3COOH.
Besi     Besi termasuk ke dalam unsur, memilki lambang unsur Fe yang tidak bisa dibagi-bagi lagi ke dalam zat yang lebih sederhana.
Arang     Arang termasuk ke dalam unsur, memilki lambang unsur C yang tidak bisa dibagi-bagi lagi ke dalam zat yang lebih sederhana.
Sirop     Sirop termasuk ke dalam campuran karena tersusun dari beberapa senyawa seperti air, gula, pewarna, perasa, dan pengawet.
Udara     Udara termasuk ke dalam campuran karena tersusun dari beberapa molekul unsur tetapi tidak saling berikatan secara kimia seperti oksigen (O2), nitrogen (N2), karbondioksida (CO2, argon (Ar), dll.
Garam dapur     Garam dapur termasuk senyawa karena terbentuk dari gabungan unsur natrium dan klorida sehingga membentuk rumus kimia NaCl.
Sabun     Sabun termasuk ke dalam campuran karena tersusun dari beberapa senyawa seperti air, minyak, pewarna, pewangi, pengawet, soda api (NaOH), dll.

2. Di rumahmu ditemukan berbagai jenis larutan. Contohnya sirop, cuka dapur, sabun cair, dan sampo. Bagaimana kamu dapat menentukan larutan tersebut masuk ke dalam larutan asam atau basa?

Untuk bisa menjawab soal di atas kita terlebih dahulu harus tahu apa perbedaan antara asam dan basa

  • Asam

Pada umumnya rasanya asam, kesat, korosif, pH < 7, memerahkan kertas lakmus, mengandung ion H+.

  • Basa

Ada umunya rasanya pahit, licin, kaustik, pH > 7, membirukan kertas lakmus, mengadung ion OH-.

Secara sederhana kita bisa mencicipi masing-masing benda yang ada di pada soal, tapi yang leboh akurat tentu saja menggunakan kertas lakmus. Berdasarkan hasil percobaan dengan menggunakan kertas lakmus maka akan di dapatkan hasil:

Asam : Sirop dan Cuka

*Kita anggap saja sirop jeruk

Basa : Sabun cair dan Sampo

3. Lakukan identifkasi lima jenis campuran yang sering dijumpai di lingkungan sekitarmu. Jelaskan contoh unsur-unsur penyusun campuran tersebut dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, atau dalam kegiatan industri.

Air Gula

  • Penyusun : Air (H₂O) dan Gula (C₁₂H₂₂O₁₁)
  • Kegunaan : Pemanis makanan atau minuman
  • Kegiatan Industri : Pemanis makanan atau minuman pada produk-produk industri

Air Garam

  • Penyusun : Air (H₂O) dan Garam Dapur (NaCl)
  • Kegunaan : Perasa makanan atau minuman
  • Kegiatan Industri : Perasa dalam makanan pada produk-produk industri

Sirup

  • Penyusun : Air (H₂O), Gula (C₁₂H₂₂O₁₁) dan Pewarna Minuman
  • Kegunaan : Dikonsumsi sebagai minuman segar
  • Kegiatan Industri : Bahan aditive untuk minuman produk-produk industri

Susu

  • Penyusun : Air (H₂O) dan Susu atau Sukrosa (C₁₂H₂₂O₁₁)
  • Kegunaan : Dikonsumsi sebagai minuman sehat alami
  • Kegiatan Industri : Dapat dijadikan minuman sehat yang difermentasi seperti Yakult atau produk-produk industri lainnya

Bahan Bakar Minyak/Gas

  • Penyusun : Metana, Etana, Propana, Butana, CnH₂n₊₂
  • Kegunaan : Dijadikan bahan bakar kendaraan bermotor
  • Kegiatan Industri : Dijadikan bahan bakar atau sumber energi

4. Jelaskanlah proses pemisahan campuran dengan metode penyaringan, sentrifugasi, sublimasi, kromatografi, dan distilasi.

Penyaringan atau filtrasi adalah suatu metode pemisahan campuran dengan dengan menggunakan kertas saring, membran atau lapisan penghalang lainnya yang memanfaatkan prinsip perbedaan ukuran partikel zat terlarut dan pelarut. Pada umumnya partikel zat terlarut lebih besar ukurannya dari partikel pelarut. Metode ini digunakan untuk memisahkan campuran dalam larutan cair.

Sentrifugasi adalah metode pemisahan campuran yang memanfaatkan gaya sentrifugal untuk mengendapkan zat terlarut yang memiliki massa jenis yang lebih berat dari pelarut.

Sublimasi adalah metode pemisahan campuran dengan memanfaat perbedaan titik sublimasi antara pengotor dan zat murni yang terkontaminasi. Metode pemisahan campuran ini digunakan untuk memisahkan campuran dalam fase padat apabila titik sublimasi pengotor dan zat yang terkontaminasi berbeda.

Kromatografi adalah teknik pemisahan molekul berdasarkan perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dan fase diam untuk memisahkan komponen (berupa molekul) yang berada pada larutan. Molekul yang memiliki ikatan yang kuat dengan kolom akan cenderung bergerak lebih lambat dibanding molekul yang berikatan lemah. Dengan ini, berbagai macam tipe molekul dapat  dipisahkan berdasarkan pergerakan pada kolom. (Sumber: Wikipedia).

Destilasi adalah teknik pemisahan campuran dengan memanfaatkan perbedaan titik didih antara zat terlarut dan pelarut.

5. Sebutkan metode pemisahan komponen dari bahan berikut.

  1. Air murni dari air laut: Destilasi (karena perbedaan titik uap air murni dan air laut)
  2. Garam dari campuran garam dan pasir: Sublimasi (karena perbedaan titik sublim zat padat)
  3. Minyak kelapa dari santan: Sentrifugasi (karena perbedaan massa jenis partikel pelarut dan terlarut)

6. Buatlah daftar aplikasi (percobaan) dari metode pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kegiatan industri. Kamu dapat mencatatnya pada Tabel 3.11 berikut.

Tabel 3.11 Pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari dan dalam industri

No. Perubahan Fisika Percobaan
Kehidupan Sehari-hari Industri
1. Penyaringan Alat penjernih air sederhana, kantong teh celup. Penyaringan asap hasil mesin industri, penyaringan untuk air minum kemasan.
2. Sentrifugasi Mengendapkan pasir pada air keruh. memisahkan susu menjadi susu skim dan susu krim. Pemisahan komponen-komponen darah.
3. Destilasi Pemisahan alkohol dengan air, penyulingan air laut. Pengolahan minyak bumi menjadi bensin, solar, minyak tanah, aspal (kolom fraksionasi).
4. Kromatografi Mengidentifikasi hasil panen yang tercemar pestisida. Tes urin.
5. Sublimasi Kapur barus/kamper yang menyublim, pewangi ruangan padat yang menyublim. Pemisahan iodin dari pasir.

7. Mengapa suatu campuran tidak murni dapat dipisahkan dengan cara fisika, tetapi tidak dapat dipisahkan dengan cara kimia? Jelaskan.

Campuran tidak murni terbentuk tanpa melalui reaksi kimia dan tidak ada ketentuan perbandingannya harus tetap. Jadi susunan campuran tidak murni bebas. Beberapa campuran tidak murni bahkan masih menampakkan wujud asli komponen penyusunnya. Campuran tidak murni dapat dipisahkan dengan cara fisika berdasarkan perbedaan titk didih, kecepatan rambat, ukuran partikel, dan sifat fisika lainnya tanpa perlu adanya reaksi kimia.

Campuran tidak murni dapat dipisahkan secara fisika dengan:

  • filtrasi
  • destilasi
  • sublimasi
  • kromatografi
  • kristalisasi
  • evaporasi

8. Air adalah senyawa murni, sedangkan susu stroberi cair yang terdapat dalam kemasan merupakan campuran antara air, gula, susu, dan penambah rasa stroberi.

a. Buatlah daftar tentang persamaan dan perbedaan sifat di antara air dan susu stroberi tersebut.

Persamaan Perbedaan
Sama-sama zat cair Titik didih air susu stroberi lebih tinggi dari air
Sama-sama menempati ruang Titik beku air susu stroberi lebih rendah dari air
Sama-sama zat yang mudah mengalir Air susu stroberi bisa busuk atau kadaluarsa, sedangkan air murni tidak
Susu berasa, sedangkan air tidak.

b. Jelaskan metode pemisahan yang sesuai untuk memisahkan zat-zat penyusun susu stroberi.

Metode pemisahan yang sesuai untuk memisahkan zat-zat penyusun susu stroberi, yaitu dengan menggunakan metode pemisahan campuran secara fisika jelaslah tidak mungkin karena perbedaan ukuran partikel antara zat terlarut dan pelarut pada susu stroberi sangatlah kecil. Maka pemisahan campuran yang dapat digunakan adalah pemisahan campuran secara kimia yaitu dengan menggunakan teknik destilasi.

Destilasi adalah teknik pemisahan campuran dengan memanfaatkan perbedaan titik didih antara zat terlarut dan pelarut.

9. Jelaskan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia suatu zat. Tetapi sebelumnya isilah

Tabel 3.12 di bawah ini.

Perubahan Zat Wujud Awal Wujud Akhir Terbentuk/Tidak Terbentuk Zat Baru
Air didinginkan pada suhu 0C Cair Padat Tidak terbentuk zat baru
Air dipanaskan pada suhu 100C Cair Gas Tidak terbentuk zat baru
Pembakaran lilin Padat Cair Tidak terbentuk zat baru
Fermentasi Cair Cair Terbentuk zat baru
Karat besi Padat Padat Terbentuk zat baru
Sabun Padat Cair Tidak terbentuk zat baru

10. Kelompokkan peristiwa di bawah ini ke dalam tabel menjadi kelompok perubahan fisika atau kimia.

  1. Kayu dibuat menjadi meja dan kursi.
  2. Batu dipotong menjadi kerikil.
  3. Nasi menjadi basi.
  4. Kapur barus menyublim.
  5. Alumunium menjadi sendok garpu
  6. Singkong difermentasi menjadi tapai.
  7. Kertas dibakar menjadi abu.
  8. Lilin meleleh ketika dipanaskan.
  9. Pembakaran kembang api.

Tabel 3.13 Contoh-contoh perubahan fisika dan kimia

No. Perubahan Kimia No. Perubahan Fisika
1. a. Kayu dibuat menjadi meja dan kursi. 1. c. Nasi menjadi basi.
2. b. Batu dipotong menjadi kerikil. 2. f. Singkong difermentasi menjadi tapai.
3. d. Kapur barus menyublim. 3. g. Kertas dibakar menjadi abu.
4. e. Alumunium menjadi sendok garpu 4. i. Pembakaran kembang api.
5. h. Lilin meleleh ketika dipanaskan. 5.

Perubahan yang terjadi di alam dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia.

Pada perubahan fisika tidak terjadi perubahan senyawa dan tidak ada senyawa baru yang timbul.

Sedangkan pada perubahan kimia dimana ada reaksi kimia, terbentuk zat baru dan energi dilepaskan atau diserap.

Dalam soal ini, nasi berubah menjadi basi serta singkong difermentasi menjadi tape adalah merupakan perubahan kimia, sebab terjadi perubahan senyawa dimana karbohidrat dalam nasi dan singkong terurai akibat mengalami fermentasi oleh bakteri dan jamur, menjadi alkohol dan senyawa gula yang lebih sederhana.

Demikian pula, kertas dibakar menjadi abu serta pembakaran kembang api adalah juga merupakan perubahan kimia, sebab terjadi perubahan senyawa karbon dan sejenisnya di kayu dan kembang api mengalami oksidasi sehingga menghasilkan karbon dioksida dan arang.

Sebaliknya, kayu yang dibuat menjadi meja dan kursi, batu yang dipotong menjadi kerikil, kapur barus meyublim, alumunium menjadi sendok garpu, dan lilin meleleh ketika dipanaskan bukan merupakan perubahan kimia, namun merupakan perubahan fisika, sebab pemotongan benda dan perubahan fase benda dari padat ke gas tidak menyebabkan terjadinya pembentukan senyawa baru.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia Halaman 129-131 Bab 3 (Klasifikasi Materi dan Perubahannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Uji Kompetensi Golongkanlah zat-zat di bawah ini dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia Halaman 129-131 Bab 3 (Klasifikasi Materi dan Perubahannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!