Breaking News

Faktor-Faktor Apa yang Mendorong Munculnya Semangat Wirausaha

Questions and Answer Keys to Social Sciences Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Group Activity What factors drive the emergence of entrepreneurial spirit Page 181 Chapter 3 (Human Activities in Meeting Needs) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Faktor-Faktor Apa yang Mendorong Munculnya Semangat Wirausaha Halaman 181 Bab 3 (Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuk kelompok dengan anggota antara 4 sd 5 siswa per kelompok

2. Sebagian kelompok menjadi kelompok panyaji dan sebagian kelompok menjadi penyanggah

3. Materi diskusi untuk 4 kelompok penyaji

  • Kelompok 1: Jelaskan  faktor-faktor apa yang mendorong munculnya semangat wirausaha?
  • Kelompok 2: Bagimana  kaitan antara lemahnya semangat wirausaha dengan hasil produksi yang tidak mampu bersaing?
  • Kelompok 3: Apakah  penjajahan dari bangsa Barat telah berdampak terhadap sikap rendah diri dan apakah sikap rendah diri itu berpengaruh terhadap semangat berwirausaha?
  • Kelompok 4: Bangsa Indonesia merupakan negara yang sebagaian besar penduduknya masih bergerak di sektor pertanian dan perkebunan.Bagaimana peluang wirausaha dalam bidang pertanian dan perkebunan di Indonesia!

4. Sajikan hasil diskusi untuk kemudian dipresentasikan di depan kelompok penyanggah

Kelompok 1: Jelaskan  faktor-faktor apa yang mendorong munculnya semangat wirausaha?

  • Keinginan meniru figur seseorang yang sukses.

Meniru orang sukses bukan hanya sekedar mencari tahu resep sukses mereka, tetapi juga meniru semangat dan kerja keras mereka. Orang sukses adalah orang yang memiliki kepribadian positif,maka pelajari karakter positif mereka, yang membawa mereka pada kesuksesan

  • Rasa suka terhadap tantangan.

Tantangan dalam hidup bukan merupakan hal yang harus dihindari, tetapi justru harus dihadapi dengan cerdas dan selalu berfikir positif.Karena melalui tantangan-tantangan tersebut kita ditempa untuk menjadi lebih tangguh

  • Keinginan untuk tetap bertahan hidup.

Hal ini merupakan naluri alamiah manusia, yaitu keinginan untuk mempertahankan hidupnya atau menyelamatkan hidupnya.Karena keinginan untuk bertahan hiduplah maka kita harus selalu mengasah kemampuan berfikir untuk mengembangkan hal-hal baru.

  • Keinginan untuk memperbaiki taraf hidup yang lebih baik lagi, dari yang dijalan

Manusia merupakan sosok yang memiliki kecerdasaan dan perasaan. Maka selain bertahan hidup, secara naluri manusia juga berkeinginan dan berusaha untuk membuat hidup lebih nyaman dan lebih baik.

  • Kegagalan yang dialami dalam meniti karir pekerjaan

Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Kita harus belajar dari kegagagalan kita sehingga muncul semagat baru untuk lebih berhasil.

  • Adanya cita-cita untuk menjadi pengusaha.

Setiap manusia yang hidup pasti mempunyai cita-cita yang ingin digapai. Cita-cita tersebut merupakan harapan seseorang di masa yang akan datang, untuk mewujudkan cita-cita menjadi pengusaha, maka kita harus terus belajar dan berani berusaha.

  • Adanya keinginan untuk bertahan hidup.
  • Adanya keinginan untuk memperbaiki hidup agar memiliki kehidupan yang lebih baik.
  • Mengalami kegagalan dalam karir pekerjaannya.
  • Memiliki cita-cita sebagai pengusaha.
  • Menyukai tantangan.
  • Termotivasi untuk menjadi wirausaha karena melihat figur pengusaha lain yang telah sukses.

Kelompok 2 : Bagimana  kaitan antara lemahnya semangat wirausaha dengan hasil produksi yang tidak mampu bersaing?

Wirausaha yang mempunyai semangat yang tidak besar menyababkan sedikitnya pelaku usaha yang mempunyai keinginan untuk memproduksi barang dan jasa. Sehingga secara kualitas dan kuantitas barang yang dihasilkan juga rendah. Selain itu semangat yang rendah untuk wirausaha menyebabkan rendahnya kreatifitas dan inovasi yang berujung pada rendahnya mutu dan model barang yang dihasilkan sehingga barang tersebut sulit di pasar dalam negeri maupun di luar negeri. Hal itu berkaitan karena, sebagai berikut : 

  • Setiap usaha yang dilakukan wirausahawan akan berdampak pada produksi serta daya saing jual yang akan menurun atau naik.Itu semua tergantung dari diri wirausahawan.
  • Jika seorang wirausahawan atau biasa disebut pengusaha tidak memiliki semangat yang tinggi dan inovasi yang tepat untuk mengembangkan produknya, maka produk yang dimilikinya juga akan kalah dengan pengusaha lain yang mungkin menciptakan produk dengan penuh semangat.Jadi pada intinya Produk yang kalah saing merupakan akibat dari lemahnya semangat berwirausaha

Kelompok 3: Apakah penjajahan dari bangsa Barat telah berdampak terhadap sikap rendah diri dan apakah sikap rendah diri itu berpengaruh terhadap semangat berwirausaha?

Pada saat penjajahan Belanda,kaum pribumi menjadi rakyat kelas terbawah dengan akses terhadap pendidikan yang rendah sehingga hanya sebagai pekerja kasar dan buruh. Hal ini menyebabkan rasa percaya diri prnduduk nusantara juga menjadi rendah. Selanjutnya rasa kurang percaya diri ini berakibat pada rendahnya jiwa semangat kewirausahaan karena kreatifitas dan inovasi yang rendah. Penduduk lebih suka menjadi buruh atau pekerja daripada menjadi pengusaha. Masyarakat tidak punya keberanian untuk mengambil resiko dalam berwirausaha, karena kalau jadi buruh adalah pekerjaan yang mengandung sedikit resiko.

Jadi Benar, sehingga secara tidak langsung masyarakat indonesia menganggap bahwa kita lebih rendah dan bodoh dibandingkan dengan orang luar negeri.Sikap ini membuat kebanyakan orang indonesia meresa tidak mampu untuk bersaing dengan orang bule (luar) dan akhirnya semangat wirausaha masyarakat kurang.Kebanyakan orang kita suka sebagai pegawai dan karyawan yang digaji, bukan sebagai pemilik modal yang menggaji karyawan.

Kelompok 4 : Bangsa Indonesia merupakan negara yang sebagaian besar penduduknya masih bergerak di sektor pertanian dan perkebunan. Bagaimana peluang wirausaha dalam bidang pertanian dan perkebunan di Indonesia!

Dengan kekayaan hasil pertanian dan pekerbunan membuka peluang usaha dalam bidang pengolahan hasil pangan,misalnya : usaha keripik buah, minuman buah, olahan bumbu dan lain-lain. Usaha ini sangat menjanjikan keuntungan yang besar karena bahan baku yang murah dan dekat dengan tempat proses produksi. Selain itu ada peluang usaha berupah perkebunan berskala besar yang dilakukan secara terpadu, misalnya perkebunan kelapa sawit dan karet. Dari hasil perkebunan tersebut bisa dihasilkan produk-produk seperti : karet ban, minyak sawit, gula dan kopi yang bisa di ekspor untuk menghasilkan devisa.

Peluang untuk membuka/menekuni usaha di bidang pertanian dan perkebunan di indonesia sangat baik,karena di indonesia masih banya ka wilayah yang terdiri dari wilayah yang masih belum banyak bangunan atau lahan yang telah diolah. Sebagai warga indonesia yang baik tentunya kita harus bisa memanfaatkan daerah yang bisa kita kelolah untuk berbagi kegiatan wirusaha khususnya di bidang pertanian dan perkebunan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Faktor-Faktor Apa yang Mendorong Munculnya Semangat Wirausaha Halaman 181 Bab 3 (Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Faktor-Faktor Apa yang Mendorong Munculnya Semangat Wirausaha Halaman 181 Bab 3 (Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!