Breaking News

Di bawah ini adalah ayat-ayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 2013 Revised 2017 Curriculum Multiple Choice Evaluation Below are verses that command to be devoted to both parents, except Page 132 Chapter 8 (Respect and Love Parents and Teachers) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Dibawah ini adalah ayat-ayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali Halaman 132 Bab 8 (Menghormati dan Menyayangi Orang Tua dan Guru) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!

1. Di bawah ini adalah ayat-ayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali . . . .

A. QS. al-An ‘am/6: 151

B. Q.S. Luqman/31: 14

C. Q.S. al-Isra/17:23

D. Q.S. al-Isra’/17: 24

E. Q.S. al-Isra’/17:17

Jawaban : E. Q.S. al-Isra’/17:17

Penjelasan : Untuk lebih detailnya mari kita membaca ayat-ayat dan artinya dari ayat-ayat yang ada dalam pilgan

Untuk pilgan a) surat al-an’am ayat 151 → perintah berbuat baik kepada kedua orang tua

Bunyi ayat

۞ قُلْ تَعَالَوْا أَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ ۖ أَلَّا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۖ وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ مِنْ إِمْلَاقٍ ۖ نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُمْ ۖ وَلَا تَقْرَبُوا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ ۖ وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Artinya : Katakanlah: “Marilah kubacakan apa yang diharamkan atas kamu oleh Tuhanmu yaitu: janganlah kamu mempersekutukan sesuatu dengan Dia, berbuat baiklah terhadap kedua orang ibu bapa, dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka, dan janganlah kamu mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi, dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu (sebab) yang benar”. Demikian itu yang diperintahkan kepadamu supaya kamu memahami(nya).

Pilgan b) surat luqman ayat 14 → perintah berbuat baik kepada kedua orang tua

Bunyi ayat:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Artinya : Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Pilgan c) surat al-isra’ ayat 23 → perintah berbuat baik kepada kedua orang tua

Bunyi ayat:

۞ وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Artinya : Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Untuk pilgan d) surat al-isra’ ayat 24 → perintah berbuat baik kepada kedua orang tua

Bunyi ayat:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Artinya : Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.

Untuk pilgan e) surat al-isra’ ayat 17 → bukan perintah berbuat baik kepada kedua orang tua

Bunyi ayat:

وَكَمْ أَهْلَكْنَا مِنَ الْقُرُونِ مِنْ بَعْدِ نُوحٍ ۗ وَكَفَىٰ بِرَبِّكَ بِذُنُوبِ عِبَادِهِ خَبِيرًا بَصِيرًا

Artinya: Dan berapa banyaknya kaum sesudah Nuh telah Kami binasakan. Dan cukuplah Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Maha Melihat dosa hamba-hamba-Nya.

Jawaban dari soal adalah E) surat al-isra’ ayat 17

2. Orang tua yang harus dihormati terlebih dahulu adalah . . . .

A. nenek

B. kakek

C. ibu

D. bapak

E. paman

Jawaban : c. ibu

Penjelasan : Orangtua yang harus dihormati terlebih dahulu adalah IBU baru kemudian AYAH. Berdasarkan hadis sahih Rasulullah SAW bahwa tempat paling pertama dan utama seorang anak berbakti adalah ibunya. Ibu bahkan disebut 3 kali baru kemudian ayah.

Adapun hadis Rasulullah SAW yang menerangkan keutamaan berkanti kepada ibu baru kemudian ayah sebagai berikut:

“Seseorang datang pada Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapa aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali: ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali: ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab: ‘kemudian ayahmu.’”

Ibu lebih utama 3 kali menurut sejumlah ulama sebab mereka mengalami 3 masa kepayahan, antara lain sebagai berikut:

  • Masa ketika mengandung 9 bulan
  • Masa ketika melahirkan, perjuangan antara hidup dan mati
  • Masa ketika menyusui sekian bulan bahkan ada yang sekian tahun

Oleh karena ibu mengalami 3 kepayahan tersebut di atas maka Rasulullah SAW pun menganjurkan seorang anak mengutamakan berbakti kepada ibunya baru kemudian ke ayah. Meski begitu, bukan berarti kita abai kepada ayah. Sebab Al-Quran tegas memerintahkan anak berbakti pada KEDUA ORANGTUA.

3.”Rida Allah Swt. ada pada rida orang tua, dan murkanya Allah Swt. ada pada murka orang tua” maksud hadis tersebut adalah . . . .

A. kalau ingin mendapatkan rida orang tua, harus taat kepada Allah Swt.

B. kalau ingin mendapat murka Allah Swt., sayangi orang tua

C. kalau ingin mendapat rida Allah Swt., hormati orang tua

D. kalau ingin dicintai Allah Swt., jauhilah orang tua

E. kalau ingin masuk surga, ciumlah kaki ibu

Jawaban : C. kalau ingin mendapat rida Allah Swt., hormati orang tua

Penjelasan : Hadis tersebut menjelaskan bahwa ridho Allah tergantung pada ridho orang tua, karena Allah memerintahkan untuk menaati dan menghormati orang tua, barangsiapa yang menaati perintah Allah ini maka Allah akan meridhoinya, dan barangsiapa yang menolak taat kepada-Nya maka ia pun Murka.

4. Sering seorang siswa membeda-bedakan fungsi antara orang tua dan guru, padahal fungsi keduanya hampir sama. Di bawah ini adalah fungsi orang tua dan guru yang sama, kecuali . . . .

A. mendidik dan mengajari

B. membina dan merawat

C. merawat sehingga ia mandiri

D. memberi makan untuk pertumbuhan

E. menjadi tempat mengadu

Jawaban : D. memberi makan untuk pertumbuhan

Penjelasan : Orang tua adalah Orang yang yang melahirkan, mengasuh, mendidik serta merawat seorang anak. Seorang ayah dan Ibu yang beriman kepada Allah SWT, pastilah menghendaki agar anak-anaknya menjadi orang yang baik yang selalu taat kepada orang tua dan Allah SWT.

Perilaku taat seorang anak kepada orang tuanya disebut dengan birrul walidain yang berarti berbuat kebajikan kepada orang tua.

Berbuat baik terhadap orang tua hukumnya adalah wajib.

Sedangkan disekolah Guru merupakan Orang tua sekaligus pengajar di sekolah. mengasuh serta menjaga para siswa.

5. Yang termasuk cara berbakti kepada kedua orang tua dan guru adalah . . . .

A. selalu meminta pendapatnya

B. menceritakan keburukannya

C. mendengarkan nasihatnya

D. meminta agar keduanya memberi hadiah

E. meminta agar keduanya selalu membimbingnya

Jawaban : C. mendengarkan nasihatnya

Pembahasan : Berbakti kepada orang tua dan guru dlam hal kebaikan hukumnya wajib. Istilah berbakti kepada orang tua deikenal dengan istilah birrul walidain. berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan sebagai bentuk berbakti kepada kedua orang tua dan guru

  • Mematuhi perkataan orang tua dan guru
  • Berbicara dengan sopan kepada orang tua dan guru
  • Menolak ajakan atau perintah orang tua dan guru dalam hal maksiat dengan baik dan sopan
  • Tidak membentak orang tua atau guru
  • Tidak mengumbar iab orang tua dan guru
  • Tidak mengejek atau memfitnah orang tua dan guru

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Dibawah ini adalah ayat-ayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali Halaman 132 Bab 8 (Menghormati dan Menyayangi Orang Tua dan Guru)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Pilihan Ganda Dibawah ini adalah ayat-ayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali Halaman 132 Bab 8 (Menghormati dan Menyayangi Orang Tua dan Guru). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!