Dinamika Penduduk Benua Afrika

Questions and Answers to Social Sciences Class 9 Curriculum 2013 2018 Revision Group Activity Dynamics of the Continent of the African Continent Page 73 Chapter 1 (Interaction between Asian Countries and Other Countries) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Dinamika Penduduk Benua Afrika Halaman 73 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, kita langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bagilah kelas kalian menjadi beberapa kelompok

2. Perhatikanlah Peta Sebaran Penduduk Afrika. Penduduk Afrika tersebar di sejumlah wilayah. Diskusikanlah mengapa sebarannya seperti itu!

Afrika adalah benua terbesar ketiga di dunia setelah Asia dan Amerika (utara dan tengah dan selatan) dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Dengan luas wilayah 30.224.050 km² Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan Bumi.  Jumlah penduduk Afrika sekitar 906 juta jiwa pada tahun 2005, jumlah tersebut bertambah menjadi 1.171 juta jiwa pada tahun 2015, sehingga jika dikalkulasi maka dalam waktu 10 tahun penduduk Afrika meningkat sebanyak 265 juta jiwa. Pertumbuhan penduduk yang tinggi disebabkan oleh angka kelahiran yang cukup tinggi yaitu 36 kelahiran tiap 1000 penduduk.

Afrika memiliki angka kelahiran yang tinggi seperti halnya juga Asia Selatan. Banyak hal menjadi penyebabnya yaitu sistem keluarga yang kuat, penduduk Afrika yang berorientasi pertanian cenderung memilih banyak anak agar dapat mengolah lahannya, banyaknya angka kematian yang direspon dengan banyaknya anak, rendahnya pendidikan perempuan, dan kurangnya fasilitas hiburan atau rekreasi. Selain itu, akses terhadap fasilitas kesehatan juga masih rendah, khususnya alat kontrasepsi. Berikut ini dinamika penduduk benua Afrika.

Persebaran penduduk Afrika termasuk tidak merata, hal ini terlihat dari kepadatan penduduk terfokus di bagian Utara, bagian tengah ke timur dan tengah ke barat sampai ke tanjung harapan juga tempat penduduk yang cukup padat. Penduduk Afrika lebih banyak memilih daerah-daerah yang subur seperti sepanjang aliran sungai Nil, sedangkan pada daerah gurun hanya sedikit ditinggali penduduk.

Secara kualitas penduduk Afrika tergolong masih rendah. Diambil dari data HDI atau Human development Index menunjukkan tidak satupun negara-negara di Benua Afrika termasuk dalam kategori negara dengan penduduk dengan kualitas sangat baik. Keadaan tersebut dikarenakan tingginya angka kemiskinan dan masih banyak konflik bersenjata yang ada di Afrika.

Sebaran penduduk Benua Afrika juga tidak merata. Wilayah tertentu hampir tidak berpenghuni yaitu di wilayah gurun. Wilayah dengankepadatan tinggi terdapat di bagian utara Afrika Utara, sebagian Afrika Barat, bagian timur Afrika Selatan, sepanjang lembah Sungai Nil dan seterusnya. Wilayah dengan kepadatan rendah terdapat di Gurun Sahara dan bagian tengah Tengah Afrika.

3. Pertumbuhan penduduk Afrika menunjukkan kecenderungan pertumbuhan penduduk yang tinggi. Carilah informasi untuk menjelaskan fenomena tersebut.

Pertumbuhan penduduk Afrika menunjukkan kecenderungan pertumbuhan penduduk yang tinggi. hal ini disebabkan oleh :

  • Sistem keluarga yang kuat dan tidak adanya program pembatasan anak atau keluarga berencana di negara-negara Afrika
  • Penduduk Afrika yang berorientasi pertanian cenderung memilih banyak anak agar dapat mengolah lahannya.
  • Banyaknya angka kematian yang direspon dengan banyaknya anak, rendahnya pendidikan perempuan, dan kurangnya fasilitas hiburan atau rekreasi.
  • Akses terhadap fasilitas kesehatan juga masih rendah, khususnya alat kontrasepsi.
  • Perempuan di Afrika mempunyai  tingkat kesuburan atau fertility rate yang tinggi. Setiap perempuan di Afrika bisa melahirkan 5 anak atau lebih.
  • Adanya peningkatan jumlah perempuan pada usia produktif.
  • Tidak adanya program pembatasan anak atau keluarga berencana di negara-negara Afrika
  • Angka kemiskinan yang tinggi serta sulitkan layanan kesehatan sehingga mempercepat pertumbuhan penduduk
  • Tingginya angka pernikahan dini di benua Afrika

4. Budaya Afrika sangat kaya dan beragam. Carilah informasi tentang contoh-contoh budaya Afrika berdasarkan negaranya. Setiap kelompok menelusuri budaya salah satu negara di Afrika. Tulislah hasilnya pada tabel berikut ini

Nama Negara : Mesir

No Kategori Budaya Contoh Produk Budaya
yang Diadopsi
Deskripsi
1. Seni (Musik,
Arsitektur, Alat
Musik)
Arsitektur Masjid dengan menara dan kubah Banyak masjid yang dibangun dengan menara dan kubah seperti di Mesir.
2. Pakaian Baju Galabiyya Baju jubah longgar banyak digunakan sebagai baju muslim pria di Indonesia
3. Olahraga Olahraga hoki Permainan mirip sepak bola dengan bola kecil dan menggunakan tongkat ini banyak dimainkan di Indonesia
4. Makanan Roti Fatir Makanan ini mirip Pizza yang memiliki rasa unik, banyak ditemukan di Jakarta

Nama Negara : Afrika Selatan

No Kategori Budaya Contoh Produk Budaya
yang Diadopsi
Deskripsi
1. Seni (Musik,
Arsitektur, Alat
Musik)
Vuvuzula Alat musik seperti terompet yang digunakan oleh suporter sepak bola dan perayaan tahun baru
2. Pakaian kemeja Madiba Baju mirip batik yang banyak digunakan sebagai model fashion yang cukup digemari di Indonesia
3. Olahraga Rugby Olahraga mirip bola tangan yang dimainkan dalam beberapa kompetisi di Indonesia
4. Makanan Bobotie Olahan daging cincang dengan rasa pedas yang banyak disukai masyarakat Indonesia

5. Buatlah contoh-contoh budaya Afrika seperti yang ditulis pada tabel poin 4 dalam bentuk foto atau video. Carilah contoh-contoh tersebut di internet atau secara langsung memotretnya di lingsungan sekitar kalian.

Contoh Budaya Negara Mesir :

  • Menara Kubah
  • Galabiya
  • Hoki
  • Roti Fait

Contoh Budaya Negara Mesir :

  • Vuvuzula
  • Kemeja Madiba
  • Rughby
  • Bobotie

6. Sampaikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Dinamika Penduduk Benua Afrika Halaman 73 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Dinamika Penduduk Benua Afrika Halaman 73 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!