Breaking News

Dinamika Penduduk Benua Amerika

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revision 2018 Population Dynamics of the Americas Pages 63-64 Chapter 1 (Interaction Between Asian Countries and Other Countries) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Dinamika Penduduk Benua Amerika Halaman 63-64 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bagilah kelas kalian menjadi beberapa kelompok

2. Perhatikanlah peta sebaran bahasa utama di Amerika. Tulislah negara- negara yang menggunakan bahwa tersebut pada tabel berikut.

Kata Amerika berasal dari nama Amerigo Vespucci yaitu orang Italia yang pernah menjelajahi benua Amerika pada tahun 1501 dan 1503.Ada banyak negara yang mendiami benua Amerika, begitu pula dengan bahasa yang mereka pakai.

Nah, sebaran bahasa utama di Amerika:

  • Negara-negara yang berada di kawasan Amerika Itara menggunakan bahasa Inggris.Negara tersebut yaitu Amerika Serikat, Kanada.
  • Negara-negara yang berada di kawasan Amerika Tengah berbahasa Inggris dan perancis.negara tersebut seperti
  • Negara-negara yang berada di kawasan Amerika Selatan menggunakan bahasa Spantol, Portugis,

Khusus untuk negara Suriname, penduduknya menggunakan bahasa Belanda dan bahasa jawa karena awal mula penduduk asli mereka berasal dari pulau Jawa (Indonesia) yang kemudian dikirim oleh pemerintah belanda untuk menjadi buruh di Suriname dan akhirnya menetap disana karena tidak bisa kembali ke Indonesia karena jarak yang sangat jauh, sudah berbeda benua.

No. Nama Bahasa

Nama Negara

1. Inggris Kanada, Amerika Serikat, Guyana, Belize, Jamaica, Trinidad and Tobago, Barbados, Bahamas, Saint Lucia, Saint Vincent and the Grenadines, Virgin Islands, Grenada, Saint Kitts and Nevis, Antigua and Barbuda, Dominica, Cayman Islands, Turks and Caicos Islands, British Virgin Islands, Anguilla, Montserrat
2. Spanyol Cuba, Mexiko, Venezuela, Colombia, Equador, Peru, Chile, Argentina, Uruguay,Costa Rica, Nicaragua, Paraguay, Bolivia, El Salvador, Guatemala, Honduras, Panama, Republik Dominika, Puerto Rico
3. Prancis Guyana Perancis, Kanada, Haiti, Guadeloupe, Martinique, Saint Martin, Saint Barthélemy
4. Portugal Brazil
5. Belanda Suriname, Curaçao, Aruba, Sint Maarten, Caribbean Netherlands

3. Budaya Amerika, khususnya Amerika Serikat menyebar ke berbagai wilayah di dunia, termasuk Indonesia. Perhatikanlah lingkungan sekitar kalian dan tulislah sejumlah contoh budaya Amerika yang mempengaruhi budaya di Indonesia. Buatlah deskripsi singkat tentang budaya Amerika yang diadopsi di Indonesia.

No Kategori Budaya Contoh Produk Budaya
yang Diadopsi
Deskripsi
1. Seni (Musik,
Arsitektur, Alat
Musik)
Alat Band terdiri atas : Gitar, Bass, Keyboard dan Drum Musik di Indonesia banyak dalam bentuk kelompok Band yang alat-alatnya mengadopsi dari alat-alat musik yang biasanya juga digunakan oleh band-band yang ada di Amerika. Mereka gunakan alat itu untuk rekaman dan tampil di panggung.
2. Pakaian Celana jeans Mulanya celana jeans dipakai oleh pekerja tambang di Amerika, kemudian celana ini menjadi tren mode yang menyebar ke seluruh dunia. Di Indonesia cukup terkenal di kalangan pemuda karena terlihat modis dan bahannya awet.
3. Olah Raga Bola Basket Bola Basket sangat terkenal di Amerika melalui liga NBA, anak muda Indonesia juga menyukai olahraga ini yang dimainkan di sekolah, taman kota, dan lapangan Indoor.
4. Makanan Hamburger Adanya rumah makan cepat saji di beberapa kota membuat Hamburger menjadi banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Pembahasan :

Budaya dari benua Amerika, terutama dari negara Amerika Serikat , banyak mempengaruhi budaya di Indonesia. Pengaruh ini dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Budaya ini masuk pada dua periode. Periode pertama adalah masuknya budaya dari benua Amerika, melalui Portugis dan Spanyol saat bangsa Eropa ini membawa aspek budaya dari bangsa-bangsa asli benua Amerika ke Nusantara.

Budaya ini terutama berutama bahan makanan, seperti jagung, cabe, cokelat dan tomat. Tanaman-tanaman ini adalah tanaman yang berasal dari benua Amerika dan yang dibudidayakan oleh para penduduk asli benua ini seperti suku bangsa Aztec, Maya dan Inca. Diperkenalkannya bahan makanan ini memberikan perubahan besar  bagi budaya suku bangsa di Indonesia. Misalnya, cabe menjadi bumbu penting dalam berbagai makanan pedas.

Periode berikutnya adalah pada saat setelah kemerdekaan Indoneisa, seiring dengan adanya globalisasi. Dengan berkembangnya teknologi komunikasi, pengaruh budaya dari Amerika Serikat mudah terpapar di Indonesia dan mempengaruhi budaya negeri ini. Misalnya dalam segi musik, dimana musik seperti jazz dan country banyak diadopsi oleh para pemusik di Indonesia.

Budaya di benua Amerika dibedakan antara Utara dan Selatan. Budaya Amerika Utara sangat kuat mempengaruhi kebudayaan dunia melalui musik, film dan kebudayaan pop lainnya. Budaya Amerika bisa dilihat dari beberapa produk budayanya seperti : jeans, baseball, hamburger dan lain-lain yang sudah menyebar menjadi kebudayaan global.

Penduduk Asli Amerika adalah suku Indian dan suku Eskimo di Amerika Utara. Penduduk tersebut semakin terdesak karena semakin banyak imigran dari Eropa yang datan sejak abad ke-15.

Contoh budaya Amerika, khususnya Amerika Serikat,  yang mempengaruhi budaya Indonesia dan deskripsi singkat tentang budaya Amerika yang diadopsi di Indonesia adalah:

  • Musik: musik dari benua Amerika seperti blues, country, jazz dan pop sangat populer di Indonesia
  • Makanan: bahan makanan dari benua Amerika seperti jagung, tomat, cokelat, dan cabe

4. Buatlah contoh-contoh budaya Amerika seperti yang ditulis pada tabel point 2 dalam bentuk foto atau video. Carilah contoh-contoh tersebut di internet atau secara langsung memotretnya di lingkungan sekitar kalian.

Amerika Serikat adalah negara multikultural, tempat tinggal bagi berbagai kelompok etnik, tradisi, dan nilai-nilai. Selain sejumlah kecil penduduk asli Amerika dan penduduk asli Hawaii, hampir semua penduduk Amerika berasal dari nenek moyang yang bermigrasi ke Amerika Serikat pada zaman dahulu.Kebudayaan utama Amerika berasal darikebudayaan Barat yang bersumber dari tradisi imigran Eropa (terutama Inggris di Utara dan Spanyol di Selatan), dan kemudian dipengaruhi oleh berbagai sumber sepertitradisi yang dibawa oleh budak-budak Afrika] [291] Munculnya gelombang migrasi bangsa Asia dan Amerika Latin juga turut memperkaya khasanah budaya Amerika Serikat. Para imigran ini tetap mempertahankan karakteristik budaya asli mereka.

Kebudayaan Amerika dianggap sebagai kebudayaan yang paling individualistik di dunia. Konsep “American Dream”, atau anggapan bahwa kehidupan sosial di Amerika lebih baik, berkembang di kalangan banyak orang dan berperan penting dalam menarik para imigran. Meskipun budaya arus utama menyatakan bahwa Amerika Serikat adalah negara dengan masyarakat tanpa kelas, para pakar menemukan terdapat perbedaan kelas sosial yang signifikan di negara itu, perbedaan ini tampak dalam segisosialisasi, penggunaan bahasa, dan nilai-nilai.

Warga Amerika kelas menengah dan profesional telah memelopori dan memperkenalkan tren-tren sosial kontemporer seperti feminisme modern, environmentalisme, dan multikulturalisme. Citra diri, sudut pandang sosial, dan ekspektasi budaya warga Amerika telah dikaitkan dengan pencapaian dan kemajuan Amerika Serikat. Sedangkan kebiasaan warga Amerika yang cenderung menilai sesuatu berdasarkan prestasi sosial ekonomi secara umum dianggap sebagai atribut yang positif.

Kebudayaan Amerika Meliputi :

  • Pra-Columbus adalah suatu istilah yang digunakan untuk merujuk kebudayaan di Amerika pada era sebelum masuknya pengaruh Eropa
  • Amerika mengalami “Era Perasaan Baik” dibawah Presiden James Madison dan James Monroe. Dibawah Monroe, kebijakan Amerika Serikat di Amerika Utara adalah Doktrin Monroe, yang menyatakan bahwa benua Amerika tidak boleh lagi dijajah oleh negara-negara Eropa

5. Sampaikan hasil kerja kelompok di depan kelas

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Peta Sebaran Benua Amerika Halaman 63-64 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Peta Sebaran Benua Amerika Halaman 63-64 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!