Breaking News

Deskripsikan Kondisi fisiografis dan Amati pula beberapa pulau lainnya di Indonesia dan Deskripsikan Keadaan Muka Bumi

Questions and Answer Keys for Class 7 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2016 Group Activities Describe physiographical conditions and also observe several other islands in Indonesia and describe the state of the Earth’s surface Page 60 Chapter 1 (People, Places, and the Environment) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Deskripsikan Kondisi fisiografis dan Amati pula beberapa pulau lainnya di Indonesia dan Deskripsikan Keadaan Muka Bumi Halaman 60 Bab 1 (Manusia, Tempat, dan Lingkungan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

Peta fisiografis sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi bentuk-bentuk muka bumi suatu wilayah. Bersama teman-teman, perhatikan peta fisiografi Indonesia pada gambar 1.34 Setelah mencermati peta tersebut, deskripsikan kondisi fisiografis di daerah tempat tinggalmu. Amati pula beberapa pulau lainnya di Indonesia  dan deskripsikan keadaan muka buminya!

Catatan : Jika di sekolahmu memiliki fasilitas internet, silakan kamu gunakan fasilitas tersebut untuk memahami peta fisiografis Indonesia secara lebih jelas, khususnya wilayah tempat tinggalmu.

Indonesia terdiri atas belasan ribu pulau, baik yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil. Jumlah pulau seluruhnya mencapai 13.466 buah. Luas wilayah Indonesia mencapai 5.180.053 km², terdiri atas daratan seluas 1.922.570 km² dan lautan seluas 3.257.483 km². Ini berarti wilayah lautannya lebih luas daripada wilayah daratannya. Jika kamu perhatikan keadaan pulau-pulau di Indonesia, tampak adanya keragaman bentuk dari muka pada bumi.

Bentuk dari muka pada bumi Indonesia dapat dibedakan menjadi muka bumi dataran rendah, muka bumi dataran tinggi, bukit, gunung, dan pegunungan. Sebaran dari bentuk muka dari bumi Indonesia tersebut dapat dilihat pada peta sebaran bentuk dari muka pada bumi atau peta fisiografi Indonesia (Gambar berikut ini).

Pada peta fisiografi, tampak sebaran bentuk dari muka pada bumi Indonesia mulai dataran rendah sampai pegunungan. Untuk membaca peta tersebut, perhatikanlah legenda atau keterangan peta. Simbol berwarna kuning menunjukkan dataran rendah, warna hijau menunjukkan daerah perbukitan, warna cokelat menunjukkan pegunungan.

Bentuk permukaan bumi tidak rata. Ada yang berupa gunung, pegunungan, dan bukit. Adapula yang berupa lembah, daratan tinggi dan daratan rendah. Keadaan itu tidak hanya di daratan. Di dasar laut pun terdapat lembah yang dalam (trog atau palung laut), lubuk laut,gunung laut, punggung laut, dan semacamnya. Perbedaan tinggi rendah permukaan bumi disebut relief. Ilmu yang mempelajari tentang relief permukaan bumi disebut geomorfologi. Berawal dari sumatera, daerahnya berbukit bukit ( bukit barisan ), jawa-juga berbentuk berbukit bukit ( pegunungan kapur )

Keadaan fisiografi sumatra

  • Ada Pegunungan Bukit Barisan disebelah barat Pulau sumatera yang berderet dari utara di Aceh sampai ke selatan di Lampung, bukit barisan mempunyai  panjang mencapai 1650 km. Dalam bukit barisan terdapat  Gunung Kerinci di Provinsi Jambi deengan ketinggian 3.805 m dpl. Bukit Barisan terbentuk karena ada  pertemuan antara lempeng Eurasia dengan Australia.
  • kaki gunung bukit barisan yaitu  timbunan endapan tebal pada cekungan  yang terangkat dengan  tenaga endogen. Pada umumnya  banyak ditemukan minyak bumi diwilayah ini.
  • Ada dataran rendah pada wilayah  timur sumatra, dataran rendah ini terletak disamping bukit barisan yang banyak terdapat rawa.

Fisiografi Pulau Jawa :

  • Bagian selatan

Merupakan rangkaian plato yang berlereng dengan miring ke arah samudera Hindia. Di  bagian selatan  ini banyak yang sudah  terkikis sehingga bentuk platonya hilang.  Terdapat juga  dataran aluvial di Jawa  tengah.

  • Bagian tengah

Di wilayah ini banyak terdapat gunung berapi. Di Jawa Tengah terdapat  pegunungan serayu selatan. Serta di daerah Banten terdapat  bukit & pegunungan.

  • Bagian utara

Terdapat bukit-bukit yang rendah dan pegunungan dengan beberapa gunung api yang masih aktif. Dibagian ini juga ada  dataran aluvial.

Fisiografi Pulau Jawa :

  • Bagian selatan

Merupakan rangkaian plato yang berlereng dengan miring ke arah samudera Hindia. Di  bagian selatan  ini banyak yang sudah  terkikis sehingga bentuk platonya hilang.  Terdapat juga  dataran aluvial di Jawa  tengah.

  • Bagian tengah

Di wilayah ini banyak terdapat gunung berapi. Di Jawa Tengah terdapat  pegunungan serayu selatan. Serta di daerah Banten terdapat  bukit & pegunungan.

  • Bagian utara

Terdapat bukit-bukit yang rendah dan pegunungan dengan beberapa gunung api yang masih aktif. Dibagian ini juga ada  dataran aluvial.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Deskripsikan Kondisi fisiografis dan Amati pula beberapa pulau lainnya di Indonesia dan Deskripsikan Keadaan Muka Bumi Halaman 60 Bab 1 (Manusia, Tempat, dan Lingkungan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Deskripsikan Kondisi fisiografis dan Amati pula beberapa pulau lainnya di Indonesia dan Deskripsikan Keadaan Muka Bumi Halaman 60 Bab 1 (Manusia, Tempat, dan Lingkungan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Tabel berikut menunjukkan kecepatan empat merek printer. Printer manakah yang mencetak paling cepat?

[Kunci Jawaban] Tabel berikut menunjukkan kecepatan empat merek printer. Printer manakah yang mencetak paling cepat? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!