Dinamika Penduduk Benua Asia

Questions and Answers to Social Sciences Class 9 Curriculum 2013 2018 Revision Activity Group Activities Dynamics of the Continent of Asia Page 59-60 Chapter 1 (Interaction between Asian Countries and Other Countries) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Dinamika Penduduk Benua Asia Halaman 59-60 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bagilah kelas kalian menjadi beberapa kelompok

2. Setiap kelompok menelusuri budaya dari sejumlah negara di Asia, seperti bahasa, agama, karya seni, alat musik tradisional, dan lain-lain.

3. Catatlah hasil penelusuran pada tabel seperti berikut ini.

No. Nama Negara Nama Bahasa Agama Contoh Karya Seni Alat musik tradisional
1. Indonesia Bahasa Indonesia,Sunda, Jawa, Batak, Ambon, dan lain-lain Islam, Kristen, Hindu, Budha, Khonghucu, dan Kepercayaan Tari Serimpi, Wayang kulit, Batik, Kuda Lumping, tari Jaipong. Sasando, Gamelan, Angklung, Kolintang, Tifa, Saluang
2. Singapura Inggris, melayu, tamil, mandarin Islam, kristen, taoisme, hindu, dan budha Banyaknya museum atau galeri yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Singapura.
3. Malaysia Melayu Islam, kristen, hindu, konghucu, taoisme dan buddha Kain songket, labu sayong, guci tanah liat berwarna hitam mengkilap Kompang, gambus, rebana ubi
4. Thailand Thai Buddha Arsitektur bangunan Jakhe, thon rammana, kim instrument, grajabpi, dan saw duang
5. Brunei Darussalam Melayu Islam sunni Seni bangunan mesjid, istana sultan, kaligrafi Orkestra gulintangan
6. Filipina Tagalog Kristen Tarian tinikling, tarian maglalatik Kutiyapi, tumpong, kulintang a kayo, kulintang a tiniok
7. Vietnam Vietnam Budha, Kristen,Katolik Lukisan tradisional sutera vietnam Dan bau
8. Arab Saudi Arab Islam dan Hindu Alat musik dan pakaian adat. Serunai Arab, Kecapi Arab, Gambus, Tamborin.
9. India Assam, Bengali, Bodo, Dogri, Tamil, dan Urdu Hindu, Buddha, Jainisme, dan Sikhisme. Tari Mohini Attam. Kathakali. Kuchipudi. Taj Mahal, dan Kitab Mahabarata. Sari, dhoti, bhangra, Taj Mahal
10. Jepang Dialek Hokkaido. Tohoku, Kanto., Tōkai-Tōsan. Budha, Shintoisme, Kristen Tari Bon Odori,  Nihon Buyo., Noh Mai, Tako (seni layang-layang) Kimono, Ikebana, Origami, Sokyoku
11. Iran Persia, Pashtun, Kurdi, dan Balochi. Islam, Kristen, Yahudi Tarian Karam Baba, Qasemabadi, Raqs-e Choobbazi, dan Raqs-e Parcheh Alat musik Lute
12. Korea Dialek Gyeong-gi, Gang-won, Chung-cheong, Gyeong-sang, Jeol-la, dan Je-ju Budha, Kristen, dan Katholik Roma Tarian Seungmu dan Seung Jeonmu Alat Musik gayageum dan daegeum
13. China Mandarin Buddha,Taoisme,Islam,Kristen Barongsai, Wayang potehi, Erhu, Tarian Naga Erhu, Guzheng, Ruan,Pipa
14. Lebanon Arab dan Perancis Islam Sunni, Islam Syi’ah, Katolik Kibbe, Dabke Sammy Clarke
15. Uzbekistan Uzbek Muslim, Kristen Ortodoks Rusia Shashmaqam, Palov, Askiya Dombra

4. Buatlah sebuah tulisan yang menggambarkan dinamika penduduk salah satu negara di Asia. Setiap kelompok memilih satu negara yang menarik untuk dijadikan sebuah tulisan.

Thailand

1. Judul : Dinamika penduduk Thailand

2. Nama Anggota Kelompok

3. Pendahuluan

Thailand merupakan kerajaan yang ada di Asia Tenggara. Jaman dulu Thailand terkenal dengan nama Kerajaan Siam. Sejarah mencatat bahwa Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah negara lain. Secara geografis Kerajaan Thailand berbatasan dengan malaysia di sebelah selatan, selanjutnya berbatasan dengan Laos dan Kamboja di sebelah timur, berbatasan dengan Myanmar di sebelah barat.

4. Pembahasan

  • Jumlah dan Sebaran Penduduk

Menurut data tahun 2015, penduduk Thailand mencapai 65.104.000 jiwa. Penduduk negara Thailand sebagian besar tinggal di pedesaan mencapai 55 % dari jumlah semua penduduk, sedangkan 45% hidup di perkotaan khusus daerah sekitar metropolitan Bangkok.

  • Komposisi Penduduk Thailand

Berdasarkan umur penduduk sebagian besar penduduk Thailand merupakan usia produktif antara 15-64 tahun sebanyak 70% sedangkan usia 0-14 tahun mencapai 22% dan usia 65tahun ke atas mencapai 8%.

Sebagian penduduk Thailand merupakan Suku Thai dan Suku Lao, selain itu juga terdapat Suku Tionghoa serta Suku Melayu yang banyak tinggal di bagian selatan Thailand.

Sedangkan komposisi penduduk berdasarkan penganut agama maka penganut terbesar adalah Agama Budha mencapai jumlah 94,5%, agama Islam mencapai 4,3%, Kristen mencapai 1.2%.

  • Budaya Thailand

Kebudayaan Thailand terbentuk dari beberapa pengaruh kebudayaan dari China, India, Kamboja, Laos dan Burma. Pengaruh Agama Budha sangat tinggi dalam kebudayaan negara Thailand. Kesenian dan arsitektur sangat dipengaruhi kebudayaan dari Agama Budha, sedangkan karya-karya sastra mendapat pengaruh dari budaya Hindu di India, seperti cerita Ramayana yang dalam budaya Thailand disebut Ramakien.

5. Kesimpulan

Thailand merupakan kerajaan yang berada di kawasan Asia Tenggara. Negara ini secara ekonomi sedang berkembang. Sebagian besar penduduk Thailand tinggal di daerah pedesaan. Sebagian besar penduduk Thailand menganut Agama Budha. Sebagian besar penduduk Thailand dalam usia produktif yang bisa mendukung pembangunan Thailand

6. Daftar Pustaka

https://en.wikipedia.org/wiki/Thailand

Kiswantoro. 2013. IPS; untuk SMP dan MTs. Solo : Putra Keraton.

Indonesia

1. Judul

“Dinamika Penduduk Negara Indonesia”

2. Pendahuluan

Indonesia merupakan negara yang berbentuk negara kesatuan dengan adanya prinsip otonomi daerah yang luas. Negara Kesatuan Republik Indonesia menempatkan pemerintah pusat sebagai suatu otoritas paling tinggi dan untuk wilayah-wilayah administratif yang terdapat di bawahnya menjalankan kekuasaan yang telah dipilih oleh pemerintah pusat guna didelegasikan. Wilayah administratif negara Indonesia saat ini terbagi ke dalam 34 provinsi. Republik Konstitusional adalah bentuk pemerintahan Indonesia. Sistem pemerintahan Republik Indonesia adalah sistem Presidensial. Bentuk pemerintahan republik adalah bentuk pemerintahan yang mandat kekuasaannya dari rakyat, dengan mekanisme Pemilu (Pemilihan Umum) dan dipimpin oleh seorang presiden.

3. Pembahasan

4. Jumlah dan sebaran penduduk

Jumlah penduduk adalah banyaknya penduduk yang menempati suatu wilayah pada waktu tertentu. Penduduk Indonesia adalah semua orang yang bertempat tinggal di wilayah Indonesia sekurang-kurangnya selama enam bulan. Diproyeksikan jumlah penduduk Indonesia di tahun 2019 sekitar 266 juta jiwa.

Cara mengetahui jumlah penduduk Indonesia

  • Sensus penduduk
  • Registrasi
  • Survei

Di Indonesia persebaran penduduk tidak merata. Pulau Jawa dan Pulau Bali merupakan pulau dengan persebaran penduduk paling padat. Adapun pulau lain, seperti pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan pulau Papua merupakan pulau yang jumlah penduduknya sedikit. Persebaran penduduk dapat dibagi menjadi

A. Kepadatan Penduduk Berdasarkan atas Lahan Pertanian

  • Kepadatan penduduk agraris adalah kepadatan penduduk dengan perbandingan antara jumlah luas lahan pertanian dengan jumlah penduduk memiliki pekerjaan di bidang pertanian dengan.
  • Kepadatan penduduk fisiologis adalah kepadatan penduduk dengan perbandingan antara jumlah penduduk total yang mata pencahariannya sebagai petani dengan jumlah luas lahan pertanian.

B. Kepadatan Penduduk Umum (Aritmatik) adalah kepadatan penduduk dengan perbandingan antara jumlah penduduk keseluruhan atau total (mata pencaharian tidak harus dipandang) dengan luas wilayah (lahan untuk pertanian maupun tidak).

C. Kepadatan Penduduk Ekonomi adalah jumlah penduduk dalam wilayah berdasarkan atas kemampuan wilayah yang bersangkutan.

5. Komposisi Penduduk

Komposisi penduduk adalah suatu pengelompokan penduduk dengan dasar kriteria tertentu dan adanya tujuan tertentu. Pengelompokan akan disesuaikan dengan tujuan tertentu, seperti pengelompokan menurut usia serta jenis kelamin, pendidikan, agama, mata pencaharian, tempat tinggal dan lain sebagainya.

6. Budaya

Kebudayaan Indonesia mempunyai karakteristik tersendiri. Kebudayaan dipengaruhi oleh berbagai berbagai faktor, yaitu faktor geografis, ekonomi, politik dan lain sebagainya. Karakteristik kebudayaan bangsa Indonesia seperti adat istiadat, keindahan, bentuk rumah dan kebudayaan lain. Beberapa budaya Indonesia diakui oleh beberapa negara lain serta tercatat oleh UNESCO. Bahkan warga negara asing tertarik dan ingin belajar kebudayaan Indonesia.

7. Kesimpulan

Pada tahun 2019 jumlah penduduk Indonesia sekitar 266 juta jiwa, serta persebaran penduduk Indonesia tidak merata yang terkonsentrasi di pulau Jawa dan Bali. Komposisi penduduk Indonesia dibagi menurut usia serta jenis kelamin, pendididikan, agama, mata pencaharian, tempat tinggal.

Kebudayaan Indonesia dipengaruhi berbagai macam faktor dan memiliki karakteriktik yang bermacam-macam.

8. Daftar Pustaka

https://www.indonesia.go.id/profil/sistem-pemerintahan

https://www.kompasiana.com/samawati/5c7de45f677ffb78df4706f2/keindahan-budaya-indonesia?page=all

9. Sampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas!

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Dinamika Penduduk Benua Asia Halaman 59-60 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Dinamika Penduduk Benua Asia Halaman 59-60 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!