Breaking News

Faktor terpenting yang mendukung berkembangnya Islam di pelosok dunia adalah

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 12 2013 Revision 2018 Curriculum Multiple Choice Evaluation The most important factor that supports the development of Islam in remote parts of the world is Pages 255-256 Chapter 10 (The Grace of Islam for the Universe) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Pilihan Ganda Faktor terpenting yang mendukung berkembangnya Islam di pelosok dunia adalah Halaman 255-256 Bab 10 (Rahmat Islam bagi Alam Semesta) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat!

1. Faktor terpenting yang mendukung berkembangnya Islam di pelosok dunia adalah . . . .

A. Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia

B. Bangsa Arab adalah kaum pedagang yang suka merantau

C. Tentara Islam yang kuat dan kerja sama yang baik

D. Dunia mengalami kekacauan politik dan peradaban

E. Romawi dan Persia mengalami kemunduran

Jawaban : A. Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia

Penjelasan : Faktor terpenting yang mendukung berkembangnya Islam di pelosok dunia adalah Islam adalah agama yang sesuai dengan fitrah manusia. Oleh karena itulah Islam dapat diterima di pelosok dunia karena sesuai dengan sifat asli manusia.

Berkembangnya Islam di pelosok dunia di awal pada masa Periode Klasik (650-1000 M). Pada masa tersebut, perkembangan Islam terjadi karena ekspansi dan integrasi atau penyatuan wilayah. Ekspansi dan integrasi ini dilakukan oleh Daulah Umayyah.

Tentu saja berkembangnya Islam di pelosok dunia didukung oleh tentara Islam yang kuat dan kerja sama yang baik. Tetapi, apabila Islam bukan agama yang sesuai dengan fitrah manusia, perluasan dan perkembangan ini hanya akan berakhir sampai Islam menguasai suatu daerah. Islam dapat diterima dan berkembang dengan baik.

Faktor lainnya yang mendukung berkembangnya Islam di pelosok dunia adalah

  • Meyakini bahwa Alquran sebagai pedoman hidup yang sangat dinamis.
  • Semangat untuk menjalankan perintah Allah Swt. dan meninggalkan kejumudan.
  • Semangat mengembangkan ilmu pengetahuan untuk kepentingan umat manusia.

2. Bangunan di bawah ini termasuk bangunan yang monumental dalam perkembangan peradaban Islam di India, yaitu . . .

A. Baitul Maqdis

B. Masjid Aya Sophia

C. Masjid Nabawi

D. Baitul Hikmah

E. Taj Mahal

Jawaban : E. Taj Mahal

Taj Mahal adalah ikon wisata dari India. Bangunan yang terletak di kota Agra, India ini ternyata memiliki sejarah menurut Islam, terlebih dalam bentuk arsitekturnya.

Sejarah Taj Mahal menurut Islam dapat dilihat dari standar arsitekturnya. Sebab, bangunan Taj Mahal mengusung arsitektur kubah serta kaligrafi yang biasa diterapkan dalam masjid.

3. Universitas yang dianggap tertua di dunia, yang berdiri pada tahun 972 adalah . . . .

A. Oxford

B. Al-Azhar

C. Cambridge

D. Ummul Quro

E. Ummu Durman

Jawaban : B. Al-Azhar

Penjelasan : Universitas Al-Azhar (diucapkan “Az-har”, bahasa Arab: جامعة الأزهر الشريف‎; Al-ʾAzhar al-Šyarīf, Al-Azhar Mulia), adalah salah satu pusat utama pendidikan sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia dan merupakan universitas pemberi gelar tertua kedua di dunia.

4. Salah satu bukti peninggalan peradaban Islam di Spanyol adalah . . . .

A. Taj mahal

B. Masjid Qiblatain

C. Istana Al-Hambra

D. Masjid Suiltan Ahmet

E. Observatorium Maragha

Jawaban : C. Istana Al-Hambra

Penjelasan : Kompleks istana Al-Hambra di granada,Andalusia, Spanyol ini merupakan kompleks istana dan benteng yang dibangun untuk para Emir muslim di Spanyol pada abad ke-11. sempat hancur dan tidak terurus selama berabad-abad dan direnovasi kembali pada abad ke-19 dan menjadi salah satu atraksi utama di Spanyol.

5. Al-Qanun Fi at-Tibb adalah karya besar di bidang kedokteran yang ditulis oleh . . . .

A. Al-Kindi

B. Al-Farabi

C. Ibnu Sina

D. Ibnu Rusyd

E. Ibnu Thufail

Jawaban : C. Ibnu Sina

Penjelasan : ” George Sarton menyebut Ibnu Sina “ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang, tempat dan waktu”. Karyanya yang paling terkenal adalah Kitab Penyembuhan dan Qanun Kedokteran (Al-Qanun fi At Tibb).

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Pilihan Ganda Faktor terpenting yang mendukung berkembangnya Islam di pelosok dunia adalah Halaman 255-256 Bab 10 (Rahmat Islam bagi Alam Semesta)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Pilihan Ganda Faktor terpenting yang mendukung berkembangnya Islam di pelosok dunia adalah Halaman 255-256 Bab 10 (Rahmat Islam bagi Alam Semesta). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/faktor-terpenting-yang-mendukung-berkembangnya-islam-di-pelosok-dunia-adalah/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!