Breaking News

Golongan Pasangan yang Haram Dinikahi dalam Islam

Questions and Answer Keys Islamic Religious Education and Character Class 12 2013 Revision 2018 Curriculum Student Activities Make a list of the names of your family and relatives who are not allowed to marry (mahram), either because of descent, marriage, or composition. Page 134 Chapter 7 (The Beauty of Building a House Mahligai) Stairs) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Siswa Buatlah daftar nama keluarga dan kerabat kalian yang tidak boleh dinikahi (mahram), baik karena keturunan, pernikahan, ataupun susuan Halaman 134 Bab 7 (Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas Siswa

1. Buatlah daftar nama keluarga dan kerabat kalian yang tidak boleh dinikahi (mahram), baik karena keturunan, pernikahan, ataupun susuan!

Dari ayat di atas disebutkan beberapa mahram. Berikut rinciannya:

  1. Ibu-ibu kalian

Definisi secara bahasa arab ibu adalah setiap nasab lahirmu yang kembali kepadanya, termasuk diantaranya sebagai berikut: Ibu (ibu yang melahirkanmu), ibu dari ibu maupun ayah kalian, nenek dari ibu maupun ayah kalian, buyut dari ibu maupun ayah kalian, dan seterusnya ke atas.

  1. Anak-anak perempuan kalian

Berikut yang termasuk dalam kategori anak perempuan: Anak perempuan kalian, anak perempuan dari anak kalian (cucu perempuan), cucu  perempuan dari  anak kalian (cicit perempuan), dan seterusnya generasi ke bawahnya.

  1. Saudara-saudara perempuan kalian

Saudara perempuan yang merupakan mahram adalah sebagai berikut: Saudara perempuan satu ayah dan satu ibu, saudara perempuan satu ayah saja dan saudara perempuan satu ibu saja.

Jika ayah kita menikah dengan 2 wanita, berarti anak-anak dari istri-istri ayah kita termasuk mahram yang tidak boleh dinikahi.

  1. Saudara-saudara perempuan dari ayah kalian

Mereka adalah: saudara perempuan ayah satu ayah dan satu ibu, saudara perempuan ayah satu ayah saja, saudara perempuan ayah satu ibu saja, saudara perempuan kakek dari ayah dan ibu, saudara perempuan buyut dari ayah dan ibu dan seterusnya ke atas.

Misalnya, ayah kita memiliki istri lebih dari satu berarti saudara-saudara perempuan ibu-ibu kita juga mahram. Haram menikah dengan mereka.

  1. Saudara-saudara perempuan ibu

Saudara perempuan dari pihak ibu juga termasuk mahram, skemanya seperti saudara perempuan ayah. Biasanya kita menyebut mereka tante atau budhe atau bulik dan semacamnya.

  1. Anak-anak perempuan dari saudara laki-laki

Yang termasuk golongan anak-anak perempuan dari saudara laki-laki adalah sebagai berikut: Anak perempuan dari saudara laki-laki se-ayah dan se-ibu,anak perempuan dari saudara laki-laki se-ayah saja atau se-ibu saja, cucu dari saudara laki-laki se-ayah atau se-ibu,cicit perempuan dari saudara laki-laki dan seterusnya ke bawah

Secara mudahnya, anak perempuan dari saudara laki-laki istilah kita termasuk keponakan dari saudara laki-laki.

  1. Anak perempuan dari saudara perempuan

Golongan ini juga kedudukannya sama dengan poin 6. Keponakan adalah mahram, baik dari anak saudara laki-laki maupun anak saudara perempuan kita, termasuk juga cucu, buyut dan seterusnya dari saudara laki-laki maupun saudara perempuan kita.

  1. Ibu-ibu yang menyusui kalian

Meskipun tidak ada nasab dengan kita, jika ada ibu-ibu menyusui kalian maka haram dinikahi, termasuk: Ibu yang menyusui itu sendiri, ibu dari ibu yang menyusui, nenek dari ibu yang menyusui, dan seterusnya ke atas.

Termasuk juga anak-anak dari ibu maupun suami yang menyusui itu sendiri adalah mahram bagi kita dan haram dinikahi. Oleh karena itu menyusui bayi itu tidak boleh sembarangan agar tidak terjadi masalah dalam pernikahan kelak.

  1. Saudara perempuan dari ibu sepersusuan

Maksudnya adalah perempuan yang kalian disusui oleh ibunya atau perempuan yang menyusu pada ibumuatau menyusu pada orang yang sama selain ibu kalian berdua atau perempuan yang menyusu pada istri lain dari suami ibu susuan.

Sekali lagi permasalahan saudara sesusuan ini sangat pelik, para wanita harus berhati-hati menyusui seorang bayi, meskipun merasa kasihan pada bayi tersebut. Jangan sampai kita menikahi orang yang seharusnya tidak boleh dinikahi.

  1. Ibu istri-istri kalian (Mertua)

Ibu dari istri-istri kita disebut dengan mertua. Maka termasuk nasab ke atas adalah mahram kita, nenek dari istri, buyut dari istri dan seterusnya. Begitu juga dengan ibu susuan dari istri, dan seterusnya, kedudukannya sama dengan ibu kandung dari istri.

  1. Anak-anak dari istri yang sudah kalian campuri

Anak-anak istri kalian yang berada dalam pemeliharaan kalian dari istri yang sudah kalian campuri akan tetapi jika belum dicampuri dan sudah cerai atau meninggal maka boleh dinikahi.

Dalam masyarakat kita menyebutnya anak tiri. Jadi seorang laki-laki yang menikah dengan seorang wanita yang sudah mempunyai anak berarti ada hukum terhadap anak-anak istrinya seperti yang telah disebutkan.

  1. Istri-istri dari anak-anak kandung (Menantu)

Istri dari anak-anak kandung disebut menantu. Seseorang tidak boleh menikahi seorang wanita ketika sudah terjadi akad nikah dengan anak-anak kandungnya, tidak ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Termasuk juga nasab ke bawahnya, anak dari menantu, cucu dari menantu dan seterusnya ke bawah.

2. Konfirmasikan dengan guru kalian!

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Siswa Buatlah daftar nama keluarga dan kerabat kalian yang tidak boleh dinikahi (mahram), baik karena keturunan, pernikahan, ataupun susuan Halaman 134 Bab 7 (Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Siswa Buatlah daftar nama keluarga dan kerabat kalian yang tidak boleh dinikahi (mahram), baik karena keturunan, pernikahan, ataupun susuan Halaman 134 Bab 7 (Indahnya Membangun Mahligai Rumah Tangga). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!