Breaking News

Dinamika Penduduk Benua Australia

Questions and Answer Keys to Social Sciences Class 9 Curriculum 2013 2018 Revision Activity of the Dynamics of the Continent Population Group Australia Page 76 Chapter 1 (Interaction between Asian Countries and Other Countries) ~ Assalamualikum Semuanya,Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Dinamika Penduduk Benua Australia Halaman 76 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, kita langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Perhatikanlah peta sebaran penduduk Australia! Deskripsikanlah sebaran penduduk Australia, apakah tersebar merata atau tersebar di wilayah tertentu!

Jumlah penduduk Australia kurang lebih 20,3 juta jiwa pada 2005, jumlah tersebut naik menjadi 23,9 juta jiwa pada tahun 2015. Jadi selama 10 tahun penduduk Australia naik sebanyak 3,5 juta jiwa. Australia merupakan benua yang paling sedikit penduduknya.

Pertumbuhan penduduk Australia termasuk kecil dengan jumlah imigran yang cukup besar. Sebagai sebuah negara, Australia memiliki daratan yang cukup luas, tetapi daratan tersebut hanya sedikit yang layak untuk dihuni. Sebagian besar daratan di Australia merupakan gurun yang sangat kering. Penduduk lebih banyak hidup di daerah sekitar pantai yang memiliki iklim yang lebih dingan dan sesuai dengan kebutuhan penduduk. Penduduk Australia sebanyak 85% hidup di perkotaan.

Penduduk Australia didominasi oleh ras kaukasoid dengan persentase mencapai 92%, sedangkan sisanya berasal dari Asia sebanyak 7 % dan penduduk asli Aborigin sebanyak 1 %. Budaya yang dimiliki Australia sangat beragam, Hal ini dikarenakan banyaknya imigran dari berbagai negara dan ditambah dengan budaya asli penduduk setempat. Agama terbesar di Australia adalah Kristen Protestan sebanyak 61,2 %, selanjutnya Agama Budha sebanyak 2,5%, Agama Islam sebanyak 2,2%, dan agama-agama yang lainnya.

Sebaran penduduk Australia tergolong tidak merata, hal ini bisa dilihat sekitar 85% penduduk tinggal di perkotaan dan sekitar 63% bermukim di Ibukota negara bagian. Penduduk lebih banyak menghuni daratan-daratan yang dekat dengan pantai di wilayah timur dan selatan Australia.

Karena faktor iklim dan topografi, persebaran penduduk di Australia tidak merata. Hal ini diakibatkan faktor geografi, di mana wilayah Barat Australia lebih didominasi iklim gurun dan susah untuk ditinggali. Secara umum, sebagian besar penduduk Australia terdapat di wilayah di pantai sebelah timur dan selatan. Kota kota ini terdiri dari atas Sydney, Melbourne, Brisbane, Perth. Adapun pengecualian ialah ibukota Australia sendiri, yakni Canberra yang merupakan kota pedalaman dengan penduduk sekitar 300.000 orang.

Adapun daerah pantai utara juga tidak banyak terdapat pemukiman karena iklim yang kering. Sementara daerah Barat lebih banyak digunakan untuk peternakan. Jadi, wilayah yang paling banyak dihuni adalah daerah pantai sebelah timur dan selatan.

Dengan demikian, mayoritas penduduk Australia tinggal di kota. Tidak banyak penduduk yang tinggal di daerah desa atau pedalaman sebagaimana umum terjadi di Cina, Indonesia, atau negara besar lainnya seperti Amerika Serikat.

2. Sebaran penduduk dipengaruhi oleh banyak faktor. Diskusikanlah faktor apa saja yang mempengaruhi sebaran penduduk Australia!

Faktor penyebab persebaran penduduk yang tidak merata di benua Australia antara lain sebagai berikut :

  • Daerah perkotaan merupakan pusat-pusat ekonomi bagi penduduk Australia.
  • Penduduk tinggal di pantai karena iklimnya yang sejuk dan curah hujan yang cukup
  • Daerah pedalaman mempunyai sedikit penduduk karena wilayahnya terlalu kering dan sedikit curah hujannya.
  • Sebagian besar wilayah Australia memiliki iklim yang panas dan gersang dengan persediaan air yang sedikit sehingga hanya sedikit daerah yang layak dihuni oleh manusia.

3. Buatlah tulisan tentang budaya suku asli Australia yaitu Suku Aborigin dan Penduduk Selat Torres. Lengkapilah tulisan dengan ilustrasi gambar.

Suku Aborigin

Suku aborigin adalah masyarakat pertama yang ada di Australia sebelum orang kulit putih datang dan mendiami Australia. Mereka memiliki ciri – ciri yang relatif sama dengan masyarakat Papua di Indonesia . Populasi masyarakat aborigin  sekitar 3 % pada tahun 2011 dari total masyarakat Australia di tahun yang sama.

Suku Aborigin pada awalnya mendominasi daratan Australia, namun setelah orang-orang Eropa menemukan benua tersebut suku Aborigin mulai terdesak keberadaannya. Nasib suku Aborigin hampir sama dengan suku Indian di Amerika, menjadi suku asli yang terpinggirkan akibat kedatangan bangsa asing.

Suku Aborigin merupakan penduduk asli Benua Australia. Penduduk Aborigin mirip secara fisik dengan penduduk di Pulau Papua. Hal ini dikarenakan penduduk Aborigin adalah keturunan penduduk Papua yang berpindah ke daratan Australia sekitar 40 ribu tahun yang lalu.

Bumerang merupakan senjata yang digunakan dengan melempat dan merupakan senjata berburu khas dari kebudayaan suku aborigin. Bumerang sangat identik dengan Australia. Meskipun di beberapa belahan bumi lain juga ditemukan jenis senjata yang hampir sama dengan bumerang namun senjata ini masih tetap diidentikkan sebagai senjata asli suku aborigin di Australia.

Bahasa yang dipakai oleh suku Aborigin terdiri atas 250 bahasa dengan perbedaan jenis dialek. Bahasa-bahasa tersebut sekarang terancam punah karena semakin sedikit yang menggunakannya untuk komunikasi. Tetapi secara garis besar jenis bahasa suku Aborigin bisa dibagi menjadi 2 jenis :

  • Pama Nyungan
  • Non Pama Nyungan

Agama Masyarakat Aborigin masih berbentuk kepercayaan terhadap Roh Agung pencipta alam semesta. Roh Agung tersebut akan memberikan petunjuk-petunjuknya melalui mimpi. Dari data sensus penduduk memberikan informasi bahwa 72% penduduk Aborigin memeluk agama Kristen, sebanyak 16% menyatakan tidak menganut agama. Tetapi perkembangan berikutnya sebagian penduduk Aborigin masuk menjadi penganut agama Islam.

Dalam seni pahat dan seni lukis, masyarakat Aborigin melakukannya selaras dengan alam. Hal ini terlihat dari pemakaian warna-warna yang alami dalam lukisan. Selain itu juga terdapat senjata khas masyarakat Aborigin yang dinamakan Bumerang, senjata ini digunakan untuk berburu.

Dari data sensus penduduk memberikan informasi bahwa 72% penduduk Aborigin memeluk agama Kristen, sebanyak 16% menyatakan tidak menganut agama. Tetapi perkembangan berikutnya sebagian penduduk Aborigin masuk menjadi penganut agama Islam.

Penduduk Selat Torres

Penduduk yang mendiami kepulauan Selat Torres berjumlah kurang lebih 6.800 orang, tetapi sebenarnya ada 42ribu orang lainnya yang merupakan satu suku tetapi tinggal di utara Queensland. Penduduk pribumi Selat Torre memiliki perbedaan kebudayaan dengan penduduk pribumi Australia lainnya. Sebagian besar dari mereka adalah pelaut dan melakukan perdagangan dengan penduduk Papua Nugini

Bahasa yang digunakan penduduk Selat Torres sama dengan yang digunakan oleh penduduk Papua Nugini. Selain itu pada tradisi upacara keagamaan dan upacara adat lainnya juga memiliki kesamaan dengan penduduk wilayah daratan pulau Papua. Setelah adanya pengaruh kolonisasi terlihat dari persebaran agama Kristen menjadi agama mayoritas di kepulauan ini.

Kepulauan selat Torres banyak melahirkan seniman-seniman yang terkenal dan luar biasa. Mereka berhasil dalam bidang seni grafis, seni patung, pembuat topeng serta penari. Dalam sejarah menunjukkan bahwa seni ukir kayu sudah menjadi tradisi yang sudah turun-temurun dilakukan. Pada kesenian modern terlihat dari bentuk kreasi grafis yang cukup terkenal dari kepulauan Torres

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Dinamika Penduduk Benua Australia Halaman 76 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Dinamika Penduduk Benua Australia Halaman 76 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!