Breaking News

Gagasan Utama dan Gagasan Penjelas dari Teks Bencana Kabut Asap Merupakan Bencana Memilukan

Questions and Answer Key Indonesian Grade 10 curriculum in 2013 Revised 2016 Activity 2 Reordering Main idea and notion of explanatory text smog disaster is a disaster heartbreaking 76-77 page Chapter 2 (Developing Opinion In Exposition) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 2 Menyusun Ulang Gagasan Utama dan Gagasan penjelas dari teks bencana kabut asap merupakan bencana memilukan Halaman 76-77 Bab 2 (Mengembangkan Pendapat Dalam Eksposisi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 2

Menyusun Ulang Gagasan ke dalam Teks Eksposisi

Jika gagasan pokok di atas, Bencana kabut asap merupakan bencana memilukan, dan gagasan penjelasnya dikembangkan dalam sebuah paragraf akan menjadi sebuah paragraf yang padu seperti contoh di atas. Lanjutkan menata gagasan pokok dan gagasan penjelas nomor 2 dan 3 di atas ke dalam paragraf yang utuh dengan mengisi tabel berikut ini.

No. Gagasan Utama Gagasan Penjelas
2. Penyebab bencana adalah karena perilaku manusia Penyebab terbesar bencana adalah kelalaian manusia dalam memanfaatkan lingkungan. Seperti penebangan pohon yang tidak diimbangi dengan penanaman kembali. Sehingga tanah mudah longsor ketika hujan terus-menerus turun dan mengakibatkan banjir.
Membuka lahan yang baru juga menyebabkan bencana yang akhir-akhirnya ini menjadi sorotan dunia, yaitu dengan membakar lahan lama atau lahan gambut. Cara ini memang lebih cepat dan lebih murah, tetapi efek yang ditimbulkan adalah banyak yang menderita penyakit pernapasan akut.
Salah satu bencana yang masih sukar diatasi adalah kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sembarangan, terutama di aliran sungai. Hal ini dapat menyebabkan polusi air dan tentu saja banjir pada musim hujan.
Penebangan pohon yang tidak diimbangi dengan penanaman kembali. Sehingga tanah mudah longsor ketika hujan terus-menerus turun dan mengakibatkan banjir.
Pembakaran sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan polusi udara dan rusaknya lingkungan di sekitar pembakaran.
Asap dari pembakaran ini sangat membahayakan karena dapat menyebabkan Infeksi Saluran Pernafasan Atas dan iritasi mata dan kulit.
Penyebab terbesar bencana adalah kelalaian manusia dalam memanfaatkan lingkungan. Seperti penebangan pohon yang tidak diimbangi dengan penanaman kembali. Sehingga tanah mudah longsor ketika hujan terus-menerus turun dan mengakibatkan banjir.
3. Pendidikan dapat berperan dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam Pendidikan memiliki peran penting menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga alam, misalnya dari dapak yang dapat diberika oleh hutan lindung pada kesegaran udara untuk masyarakat sekitar dapat diberikan melalui jalur pendidikan yang dilakukan guru di dalam kelas.
Pentingnya menjaga alam dapat didapatkan dari pendidikan lingkungan yang diadakan oleh para pemerhati lingkungan seperti WALHI. bagaimana tanaman bakau selain menjadi sember pendapatan juga sebaga pelindung dari erosi tanah.
Pemerintah meningkatkan jumlah penyuluh lingkungan hidup di daerah-daerah yang rentan dengan pembakaran untuk perluasan lahan baru.
Kelestarian alam perlu dijaga oleh masyarakat. pendidikan memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman tersebut. dari berbagai literatur bahakn dari seorang tokoh yang fokus menjadi pemerhati lingkungan dapat memberikan penjelasan bagaimana pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar dan akan memberikan dampak yang signifikan dalam jangka panjang.
Melalui pendidikan kita dapat mengetahui bahaya dari reklamsi yang kini kian gencar ada di indonesia. dengan membutuhkan beribu-ribu bahkan jutaan kubik tanah akan menyebabkan erosi alam sekitar.
Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam dapat kita berikan melalui pendidikan dan pendekatan yang baik. melalui jalur dasar misalnya dengan melakukan pendekatan pada anak-anak tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. membuang sampah di sungai memiliki efek yang berbahaya. memberikan berbagai contoh pada anak-anak dengan berbagai selingan permainan yang dilakukan akan memberikan efek yang cukup maksimal.
Sebagai tonggak perubahan pendidikan memiliki peran penting menyadarkan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. selain terhadap tanggungjawab guru, pemerhati lngkungan, atau organisasi yang fokus pada lingkungan, orang tuan jga memiliki peran penting untuk menyadarkan pada anak bahwa dengan menjaga lingkungan akan memberikan dampak yang baik pada orang banyak. mengajaknya pergi ke pantai atau tempat wisata yang berbasis alam lalu menjelaskan dan memberikan pengertian juga bentuk pendidikan awal dan kewajiban orang tuan untuk membentuk karakter dan menanamkan pesan moral secara tidak langsung pada pendidikan anak dalam ranah non-formal.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 2 Menyusun Ulang Gagasan Utama dan Gagasan penjelas dari teks bencana kabut asap merupakan bencana memilukan Halaman 76-77 Bab 2 (Mengembangkan Pendapat Dalam Eksposisi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 2 Menyusun Ulang Gagasan Utama dan Gagasan penjelas dari teks bencana kabut asap merupakan bencana memilukan Halaman 76-77 Bab 2 (Mengembangkan Pendapat Dalam Eksposisi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/gagasan-utama-dan-gagasan-penjelas-dari-teks-bencana-kabut-asap-merupakan-bencana-memilukan/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!